Foto : Pexels.com

IntipSelebCara membuat anak kembar terdaapt berbagai cara. Dalam membangun rumah tangga, harapan memiliki anak ada dalam desiran hati dan pikiran pengantin baru, meski tak semuanya. Sehingga banyak para pasangan yang menanti kehadiran buah hati. Tak hanya itu, beberapa di antaranya menginginkan anak kembar.

Walaupun pasti di benak, untuk mendapatkan anak kembar haruslah ada genetik tersebut. Namun bagaimana jika tak ada genetik kembar? Maka ulasan cara membuat anak kembar pun akan di bahas kali ini.

Melansir pada Hello Dox Care, sebelum mengetahu cara membuat anak kembar pahami tentang bayi kembar itu sendiri. Dalam hal ini, terdapat dua jenis anak kembar yaitu identik atau dapat disebut non fraternal dan juga non identik atau fraternal.

Hampir sepertiga dari kembar identik, juga dikenal sebagai kembar monozigot yang peluang besarnya diciptakan karena kebetulan atau faktor luck karena geentik yang kuat. Mereka berkembang ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma dan akan dibagi menjadi dua embrio yang terpisah. Mereka berbagi komposisi genetik dan plasenta yang sama. Kembar identik juga bisa terjadi pada wanita yang menjalani metode bantuan kesuburan.

Sedangkan untuk non-identik, juga dikenal sebagai kembar dizigotik, berkembang ketika dua telur dibuahi oleh dua sperma. Mereka unik dan tidak berbagi komposisi genetik atau plasenta. Karena kembar non-identik hanya memiliki setengah dari susunan genetik yang sama, mereka tidak selalu berjenis kelamin sama.

Selain itu adanya faktor-faktor peluang untuk memiliki anak kembar fraternal di antara lain:

1. Riwayat Keluarga atau Keturunan

Biasanya ketika memiliki anak kembar dalam keluarga, kemungkinan besar berpeluang untuk dapat anak kembar.

2. Etnis

Etnis memiliki pengaruh dalam hal ini, di mana bagi Hello Dox, orang Asia dan Hispanik memiliki peluang lebih sedikit untuk menghasilkan anak kembar, sedangkan orang Afrika sangat mungkin, diikuti oleh orang Eropa.

3. Banyak Hormon

Perempuan bisa enghasilkan lebih banyak FSH (hormon perangsang folikel). Hormon ini memungkinkan ovarium untuk melepaskan telur untuk ovulasi. Semakin tinggi kadar hormon, semakin banyak sel telur yang dilepaskan selama ovulasi, sehingga menghasilkan banyak janin.

Lantas kira-kira, bagaimana cara membuat anak kembar atau setidaknya usaha untuk cara membuat anak kembar? Berikut usaha untuk cara membuat anak kembar.

1. Konsumsi Produk Mengandung Susu

Menurut penelitian Dr. Gary Steinman et al., mengonsumsi susu produk berkorelasi dengan kehamilan ganda. Wanita yang mengonsumsi produk susu memiliki peluang lima kali lebih besar untuk menghasilkan anak kembar dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi produk tersebut.

Beberapa penelitian percaya bahwa itu bukan hanya produk susu, tetapi juga hormon pertumbuhan yang ada dalam susu (susu dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan) membantu memiliki anak kembar.

2. Makan Ubi Liar

Makanan ubi liar disebut dapat merangsang ovarium sehingga menghasilkan pelepasan lebih dari satu telur untuk ovulasi. Makanan kaya protein lainnya dengan sifat merangsang hiper-ovulasi adalah tahu, isoflavon kedelai, gandum utuh, dan biji-bijian.

3. Berhenti dari Penggunaan Pil KB

Pil KB memainkan peran penting dalam membantu mengandung anak kembar secara alami. Ketika berhenti minum obat KB, tubuh da membutuhkan waktu untuk menemukan ritme alaminya. Ini menyebabkan tubuh memiliki fluks hormon yang lebih tinggi, dari biasanya. Jika mencoba hamil sekitar waktu ini, akan ada peluang lebih besar untuk memiliki anak kembar.

