Foto : YouTube/FLIK TV

IntipSeleb – Sinopsis film Laskar Pelangi secara garis beras adalah menceritakan tentang kisah 10 anak yang berasal dari keluarga miskin. Meski memiliki usia yang berbeda, mereka bersekolah di sekolah Muhammadiyah di Belitung dengan segala keterbatasan.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai sinopsis film Laskar Pelangi, tak ada salahnya untuk sedikit mengenai film yang diadaptasi dari novel pertama milik Andrea Hirata yang terbit di tahun 2005. Film Laskar Pelangi tayang di tahun 2008 dan setelah penayangannya, mendapatkan respons yang luar biasa dari masyarakat.

Saking suksesnya, film ini bahkan memenangkan berbagai jenis penghargaan di kancah perfilman. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang film Laskar Pelangi beserta sinopsis film Laskar Pelangi, simak ulasan ini hingga selesai, ya.

Sinopsis film Laskar Pelangi

Foto : IMDb

Simak Sinopsis film Laskar Pelangi berikut ini:

Sinopsis film Laskar Pelangi mengisahkan tentang Ikal dan teman-temannya. Awal kisah dimulai dari desa Gantung, Belitung Timur. Di desa tersebut, terdapat sebuah sekolah Muhammadiyah yang terancam akan dibubarkan oleh Pemerintah daerah Sumatera Selatan. Bukan tanpa alasan, sekolah tersebut hendak dibubarkan sebab kurangnya siswa yang bahkan membuat sekolah tersebut tidak memiliki 10 siswa.

Saat itu hanya ada 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, Bapak Harfan dan Bu Muslimah yang menjadi guru di sekolah tersebut lantas kebingungan. Namun ajaibnya, tiba-tiba saja datang Harun dan ikut mendaftarkan diri untuk bersekolah.

Mulai dari sana lah anak-anak tersebut kemudian diberi julukan sebagai Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah. Secara garis beras, sinopsis film Laskar Pelangi adalah mengisahkan bagaimana perjuangan Ikal dan teman-temannya untuk menuntut ilmu dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Film ini menjadi film yang mampu menginspirasi banyak orang. Selain itu, film Laskar Pelangi juga menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa. Film Laskar Pelangi telah tercatat mendapatkan 4.719.453 penonton selama penayangannya di bioskop.

Pemeran dan Penghargaan film Laskar Pelangi

Foto : YouTube/FLIK TV

Setelah mengetahui sinopsis film Laskar Pelangi, kini beralih ke pemeran yang telah sukses membawakan karakter-karakter di film tersebut. Berikut ini adalah pemeran dari film Laskar Pelangi:

- Ikal: Zulfanny, Lukman Sardi dan Vikri Septiawan
- Mahar: Verrys Yamarno
- Lintang: Ferdian dan Ario Bayu
- Pak Harfan: Ikranegara
- Bu Muslimah: Cut Mini Theo
- A Kiong: Suhendri
- Syahdan: M. Syukur
- Kucai: Yogi Nugroho
- Jimbron: Azwir Fitrianto
- A Ling: Levina
- Seman Said Harun: Mathias Muchus
- Pak Mustar: Landung Simatupang
- Arai: Rendy Ahmad, Sandy Pranatha
- Sahara: Dewi Ratih

Penghargaan yang pernah didapatkan film Laskar Pelangi

1. Festival Film Bandung untuk Pemeran Pria Terpuji Film Bioskop (2009)
2. Festival Film Bandung untuk Pemeran Wanita Terpuji Film Bioskop (2009)
3. Festival Film Bandung untuk Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop (2009)
4. Festival Film Bandung untuk Penata Musik Terpuji Film Bioskop (2009)
5. Festival Film Bandung untuk Penata Artistik Terpuji Film Bioskop (2009)
6. Festival Film Bandung untuk Sutradara Terpuji Film Bioskop (2009)
7. Festival Film Bandung untuk Film Bioskop terpuji (2009)

Fakta menarik film Laskar Pelangi

Foto : YouTube/FLIK TV

Kesuksesan film Laskar Pelangi membuat banyak orang yang penasaran dan ingin mengulik lebih dalam mengenai film Laskar Pelangi. Oleh sebab itu, yuk simak fakta menarik dari film Laskar Pelangi berikut ini:

1. Terinspirasi dari kisah nyata penulis

Andrea Hirata adalah sosok dari terciptanya kisah Laskar Pelangi. Laskar Pelangi pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 oleh Penerbit Bentang Pustaka. Film Laskar Pelangi mampu terasa nyata, ternyata berkat pengalaman atau kisah nyata yang dialami oleh penulis. Andrea Hirata pernah tinggal di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur yang memang merupakan latar tempat dari kisah Laskar Pelangi.

