img_title
Foto : Instagram/explorejambi

IntipSeleb Gaya Hidup Tempat wisata di Jambi rupanya begitu banyak dan tak monoton. Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Berdekatan dengan Palembang, kota Jambi memiliki banyak tempat wisata di Jambi yang seru.

Melansir pada website resmi pemerintahannya, Provinsi Jambi dibentuk berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 19 tahun 1957, tentang Pembentukan Daerah-Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Jambi dan Riau, yang kemudian ditetapkan menjadi Undang-Undang Nomor 61 tahun 1958 (Lembaran Negara Tahun 1958 Nomor 112), yang terdiri dari 5 Kabupaten dan 1 Kota.

Pada tahun 1999, dilakukan pemekaran terhadap beberapa wilayah administratif di Provinsi Jambi melalui Undang-undang Nomor 54 tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Selanjutnya melalui Undang-undang nomor 25 tahun 2008, tentang Pembentukan Kota Sungai Penuh, sehingga sampai tahun 2010, secara administratif Provinsi Jambi menjadi 9 Kabupaten dan 2 Kota.

Secara geografis Provinsi Jambi terletak pada 0o45’-2o45’ Lintang Selatan dan 101o10’-104o55’ Bujur Timur di bagian tengah Pulau Sumatera, sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Riau, Sebelah Timur dengan Laut Cina Selatan Provinsi Kepulauan Riau, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Posisi Provinsi Jambi cukup strategis karena langsung berhadapan dengan kawasan pertumbuhan ekonomi yaitu IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura Growth Triangle).

Provinsi Jambi juga sebagai salah satu Provinsi di Sumatera yang terkenal dengan iklim tropis dan kaya akan sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati, namun juga tetap menjadi kerentanan terjadi perubahan iklim.

Gejala perubahan iklim seperti kenaikan temperatur, perubahan intensitas dan periode hujan, pergeseran musim hujan/kemarau, dan kenaikan muka air laut, akan mengancam daya dukung lingkungan dan kegiatan seluruh sektor pembangunan.

Di luar hutan, penggunaan lahan Provinsi Jambi masih didominasi oleh perkebunan karet dengan kontribusi sebesar 26,20%. Diikuti oleh perkebunan sawit sebanyak 19,22%. Sebagian besar lahan di Provinsi Jambi digunakan untuk kegiatan budidaya pertanian, baik pertanian lahan sawah maupun pertanian lahan bukan sawah. Berdasarkan karakter komplek ekologinya, perkembangan kawasan budidaya khususnya untuk pertanian terbagi atas tiga daerah yaitu kelompok ekologi hulu, tengah dan hilir.

Masing-masing memiliki karakter khusus, di mana pada komplek ekologi hulu merupakan daerah yang terdapat kawasan lindung, ekologi tengah merupakan kawasan budidaya dengan ragam kegiatan yang sangat bervariasi dan komplek ekologi hilir merupakan kawasan budidaya dengan penerapan teknologi tata air untuk perikanan budidaya dan perikanan tangkap.

Meski begitu, Jambi juga menjadi salah satu kota yang memiliki tempat wisata di Jambi seru untuk dikunjungi. Lantas kira-kira, tempat wisata di Jambi apa yang wajib kamu datangi saat berada di sana? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk merekomendasikan tempat wisata di Jambi yang asik. Check it out!

1. Gentala Arasy Jambi

jambinetwork.com
Foto : jambinetwork.com

Tempat wisata di Jambi pertama yang jadi destinasi wajib dikunjungi ialah Gentala Arasy. Merupakan sebuah museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi, wisata museum di Jambi ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi.