4. Konsumsi Makanan Kaya Seng

Makanan kaya seng seperti sayuran berdaun hijau, tiram, roti, dan biji-bijian merangsang produksi sperma. Oleh karena itu, meningkatkan kemungkinan pembuahan lebih dari satu telur.

Posisi Seks Terbaik Untuk Hamil Anak Kembar

Meskipun memiliki bayi kembar tidak ada di tangan, tetapi ada beberapa posisi seksual dapat meningkatkan kemungkinan untuk memilikinya, seperti:

1. Berdampingan

Disebut juga dengan gaya doggy dimana wanita akan memposisikan dengan menekuk lututnya, dan pasangannya akan melakukan penetrasi dari belakang. Dalam posisi ini, pasangan akan dapat mengandung anak kembar karena leher rahim akan lebih mudah didekati sperma.

2. Posisi berdiri

Ini juga merupakan gaya doggy lain di mana ada kemungkinan penetrasi yang dalam.

3. Posisi misionaris

Posisi man-on-top membantu sperma memasuki sel telur dengan mudah, dan ini adalah posisi seks terbaik untuk menghasilkan anak kembar.

4. Posisi masuk dari belakang

Di sini, pasangan masuk dari belakang, dan dalam posisi ini, sperma tetap dekat dengan leher rahim wanita.

Perawatan Kesuburan Untuk Memiliki Anak Kembar

Perawatan kesuburan memberikan peluang yang lebih baik untuk memiliki anak kembar. Dokter dapat menyarankan pilihan terbaik, seperti:

1. IVF ((Fertilisasi In vitro)

Wanita yang menjalani IVF memiliki peluang 20 hingga 40% untuk melahirkan lebih dari satu bayi. Namun, itu terutama tergantung pada jumlah embrio yang ditempatkan di dalam rahim. Wanita yang menjalani perawatan seperti IVF memiliki peluang yang adil untuk melahirkan kembar identik.

2. IUI (Inseminasi Intrauterin)

Dalam prosedur ini, sperma disuntikkan ke dalam rahim menggunakan jarum suntik. Namun, IUI saja tidak akan meningkatkan kemungkinan memiliki kelipatan. Wanita yang menjalani perawatan ini juga mengonsumsi obat kesuburan untuk meningkatkan kemungkinannya.

Itulah tips cara membuat anak kembar. Dari posisi dan juga hal-hal yang dianjurkan. Banyak pasangan yang menginginkan anak kembar karena sebuah hal yang banyak namun jarang, di mana tak semuanya dapat memiliki itu. Terlebih melihat orang yang sama dalam sekali waktu juga membuat kehadiran anak kembar terasa seru, meski anak tak kembar juga tak kalah serunya.

Anak merupakan anugerah dari Tuham, sehingga apapun anak yang didapatkan merupakan pemberian Tuhan yang patut di jaga. Karena sebagai orang tua, tanggung jawab kepada anak sampai di hari akhir. Dibesarkan dan dirawat untuk menciptakan generasi selanjutnya yang hebat dan juga terampil dalam kehidupan. Sehingga banyak orang tua yang berharap dapat meneruskan besarnya keluarga dengan memberikan keturunan.

Banyak di antara kamu yang mungkin sering berinteraksi dengan anak kembar. Ada kembar yang begitu identik, dan ada juga yang kembar namun memiliki sikap berbeda sangat jauh. Bahkan ada juga kembar yang berjenis kelamin berbeda, di maan rata-rata banyak yang kembar identik.

Meski banyak yang melihat jika anak kembar saudara yang kompak. Karena disebut-sebut, anak kembar lebih perasa. Sehingga disebut memiliki hati yang peka. Sehingga banyak yang bertanya-tanya cara membuat anak kembar. Usaha untuk memiliki cara membuat anak kembar boleh dilakukan terlebih memang sangat menginginkannya.

Apapun yang diberikan Tuhan nantinya, sudah terbaik untuk para kamu calon orang tua. Apalagi jika dititipkan langsung dua anak dalam sekali kelahiran, sehingga terasa luar biasa. Jadi jika kamu sudah berusaha, jangan lupa berdoa menjadi salah satu hal penting dalam cara membuat anak kembar.(prl).

Topik Terkait