img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebFilm romantis Jepang yang berhasil menarik perhatian banyak penonton lewat alur ceritanya yang romantis dan menarik. Meskipun Jepang terkenal dengan film anime kartunnya, tapi film bergenre romantis juga tak kalah laris dicari banyak orang.

Kali ini sahabat IntipSeleb bakal kasih tahu rekomendasi film romantis Jepang yang berhasil membuat penonton baper dan nangis. Film berjudul Initiation Love tahun 2017 lalu, merupakan sebuah film romantis Jepang yang banyak dinantikan oleh penggemarnya. Penasaran apa saja judul film yang berhasil bikin nangis penontonnya, berikut IntipSeleb rangkum artikelnya.

1,778 Stories of Me and My Wife (2011)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film romantis Jepang yang diangkat dari sebuah novel fiksi yang berjudul 1,778 Stories of Me and My Wife, merupakan film kaya terbaik dari sutradara Mamoru Hoshi. Film bergenre romantis ini rilis pada 15 Januari 2011 dengan durasi selama 139 menit.

Film ini dibintangi oleh Tsuyoshi Kusanagi dan Yuko Takeuchi sebagai pemeran utamanya. Film yang memiliki alur cerita keren tersebut berhasil mencetak rating sebesar 7/2/10 menurut situs IMDb. Film 1,778 Stories of My and My Wife berkisah tentang seorang penulis andal yang disebut Sakutaro, dan tinggal dengan istrinya Setsuko di sebuah rumah kontrakan dan amat menyukai kehidupan robot-robot.

Film dari Negeri Sakura ini memang tak kalah hebat dari film dan drama Korea Selatan. Film 1,778 Stories of Me and My Wife menggambarkan kehidupan seorang penulis yang memiliki istri tengah sakit keras. Dirinya menulis semua cerita indah dan romantis bersama istrinya itu selama 1.778 hari, namun akhirnya meninggal dunia.

Film yang mengundang air mata penonton tersebut, menyuguhkan banyak inspirasi bagi penonton dalam kehidupan berkeluarga yang sangat sederhana namun penuh akan cinta. Film romansa cinta ini berhasil membawa nama Yuko Takeuchi meraih penghargaan sebagai Best Actress dari ajang Hochi Film Award tahun 2011.

My Tomorrow, Your Yesterday (2016)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film romantis Jepang yang menyuguhkan tema perjalanan kisah cinta yang panjang berjudul My Tomorrow Your Yesteday. Film drama romantis yang dibintangi oleh Sota Fukushi, Nana Komatsu, Masahiro Higashide dan Yuki Yamada ini merupakan karya dari sutradara Takahiro Miki.

Film berdurasi 111 menit tersebut rilis pada 17 Desember 2016 lalu. Film yang menceritakan tentang perbedaan waktu antara pasangan kekasih Takoshi dan Emi yang membuat keduanya selalu melangkah berlawanan dan tak pernah sama. Langkah yang berbeda, membuat masa depan Emi dan Takoshi bersinggungan selama satu bulan dalam 5 tahun sekali.

Dari film My Tomorrow, Your Yesteday kita dapat ambil makna cerita yang sangat baik yaitu dalam sebuah hubungan yang saling berjauhan dan bersinggungan sebaiknya bisa belajar menerima waktu. Dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat keduanya bersama.

Disibukkan dengan sama-sama bekerja, Emi dan Takoshi mengajarkan agar yang namanya pasangan bisa saling membantu dan menyelamatkan masa depan dengan memiliki karier yang bagus untuk kelangsungan hidupnya. Cerita roamantis yang anti-mainstream, dikemas dengan sebaik mungkin dalam adegan dengan pembangunan emosional penonton melalui cerita dunia yang science-fiction.

Film perjalanan kisah cinta yang romantis tersebut berhasil meraih keuntungan sebesar USD1,7 juta dari box office Jepang, dan berhasil mencetak rating sebesar 7.7/10 menurut situs IMDb. Film My Tomorrow, Your Yesterday merupakan salah satu film yang disukai oleh Jaemin NCT, dan kita bisa dibuat menangis saat menontonnya.

