Foto : Instagram/tante.rempong.official

IntipSeleb Gaya HidupVirus zombie menjadi salah momok yang menakutkan usai virus COVID-19 yang tak kunjung hilang. Kini, para ilmuan mengungkapkan bahwa dunia mendapatkan ancaman akan virus zombie yang 48.000 tahun lalu kembali muncul.

Kabar itu pun lantas menuai banyak sorotan dan kehebohan warganet. Lantas, seperti apa virus zombie itu? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Virus Zombie Kembali Muncul

Foto : MSN


Salah satu tim peneliti dari Rusia, Jerman dan Prancis diketahui sedang memeriksa virus zombie yang berasal dari permafrost di Siberia, Rusia. Dilansir dari First Post dan CNBC para ilmuwan menyebutkan bahwa mencairnya permafrost ini bisa mengakibatkan perubahan iklim yang dapat memberikan ancaman baru bagi manusia dan hewan.

Menurut studi yang dipublikasikan bioRxiv, para peneliti ternyata menghidupkan kembali dan mengelompokkan 13 patogen berusia lebih dari 48.500 tahun yang diberi nama 'virus zombie'. Kemudian, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Ahli Mikrobiologi, Jean-Marie Alempic dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis menetapkan bahwa virus yang berusia 27.000 hingga 48.500 tahun ini bisa berpotensi menimbulkan ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Sampai saat ini, para ilmuwan belum dapat menentukan seberapa menular dari virus ini setelah terpapar cahaya, panas, dan oksigen. Karena itu, virus-virus ini ditemukan di permafrost yang terus mencair akibat peningkatan suhu karena perubahan iklim.

Topik Terkait