img_title
Foto : Gmaps/cep budhi darma

IntipSelebTebing Keraton merupakan salah satu tempat wisata di Bandung, Jawa Barat yang cukup populer. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan yang luar biasa indah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat tempat ini sering kali tertutupi kabut dan hawa dingin.

Jika anda sudah penat dengan suasana kota yang padat dengan udaranya yang terasa panas dan dipenuhi dengan polusi yang mengganggu, mengunjungi tempat wisata di Bandung yang satu ini bisa menjadi salah satu healing terbaik anda.

Tempatnya yang luas dengan udaranya yang sejuk, dapat membuat anda fresh kembali. Belum lagi jika anda senang berfoto, di sini banyak juga spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto estetik dan mempercantik media sosial anda. Penasaran dengan hal-hal menarik apa saja yang bisa anda temui di Tebing Keraton? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Hal menarik di Tebing Keraton

gmaps/Wahyu Hidayat
Foto : gmaps/Wahyu Hidayat

Agar semakin membuat anda yakin untuk datang ke tempat wisata yang berlokasi di Bandung ini, anda bisa simak hal-hal menarik berikut ini agar anda semakin mantap datang ke lokasi wisata yang satu ini. Berikut hal menarik mengenai Tebing Keraton.

1. Pemandangan yang menarik dari tempat tinggi

gmaps/Triko Widardo
Foto : gmaps/Triko Widardo

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini memang berada di tempat yang tinggi. Sehingga jika anda mencapai tempat ini, maka mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan dari atas tebing yang luar biasa indahnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa lokasinya yang berada cukup tinggi, membuat tempat ini menjadi sejuk dan terkadang ditutupi kabut.

Kabut ini lah yang menjadi hal menariknya. Melihat pemandangan hutan sekitar yang tertutupi kabut dari atas tebing, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Pemandangan seperti ini tentunya menjadi hal yang langka untuk anda yang tinggal di kawasan perkotaan yang mungkin setiap harinya harus merasakan debu dan udara yang tidak bagus. Pemandangan alam di sekitar tebing luar biasa indah dan dapat mempercantik potret anda di tempat ini.

2. Lokasi terbaik lihat sunset dan sunrise

gmaps/Mugi Arto
Foto : gmaps/Mugi Arto

Untuk para remaja atau siapapun yang gemar berburu sunset dan sunrise, maka wisata tebing yang satu ini bisa menjadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Selain dapat melihat pemandangan indah dari atas tebing, pemandangan matahari terbenam dan terbitnya pun luar biasa indah.

Bayangkan saja, sinar mentari perlahan naik dan menyinari tiap daun-daun pepohonan di hutan, hingga membuat sensasi eksotis dan indah di pandangan mata. Belum lagi jika anda menikmati pemandangan matahari terbenam, cahaya mentari senja yang jingga kemerahan perlahan memudar dan bersembunyi dari balik celah-celah pepohanan sekitar kemudian digantikan dengan sinar bulan yang perlahan naik dengan pesonanya.

Wah, pokoknya, anda wajib sekali mencoba untuk datang ke lokasi wisata yang satu ini di saat matahari terbenam maupun matahari terbit.

3. Melakukan camping ground

gmaps/Mimi Yonda
Foto : gmaps/Mimi Yonda

Siapa di sini yang sedang mencari tempat camping baru yang tidak berbeda dan anti mainstream. Sepertinya anda akan cocok jika menjadikan lokasi wisata yang satu ini menjadi tempat anda melakukan camping ground selanjutnya. Di sini, tersedia camping ground yang dilengkapi dengan gazebo, toilet hingga musala, jadi kebutuhan anda dalam beribadah hingga urusan kamar mandi tidak perlu anda pikirkan kembali.

Pepohonan besar nan tinggi di wisata yang satu ini juga anda bisa jadikan sebagai penopang untuk mengikat kain, dan anda duduk di atas kain yang diikat di antara pepohonan besar. Wah, bisa dibayangkan ya, usai melakukan camping ground kemudian di pagi harinya anda menikmati sunrise yang memukai. Pasti sangat menyenangkan.

