Foto : Viva.co.id

IntipSeleb Gaya Hidup – Siapa disini yang sering merasa nyeri akibat asam lambung? Ya, sejumlah orang memang bisa terkena penyakit asam lambung karena beberapa faktor. Salah satunya yakni, asupan makanan yang kurang diperhatikan, atau terlalu banyak makan pedas.

Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala dan kondisi yang memburuk. Ketahui makanan dan minuman apa saja yang perlu dipantang oleh penderita asam lambung, agar tidak kambuh dan nyeri.

Jika saat asam lambung menyerang dan kumat, terasa sangat menyiksa dibagikan perut hingga ke ulu hati. Biasanya penderita asam lambung, dilarang untuk telat makan.

Pemicu asam lambung naik yakni seseorang yang memang terkena penyakit maag sebelumnya. Karena sering menunda makan, atau jam makan yang tidak teratur mengakibatkan penyakit asam lambung naik lho. Hati-hati, apalagi untuk usia 40 tahun ke atas, sebaiknya lebih memilih dalan mengonsumsi makanan sehari-hari.

Tak hanya makanan pedas saja yang harus dihindari, pemicu asam lambung juga yaitu minuman dan makanan yang terasa asam berpotensi membuat asam lambung cepat kumat. Asam lambung merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman, seperti sakit perut, sesak nafas dan keringat dingin.

Nah untuk itu sobat IntipSeleb kita simak yuk, apa saja makanan dan minuman yang dihindari untuk penderita asam lambung? Scroll artikel berikut ini!

1. Makanan Pedas

Foto : Pinterest/warunggelo pedas

Untuk penderita sakit maag atau asam lambung sebaiknya menghindari makanan pedas dan instan. Kalian yang biasanya sering menikmati seblak, sambal, bakso, rujak dan makanan pedasainnya mungkin lebih dijaga lagi dan mulai mengurangi pedas.

Apapun makanan pedas, sebaiknya dihindari oleh penderita maag dan asam lambung. Apalagi untuk kalian yang sering asam lambung naik, hal ini benar-benar tidak dianjurkan.

Gangguan kesehatan ini dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti luka di lambung, sering konsumsi makanan atau minuman yang dapat mengiritasi lambung, stress, infeksi bakteri hingga efek samping penggunaan obat.

Memang jika makanan tak diberi rasa pedas bagi sebagian orang rasanya kurang menggairahkan. Namun, untuk kalian penderita asam lambung tolong diperhatikan.

Riwayat asam lambung memang susah untuk disembuhkan dengan cepat, tapi jika sudah kumat, nafsu dan selera makan pun akan hilang. Asam lambung penyakit sejuta umat, tak ayal jika banyak masyarakat Indonesia yang terkena penyakit ini karena keberaneka ragaman makanan pedas di masing-masih tempatnya.

Jadi untuk penderita asam lambung, jangan makan seblak, bakso, sambal dan rujak dulu ya, pastikan perut kalian tak telat makan dan mulai mengatur makan satu hari 3 kali.

2. Bawang

Foto : Pinterest/Freepik

Untuk kalian yang sering mengeluh asam lambung, perhatikan makanan kalian. Konon katanya bawang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung, karena bisa memicu asam lambung yang naik. Tak hany itu bawang juga diketahui bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Dengan demikian, risiko asam lambung naik menjadi semakin tinggi.

Dalam kandungan bawa ada zat yang bisa memicu dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sering sendawa. Kondisi ini merupakan salah satu gejala maag yang memperburuk kenaikan asam lambung.

Biasanya bawang merah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita sakit lambung, baik bawang mentah ataupun dengan kondisi matang dan sudah di goreng. Bawang memang bisa membuat makanan menjadi lebih harum dan nikmat, tapi jangan salah jika kalian keseringan makan bawang akan mengundang asam lambung kita naik dan kambuh.

