img_title
Foto : Instagram/happysalma

IntipSeleb –Setelah 2 tahun ditunda, akhirnya pementasan monolog Happy Salma dilaksanakan. Pementasan teater musikal itu bertajuk 'Monolog Happy Salma dalam Inggit Garnasih'. 

Happy Salma berperan menjadi Inggit Garnasih. Dalam naskah drama ini mengangkat sisi kemanusiaan sosok Inggit Garnasih. Penasaran siapa sih Inggit Garnasih ini? Yuk simak artikel berikut ini!

Profil Inggit Garnasih

Instagram/evan.historian
Foto : Instagram/evan.historian

Dilansir dari Inggit Garnasih Foundation  dan beberapa sumber lainnya, Inggit Garnasih adalah seorang perempuan yang dinikahi Soekarno pada tahun 1923. Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Di tahun 1945 telah berhasil merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah.

Mengenai pernikahannya dengan Inggit Garnasih, berlangsung ketika dia pergi ke Bandung untuk melanjutkan studinya. Mereka bercerai karena Inggit Garnasih tidak mau dimadu.

Parasnya yang membuat Soekarno jatuh cinta, membuat Soekarno meminta izin untuk menikahi Inggit yang kala itu berstatus sebagai istri Haji Sanusi.

Topik Terkait