4. Spot foto

gmaps/Ahal M
Foto : gmaps/Ahal M

Liburan tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikannya melalui jepretan foto maupun video. Datang ke Tebing Keraton, anda tidak akan kecewa dengan pemandangan sekitar yang bisa anda abadikan di dalam kamera anda. Dijamin, potret atau video yang dihasilkan pun tidak kaleng-kaleng!

Dengan pemandangan hutan yang memesona, anda bisa berfoto sebebas mungkin sesuai dengan keinginan anda. Untuk anda yang senang membuat video semacam sinematik, tidak ada salahnya mencoba mengasah skill anda dengan mendokumentasikan keindahan dari tempat wisata yang memiliki ikonk berada di ketinggian ini.

Harga tiket

gmaps/ALDIONNAUFAL CANDRIKA
Foto : gmaps/ALDIONNAUFAL CANDRIKA

Tak lengkap rasanya jika ulasan tanpa mencantumkan harga tiket wisata. Harga tiket ini bisa saja mengalami perubahan, sehingga anda perlu mencaritahu update terkini dari tempat wisata Tebing Keraton. Untuk masuk ke wisata ini, anda hanya perlu membayar sebesar Rp11.000 saja per orang, lho! Cukup terjangkau bukan. Kendati demikian, untuk wisatawan asing, diberikan harga tiket yang berbeda, yakni sebesar Rp76.000 per orang.

Jika anda membawa kendaraan roda dua, maka anda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk yang membawa mobil. Jika anda berniat camping di sini dnegan membawa alat sendiri, maka anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000 untuk biaya tambahan izin mendirikan tenda pribadi.

Namun jika anda ingin memakai jasa penyedia tenda dari pengelola, anda dikenakan biaya sebesar Rp140.000. Harga ini cukup terjangkau dengan pemandangan sekitar Tebing yang indah. Meskipun begitu, lagi-lagi diingatkan bahwa harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Tempat wisata yang berada di Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini hanya memerlukan jarak tempuh sejauh 14 km dari kota Bandung atau sekitar 35 menit jika naik kendaraan roda empat.

Tips datang ke Tebing Keraton

gmaps/cep budhi darma
Foto : gmaps/cep budhi darma

Meskipun pada dasarnya jika datang ke tempat wisata tak memerlukan banyak tips, namun tidak ada salahnya jika anda memperhatikan beberapa tips berikut ini agar perjalanan liburan anda nyaman selama di Tebing Keraton.

1. Pakai pakaian yang tebal

Dikarenakan lokasinya yang berada di 1200 mdpl, maka jangan jika udara sekitar sangatlah sejuk mendekati dingin. Jika anda berpakaian tipis, dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas liburan anda karena malah akan membuat anda fokus dengan rasa dingin yang mendera tubuh anda. Setidaknya anda perlu memakai atau menyiapkan jaket atau topi yang mungkin bisa menghangatkan anda.

2. Pakai kendaraan roda dua

Sekadar saran, jika anda ingin datang ke wisata yang satu ini, ada baiknya jika anda menggunakan kendaraan roda dua sebagai kendaraan utama. Karena akses jalannya yang tidak terlalu lebar sehinngga mobil dikhawatirkan tidak bisa mencapai tepat ke lokasi. Selain itu, menggunakan motor akan lebih fleksibel dan tidak ribet.

3. Siapkan kamera

Tips yang satu ini bisa anda perhatikan untuk para wisatawan yang gemar berfoto. Menyiapkan kamera dengan posisi baterai penuh, bisa membuat anda nyaman selama mendokumentasikan aktivitas anda di tempat wisata. Anda juga bisa menyiapkan tongsis hingga hal sejenisnya agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik di tempat wisata yang satu ini.

Demikian adalah sejumlah informasi terkait tempat wisata di Bandung yakni Tebing Keraton. Jika anda benar-benar berniat datang ke tempat ini, tidak ada salahnya untuk mencaritahu lebih lanjut kembali mengenai harga hingga akses lokasi yang terbaru.

Karena dikhawatirkan akan ada beberapa hal yang telah di-update di kemudian hari dan tidak tercantum dalam artikel ini. Semoga perjalanan anda di tempat wisata ini dapat berjalan lancar dan selamat liburan!

Topik Terkait