Debut dengan novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata bisa dikatakan sukses di awal kariernya sebagai penulis. Novel tersebut bahkan menjadi salah satu novel yang masuk ke deretan International Best Seller. Belum lagi, novel tersebut pun dialihbahasakan ke dalam 40 bahasa asing dan beredar di lebih dari 130 negara.

2. Diadaptasi drama musikal hingga film

Tak hanya diadaptasi menjadi bentuk film saja, namun Laskar Pelangi juga diadaptasi menjadi sebuah pertunjukan drama musikal yang kala itu digelar pada 17 Desember 2010. Drama musikal itu pun dibintangi oleh sederet nama artis yang mungkin tak asing lagi di telinga masyarakat, yakni sebagai berikut:

- Ibu Muslimah - Lea Simanjuntak, Eka Deli, Dira Sugandi
- Pak Harfan - Chandra Satria, Iyoq Kusdini
- Pak Bakri - Gabriel B. Harvianto, Haikal AFI
- Lintang - Hilmi Fathurrahman, Alvaro Maldini S
- Kucai - Bastian Bintang S
- Mahar - Teuku Ryzki M, Patton Otlivio Latupeirissa
- Ikal - Christoffer Nelwan, Kelvin Joshua
- Sahara - Fadilla Husna Ba'alwy, Sheila Aisha S
- Borek - Daffa Eri M, Denu W Prasetyo
- Harun - Billy T, David Samuel P
- Syahdam - Ivant Septiawarman, Andreas Dwi J
- Tripani - Iqbaal Dhiafakhri R, Diaz Favian C W
- Akiong - Steven Jansen, Nathanael Hendriyanto
- Aling - Regina Dyah Pradani Saraswati, Namira, Fadilla Husna Ba'alwy

Kemudian, ketika anda mendengar kata ‘Laskar Pelangi’, mungkin anda akan langsung terbayang dengan lagu yang dibawakan oleh Band Nidji. Lagu yang diberi judul yang sama yakni ‘Laskar Pelangi’, mampu membuat film Laskar Pelangi semakin mengharu biru di ingatan para penonton.

Liriknya yang sederhana namun memiliki sejuta makna, membuat lagu tersebut tak bisa dipisahkan dari filmnya. Bahkan hingga saat ini, lagu tersebut telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

3. Memiliki pesan dan makna yang tersimpan

Sebagai sebuah film yang sukses mendapatkan banyak penghargaan, tentunya film ini juga memiliki makna atau pesan yang ingin disampaikan kepada para penonton atau para pembaca novelnya. Riri Riza sebagai sutradara film tersebut juga dikatakan sukses membuat penonton hanyut dalam film serta makna yang ingin disampaikan melalui film tersebut.

Banyak makna yang ingin disampaikan melalui film ini, mulai dari perjuangan seseorang untuk bisa terus menuntut ilmu, persahabatan serta hal lain yang setidaknya bisa dipetik dan dijadikan sebagai bahan pengajaran.

Film tersebut juga sukses membolak-balikkan emosi para penonton, awalnya dibuat senang kemudian ikut merasakan sedih, kesal dan lain sebagainya. Sebagai film terlaris, film Laskar Pelangi memang menjadi salah satu rekomendasi film yang cocok ditonton bersama dengan keluarga.

Foto : YouTube/FLIK TV

Demikian adalah sederet informasi mengenai sinopsis film Laskar Pelangi hingga fakta-fakta menarik yang mungkin ingin anda ketahui. Bagaimana pun, kisah Ikal bersama teman-temannya masih memiliki ruang tersendiri bagi para pecinta film Laskar Pelangi. Akhir kata semoga informasi terkait sinopsis film Laskar Pelangi di atas dapat bermanfaat bagi anda. (nes)

Topik Terkait