Koleksi-koleksi tersebut diperoleh dari ulama-ulama yang menghibahkannya, dibeli, ataupun dipinjam dari beberapa lembaga. Kamu bisa berjalan-jalan sambil melihat pemandangan sore atau malam hari di sebuah jembatan yang dibangun dekat tempat wisata di Jambi ini, Jembatan Gentala Arasy.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran delapan puluh delapan milyar rupiah ini memiliki pemandangan yang terkenal luar biasa cantik dihiasi lampu-lampu pada malam hari. Gentala Arasy sendiri berlokasi di Arab Melayu, Pelayangan, Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi Untuk jam operasionalnya sendiri Gentala Arasy buka pada Senin-Jumat 8.00-16.00; Sabtu-Minggu 8.00-13.00

2. Tugu Pers Jambi

wisatapers.com
Foto : wisatapers.com

Tempat wisata di Jambi selanjutnya memiliki kaitan dengan pers. Di mana pers merupakan elemen penting dalam bernegara. Tanpa kebebasan pers, negara akan cenderung otoriter dan sewenang-wenang dalam mengelola negara. Selain itu, pers yang bebas dan bertanggungjawab juga membantu mencerdaskan publik akan isu-isu terkini serta hal-hal penting yang luput dari perhatian.

Maka dari itu untuk memperingati kebebasan pers di Kota Jambi, dibangunlah Tugu Pers yang terkenal ini pada Februari 2012 silam. Kamu dapat berfoto-foto dengan latar belakang destinasi wisata Jambi ini. Di sekitar kawasan tempat wisata Tugu Pers juga banyak penjaja kuliner sedap yang dapat kamu coba sembari melihat-lihat pemandangan kota.

Untuk lokasinya, Tugu Pers berada Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi dengan jam operasional setiap hari 24 jam.

3. Tugu Juang Jambi

mongotrip.com
Foto : mongotrip.com

Jika Tugu Pers untuk memperingati kebebasan pers, maka tempat wisata di Jambi berikutnya ialah untuk memperingati kemerdekaan. Indonesia merdeka secara de facto pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun kala itu, Belanda masih mencoba untuk menguasai Indonesia hingga timbullah Agresi Militer Belanda II yang terkenal dalam sejarah pada tahun 1946.

Tugu Juang adalah monumen yang memperingati perjuangan rakyat Jambi pada masa agresi militer tersebut. Pada bagian atas monumen tempat wisata di Jambi ini terdapat patung laki-laki menodongkan bambu runcing yang menggambarkan perjuangan rakyat kala itu.

Bahkan kamu bisa melihat relief kisah perjuangan rakyat Jambi melawan Belanda saat agresi militer. Objek wisata Jambi cocok dijadikan tempat berfoto sekaligus mempelajari sejarah Rakyat Jambi. Berada di Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Tugu Juang buka setiap harinya 24 jam.

4. Museum Siginjei Jambi

jambi.antaranews.com
Foto : jambi.antaranews.com

Tempat wisata di Jambi keempat merupakan momen untuk mengenang sejarah kembali. Di mana kali ini rekomendasinya merupakan sebuah museum. Bernama Museum Siginjei, tempat ini juga jadi salah satu daftar objek wisata Jambi yang populer apalagi saat liburan. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1981 oleh Masjchun Syofwan, SH yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Wisata Museum di Jambi ini didirikan dengan semangat untuk menjaga kebudayaan Jambi agar tidak luntur dari generasi ke generasi. Banyak koleksi yang dapat kamu lihat dan pelajari dari Museum Siginjei ini mulai dari koleksi yang berkaitan dengan geologi Jambi hingga arkeologi. Berlokasi di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, tempat ini memiliki jam operasional Hari kerja 07.30 – 16.00; Hari libur 07.30 – 12.00.

5. Jambi Paradise

andalastourism.com
Foto : andalastourism.com

Tempat wisata di Jambi terakhir yang seru dan mirip dengan wisata di luar negeri ialah Jambi Paradise. Salah satu objek wisata Jambi berupa taman air yang dapat kamu kunjungi di Kota Jambi. Tidak hanya menyediakan tempat bermain air, kamu juga dapat berjalan-jalan santai dengan view yang asri.

Jika kamu memilih bersantai dengan keluarga, Jambi Paradise bisa jadi salah satu opsi objek wisata Jambi terkenal dan terfavorit untukmu. Berlokasi di Desa Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi, memiliki jam operasional 10.00-18.00 serta dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp20.000 ya.

Itu dia referensi tempat wisata di Jambi yang bisa kamu kunjungi. Selamat mencoba!

Topik Terkait