Foto : Instagram/@actorleeminho

IntipSeleb Gaya Hidup Lee Min Ho (이민호) merupakan seorang aktor asal Korea Selatan yang namanya kini sudah tidak asing lagi bagi publik. Sepak terjangnya kancah perfilman sudah tak perlu diragukan lagi. Banyak pula judul dari Drama Korea yang menggeretnya sebagai pemeran utama.

Tak hanya memiliki bakat berakting saja, namun parasnya yang rupawan mampu membuat banyak orang yang mengidolakan dirinya. Nama Lee Min Ho diketahui makin populer usai dirinya membintangi Drama Korea berjudul Boys Over Flowers.

Berperan sebagai Goo Joon Pyo, chemistry-nya dengan lawan mainnya Geum Jani Di yang diperankan oleh Koo Hye Sun membuat banyak orang tak bisa melupakan drama tersebut hingga sekarang. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang profil dari Lee Min Ho? Yuk simak profil lengkap hingga drama dan penghargaan yang pernah didapatkannya berikut ini.

Profil Lee Min Ho

Foto : Instagram/@actorleeminho

Lee Min Ho lahir di Heuseuk-dong, Dongjak-gu, Seoul pada 22 Juni 1987. Siapa sangka, ternyata menjadi aktor bukanlah cita-cita awal Lee Min Ho. Saat kecil, Lee Min Ho sangat menyukai sepak bola hingga membuatnya bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional.

Akan tetapi ketika dirinya masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar, Lee Min Ho harus mengubur cita-citanya itu lantaran cidera yang dialaminya. Hingga ketika dirinya mulai memasuki SMA, Lee Min Ho mulai tertarik dengan dunia hiburan khususnya dunia akting.

Hal itu lah yang kemudian mengantarkan Lee Min Ho mengambil jurusan Fim dan Teater di Universitas Konkuk.

Perjalanan karier Lee Min Ho

Foto : Instagram/@actorleeminho

Perjalanan karier Lee Min Ho tidak lah mudah. Sebelum menjadi bintang dan seterkenal sekarang, Lee Min Ho mengawali kariernya bergabung dengan agensi Starhaus Entertainment dan mulai menjalani masa training sebelum mulai menjajal dunia akting.

Lee Min Ho memulai dari mengikuti berbagai macam audisi hingga akhirnya mendapatkan beberapa peran kecil. Lee Min Ho pernah mendapatkan peran kecil dalam drama televisi yakni Nonstop 5 dan juga Recipe of Love.

Hingga pada akhirnya, Lee Min Ho resmi memulai debutnya sebagai aktor berkat serial televisi Secret Campus di tahun 2006. Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa sebelum dikenal dengan nama Lee Min Ho, pria kelahiran tahun 1987 itu menggunakan nama panggung Lee Min. Hal ini lantaran menurut pihak agensi bahwa nama asli Lee Min Ho terlalu biasa.

Namun hal ini tak berlangsung lama, lantaran nama panggung Lee Min ketika ditulis dengan bahasa Korea memiliki penulisan yang sama dengan imigrasi yakni imin. Hal ini yang membuat namanya sulit muncul di pencarian internet, akhirnya dirinya kembali menggunakan nama Lee Min Ho yakni nama aslinya.

Meskipun kini namanya sudah sangat besar dan drama yang dibintanginya tak pernah sepi peminat, dahulu drama yang dimainkan Lee Min Ho di tahun 2007 yakni Mackerel Run pernah mendapat rating rendah hingga jumlah episode harus dikurangi.

Hingga pada akhirnya nama Lee Min Ho menjadi meledak usai dirinya menjadi pemeran utama di drama KBS Boys Over Flowers di tahun 2009. Selama masa penayangannya, drama tersebut mendapatkan rating yang cukup tinggi. Hal ini yang kemudian membuat nama Lee Min Ho kemudian mulai dikenal tak hanya di Korea Selatan saja, namun ke Asia.

Semenjak saat itu pula, Lee Min Ho jadi dipercaya untuk banyak memerankan karakter utama dari drama Korea yang ada. Bahkan drama yang dibintanginya selalu mendapatkan perhatian lebih dan mendapatkan rating yang tinggi.