3. Kopi dan Kafein

Foto : Pinterest

Untuk pecinta kopi dan teh jika kalian mengidap penyakit asam lambung sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya minuman yang mengandung kafein dapat memicu kambuhnya rasa sakit maag dan asam lambung naik.

Hal ini karena kafein dapat melemahkan otot katup kerongkongan bagian bawah. Selain itu kafein juga dapat menyebabkan terjadinya sekresi asam yang akhirnya menyebabkan peningkatan hormon gastrin.

Hormon tersebut adalah pemicu utama pada minuman kafein yang dapat membuat asam lambung kita menjadi naik dan menurut penelitian dokter jika minuman yang mengandung kafein tidak layak dikonsumsi untuk penderita sakit maag dan asam lambung. Selain akan membuat jantung berdebar, minuman kafein juga dapat merangsang lebih banyak sekresi asam.

Namun tak hanya kopi dan teh saja, pastikan untuk penderita asam lambung sebaiknya sudah tak mengonsumsi minuman bersoda ataupun minuman yang tinggi energinya.

4. Makanan Tinggi Lemak

Foto : Pinterest

Nah makanan yang satu ini mungkin sulit dihindari untuk semua penderita penyakit yang dipantang memakan makanan tinggi lemak. Ya betul, daging memang susah dihindari bagi sejumlah orang karena memiliki gizi yang tinggi dan juga kaya lemak.

Meskipun harganya terbilang tinggi, sejumlah orang masih menyukai daging dan menjadikannya sebagai menu sehari-hari. Namun harus kalian tahu jika daging merupakan salah satu makanan yang tinggi lemak dan dilarang untuk penderita asam lambung ataupun maag kronis.

Tak hanya daging saja susu pun memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, dan itu alasannya dilarang dikonsumsi oleh penderita penyakit maag ataupun asam lambung. Baik susu sapi ataupun susu kambing, keduanya merupakan minuman sehat namun tidak menyehatkan untuk penderita asam lambung.

5.Tomat

Foto : Instagram/liliz_shopping

Jarang banyak yang tahu, jika tomat merupakan salah satu sayur dan buah yang dilarang untuk di konsumsi oleh penderita riwayat sakit maag dan juga asam lambung. Rasanya yang asam, mampu memicu asam lambung naik dan rentan terhadap usus.

Meskipun kaya vitamin, namun tomat sendiri tidak diperbolehkan untuk di nikmati oleh penderita asam lambung. Yang biasanya hobi memakan tomat mentah ataupun sambal tomat sebaiknya mulai saat ini, kalian mengakhiri kebiasaan buruk yang dapat memicu asam lambung naik.

6. Buah Mengandung Citrus

Foto : Pinterest/Georgia Pellegrini

Hati-hati dan harus pintar memilih buah yang aman untuk dikonsumsi penderita sakit lambung. Yang mengandung citrus alias asam yang tinggi tidak dianjurkan kepada penderita maag dan sakit lambung.

Buah jeruk, lemon dan sejenisnya merupakan buah yang sering kita konsumsi sehari-harinya. Namun, kali ini untuk penderita sakit lambung kalian sudah tidak diperbolehkan lagi untuk menikmatinya.

Rasa asam yang pekat, bisa memicu sakit dan nyeri di bagian perut bahkan mengganggu sistem pencernaan pada saat asam lambung kita naik.

Nah itu dia ke-6 makanan dan minuman serta buah yang dilarang untuk di konsumsi orang penderita sakit lambung. Pemicu asam lambung naik, bisa disebabkan banyak hal. Namun faktor utamanya adalah dari makanan.

Tak hanya makanan, gaya hidup sehat juga patut diterapkan bagi penderita asam lambung dan juga penyakit maag karena bisa mengurangi jumlah rasa saat sakit kambuh dan mulai menyerang. Jangan lupa, atur jam makan dengan baik jangan sampai telat dan menunda lapar ya!

Topik Terkait