Foto : Instagram/@jopa_green

IntipSelebManfaat daun binahong ternyata sangat baik untuk tubuh. Kendati demikian, mungkin masih ada beberapa orang yang tidak tau, apa itu daun binahong. Binahong merupakan salah satu jenis tanaman obat yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Binahong merupakan tanaman yang berasal dari dataran Tiongkok yang juga dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Ciri-ciri pohon binahong adalah memiliki batang yang lunak, sehingga sangat fleksibel dan biasanya akan saling melilit antar batangnya. Binahong merupakan tanaman merambat, memiliki tekstur halus tapi juga keras jika ditekan. Daun binahong sendiri berbentuk seperti hati. Warna daun binahong hijau, namun juga ada yang merah, tergantung jenisnya.

Termasuk ke dalam tanaman herbal, binahong tentu memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat daun binahong? Simak 10 manfaat daun binahong berikut ini.

1. Mempercepat penyembuhan

Manfaat daun binahong yang pertama adalah dapat mempercepat penyembuhan, terutama pada kulit yang menderita luka bakar. Hal ini disebabkan daun binahong yang mengandung saponin yang tinggi, sehingga dapat berperan sebagai antiseptik dan berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Senyawa tersebut mampu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit, sehingga sangat efektif jika digunakan untuk mengobati luka bakar. Selain itu, daun binahong juga mengandung flavonoid yang ampuh untuk mengurangi peradangan. Tak hanya itu saja, manfaat daun binahong lainnya adalah dapat mengecilkan pori-pori kulit yang terluka.

2. Menyehatkan kulit

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah dapat menyehatkan kulit. Memiliki kulit yang sehat dan berseri tentunya menjadi idaman semua orang, terutama kaum wanita. Lantas ternyata daun binahong mampu menjawab keinginan para wanita, loh. Daun binahong dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah, menghilangkan komedo, menghaluskan, mencerahkan hingga mengatasi jerawat.

Caranya mudah saja, yakni dengan merebus daun binahong, kemudian menjadikannya air untuk mencuci wajah. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari dan secara rutin. Atau, anda juga bisa menumbuk daun binahong kemudian mengoleskan daun binahong yang telah halus itu ke wajah anda seperti menggunakan masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Mengatasi gatal

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah dapat menjadi obat gatal. Hal ini disebabkan daun binahong yang mengandung flavonoid dan juga saponin, yang di mana kedua senyawa tersebut memiliki sifat antijamur.

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang merasakan gatal ialah karena adanya iritasi pasa kulit yang disebabkan oleh jamur. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan daun binahong untuk meredakan gatal pada kulit.

Namun, mungkin saja bagi sebagian orang daun binahong bisa menimbulkan reaksi yang sensitif, jadi konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika memang ingin menjadikan daun binahong sebagai obat herbal penyembuh alami.

4. Mencegah diabetes

Selanjutnya, manfaat daun binahong yang tak kalah baik untuk tubuh adalah sebagai obat pencegah diabetes. Indonesia menempati posisi ke lima dari negeri yang paling banyak penderita diabetes di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa banyak sekali penduduk Indonesia yang menjadi penderita diabetes di Indonesia.

Manfaat daun binahong ini ampuh untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini disebabkan daun binahong yang mengandung senyawa flavonoid, steroid dan juga kumarin. Senyawa tersebut berfungsi untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus, sehingga dapat meningkatkan produksi dan fungsi dari hormon insulin.
Caranya, anda bisa merebus daun binahong, kemudian meminumnya secara rutin sebanyak sekali dalam sehari.

5. Meningkatkan kerja ginjal

Manfaat daun binahong selanjutnya ialah dapat meningkatkan fungsi ginjal. Ekstrak dari daun binahong dipercaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya untuk para penderita gagal ginjal kronis. Jadi tak ada salahnya kini jika mulai melirik daun binahong untuk dijadikan obat herbal untuk meningkatkan fungsi ginjal. Jadi, anda bisa mulai melirik daun binahong untuk dijadikan salah satu obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

6. Mengatasi asam urat

Sudah disebutkan beberapa kali di atas bahwa daun binahong mengandung flavonoid. Ternyata, manfaat daun binahong dari senyawa flavonoid ini ialah dapat mengatasi asam urat. Asam urat sendiri merupakan kondisi ketika seseorang mengalami gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan hingga rasa panas di area persendian. Lantas, flavonoid dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga hal ini dapat mencegah seseorang mengalami asam urat.

7. Mengatasi anemia

Anemia merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Lantas, manfaat daun binahong selanjutnya adalah dapat mengatasi anemia. Hal ini disebabkan daun binahong yang mengandung zat besi. Zat besi inilah yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Jika kebutuhan zat besi seseorang telah tercukupi, maka seseorang akan terhindar dari penyakit anemia.

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas di dalam tubuh dapat menciptakan beragam penyakit yang tidak diinginkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, keberadaan zat radikal bebas di dalam tubuh ini perlu disingkirkan. Tak perlu khawatir, daun binahong ternyata mampu mengatasinya. Hal ini disebabkan daun binahong yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa tersebut mampu melawan zat radikal bebas di dalam tubuh sehingga radikal bebas tidak akan sempat membentuk sumber penyakit di dalam tubuh manusia.

Jadi kini tak ada salahnya jika mulai rajin mengonsumsi daun binahong yang telah dijadikan air rebusan demi obat herbal dan kesehatan tubuh.

9. Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting untuk dijaga. Oleh sebab itu, memperhatikannya agar tetap sehat adalah salah satu caranya. Daun binahong ternyata mampu untuk menyehatkan jantung dan membuatnya terhindar dari penyakit jantung. Hal ini sebabkan daun binahong yang mengandung saponin yang mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah seseorang terhindar dari penyakit jantung.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan merebus daun binahong dan menjadikannya teh. Jika tak suka yang terlalu alami, maka anda bisa menambahkan madu atau pun gula agar rasanya lebih manis dan nikmat. Anda bisa mengonsumsi teh daun binahong sebanyak 2 kali dalam sehari dan dilakukan secara rutin.

10. Mengatasi maag

Manfaat daun binahong selanjutnya ialah dapat mengatasi maag. Penyakit maag sepertinya sudah banyak dirasakan oleh penduduk Indonesia dan dari berbagai kalangan. Lantas ternyata daun binahong mampu menjadi salah satu obat herbal yang ampuh untuk mengatasi sakit maag. Daun binahong dipercaya dapat mengendalikan asam yang ada di lambung sehingga tidak naik dan menyebabkan maag.

Caranya juga mudah, anda bisa meminum air rebusan daun binahong ataupun menjadikannya sebagai teh. Minum sebanyak dua kali dalam sehari dan secara rutin.

Demikian adalah 10 manfaat daun binahong untuk kesehatan. Meskipun memiliki segudang manfaat, namun tentunya daun binahong juga memiliki efek sampingnya.

Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengonsumsi daun binahong dan konsultasikan ke dokter bila merasakan gejala yang tidak enak usai mengonsumsi daun binahong. Semoga deretan manfaat daun binahong di atas dapat bermanfaat untuk anda. (bbi)

Topik Terkait