Initiation Love (2015)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film romantis Jepang berikutnya yang paling banyak menarik perhatian penonton dan berhasil membuat penontonnya menangis yaitu berjudul Initiation Love. Film bergenre romansa cinta tersebut rilis pada 23 Mei 2015 karya dari sutradara Yukihiko Tsutsumi.

Film ini dibintangi oleh Atsuko Maeda, Shota Matsuda, dan Fumino Kimura sebagai pemeran utamanya. Film berdurasi 110 menit tersebut, berhasil meraup keuntungan sebesar 1,31 miliar yen dari box office di Jepang. Film ini bercerita tentang kisah seorang laki-laki yang memiliki penampilan norak yang dijebak dan diajak kencan buta oleh temannya.

Kisah cinta antara Miyu dan Suzuki tersebut berlangsung singkat. Namun, keduanya sudah sama-sama nyaman dan saling suka satu sama lain dalam 5 hari berkencan. Setelah itu, keduanya harus mengahadapi ujian besar yang mengharuskan mereka untuk berpisah dan berjauhan karena rasa cemburu dan kecurigaan yang menghantui.

Film Initiation Love berhasil diterima baik oleh penontonnya yang begitu antusias menyambut film ini sejak hari pertama tayang. Film romantis Jepang yang dibintangi Shota Matsuda ini berhasil mencetak rating sebesar 7/10 menurut situs IMDb.

The 8 Years Engagement (2017)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film The 8 Years Engagement merupakan film romantis Jepang yang rilis pada 16 Desember 2017. Film berdurasi 119 menit tersebut merupakan karya dari sutradara Takahisa Zeze.

Film yang dibintangi oleh Takeru Sato dan Tao Tsuchiya ini menceritakan sebuah kisah nyata yang menyedihkan, serta mengangkat kisah asmara Hisashi dan Mai yang berhasil membuat baper penonton. Mai dan Hisashi pertama kali bertemu di sebuah pesta dan langsung menimbulkan salah paham yang berujung pertengkaran besar di antara keduanya.

Tak butuh waktu lama untuk Mai dan Hisashi kembali akur. Hisashi langsung membeli cincin untuk melamar Mai dan mengajak untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Film The 8 Years Engagement berhasil menyuguhkan cerita yang pas dan tak berlebihan. Sehingga alur cinta sejati perjalanan cinta Mai dan Hisashi yang telah bertunangan selama 8 tahun berakhir menjadi cinta sejati.

Film bergenre kisah cinta sejati ini berhasil menjual 2 juta tiket dan mendapatkan keuntungan sebesar 2 miliar Yen dari box office Jepang pada Januari 2018. Film The 8 Years Engagement diterima baik oleh jutaan penonton dan berhasil mencetak rating sebesar 6.7/10 menurut situs IMDb.

Your Eyes Tell (2017)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film drama romantis yang berjudul Your Eyes Tell merupakan karya dari sutradara Takahiro Miki. Film ini dibintangi oleh Yuriko Yoshitaka, Ryusei Yokohama, Kyosuke Yabe dan Jun Fubuki rilis pada 23 Oktober 2020.

Film berdurasi 123 menit ini menceritakan tentang sepasang mantan petinju yang memilih untuk meninggalkan mimpinya sejak kecil demi wanita yang ia cintai. Setelah itu Riu menjalani kehidupan yang sangat sederhana dan memilih menjadi seorang buruh serabutan agar dapat bisa menemani kekasihnya yang buta.

Akari Kashiwagi adalah sosok wanita yang Riu cintai. Ia buta karena kecelakaan yang menewaskan kedua orang tuanya. Sosok Akari yang baik, gigih dan perhatian berhasil membuat tembok hati Riu luluh. Sehingga ia jatuh hati dan siap menemani wanita yang ia sayangi itu.

Keberhasilan film Your Eyes Tell yang disambut hangat oleh banyak penonton, berhasil mencetak rating sebesar 7.2/10 menurut situs IMDb.

Film Your Eyes Tell juga ada dalam versi Koreanya yang memiliki cerita serupa namun konflik di dalamnya dibuat berbeda. Dalam film ini kita bisa mengambil makna hubungan terhadap pasangan yang saling mencintai dan menerima tanpa melihat kekurangan, dan siaga dan selalu ada di samping pasangan kita dalam kondisi sesulit apapun.

Topik Terkait