Tak hanya Boys Over Flowers saja yang menjadi drama tersukses yang pernah dimainkan Lee Min Ho, namun drama The Heirs yang tayang di tahun 2013 juga berhasil menyita banyak perhatian penggemar.

Dalam drama itu, Lee Min Ho memerankan karakter bernama Kim Tan yang merupakan seorang pewaris chaebol di SMA. Dirinya pun beradu akting dengan beberapa artis ternama di antaranya Park Shin Hye, Kim Woo Bin dan juga Kim Ji Won. Saking populernya, The Heirs pernah mendapat rating tertinggi yakni 28,6%. Dan di internasional sendiri telah mendapat 1 miliar penonton di situs streaming Tiongkok, yakni iQiyi.

Drama yang pernah dibintangi oleh Lee Min Ho hingga sekarang jumlahnya sudah cukup banyak. Jika ingin mencoba menonton, anda bisa coba menengok, Boys Over Flowers (2009), City Hunter (2011), The Heirs (2013), Legend of the Blue Sea (2016), hingga The King: Eternal Monarch (2020).

Sementara untuk film, Lee Min Ho pernah membintangi Public Enemy Returns (2008), Our School’s E.T. (2008), Gangnam Blues (2015), dan juga Bounty Hunters (2016).

Jadi penyanyi

Foto : actorleeminho/instagram

Tak hanya memiliki bakat berakting saja, namun Lee Min Ho juga ternyata memiliki ketertarikan di dunia tarik suara. Dirinya pernah merilis album My Everything di tahun 2013. Meskipun tak sering mengeluarkan album sebagai penyanyi, Lee Min Ho pernah mempopulerkan beberapa lagu, di antara My Everything, Painful Love, Thank You, Run hingga Always.

Penghargaan

Foto : Instagram/actorleeminho

Begitu banyaknya pengalaman Lee Min Ho di dunia hiburan mengantarkannya memperoleh berbagai macam penghargaan yang jumlahnya cukup banyak. Lee Min Ho pernah mendapat penghargaan sebagai Best Newcomer Actor Award berkat perannya di drama Boys Over Flowers di 45th Baeksang Arts Awards di tahun 2009.

Berikut ini adalah beberapa penghargaan yang pernah dimenangkan Lee Min Ho:

- MTN Broadcast Advertisement Festival: Most Popular Advertisement Model (2009)
- ASAP Pop Viewers' Choice Award: Pop Kapamily TV Character (Boys Over Flowers) (2009)
- 4th Mnet 20's Choice Awards: Hot Actor (Personal Taste) (2010)
- MBC Drama Awards: Excellence Award (Personal Taste) (2010)
- 4th Korea Drama Awards: Top Excellence Award, Actor (City Hunter) (2011)
- 4th Korea Drama Awards: Hallyu Star Award (City Hunter) (2011)
- SBS Drama Awards: Top 10 Star (Faith) (2012)
- SBS Drama Awards: Top Excellence Award, Actor In Miniseries (Faith) (2012)

- Baidu Feidian Awards: Best Asian Actor (The Heirs) (2013)
- SBS Drama Awards: Top Excellence Award, Actor in a Drama Special (The Heirs) (2013)
- 2nd DramaFever: Best Bromance dengan Kim Woo-bin (2014)
- Singapore Entertaiment Award: Most Populer Korean TV Artist (2014)

- 10th Seoul International Drama Awards: Mango TV Popularity Award (2015)
- 52nd Grand Bell Award/ Daejong Film Awards: Best New Actor (Gangnam Blues) (2015)
- SBS Drama Awards: Top Excellence Award, Actor in a Fantasy Drama (The Legend of the Blue Sea) (2016)
- SBS Drama Awards: Best Couple dengan Jun Ji-hyun (The Legend of the Blue Sea) (2016)
- SBS Drama Awards: Top 10 Stars Award (The Legend of the Blue Sea) (2016)

Demikian adalah sederet informasi mengenai profil, perjalanan karier hingga penghargaan yang pernah dimenangkan oleh Lee Min Ho. Kami berharap bahwa artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda.(rgs)

Topik Terkait