img_title
Foto : Pexels/RODNAE

IntipSelebFilm kungfu menjadi salah satu khas tontonan hiburan dari Asia. Pasalnya, kungfu merupakan subgenre dari film seni bela diri dan sinema aksi Hong Kong berlatar zaman kontemporer.

Di mana film kungfu menampilkan seni bela diri realistik yang menampilkan adegan gaya-gaya laga. Film kungfu tidak memiliki unsur fantasi yang terlihat wuxia, suatu genre seni bela diri terkait yang menggunakan latar sejarah berdasarkan Tiongkok kuno.

Banyak film kungfu yang dimainkan oleh aktor-aktor besar Hong Kong yang legendaris, bahkan berhasil tembus box office. Film kungfu banyak bercampur dengan kisah-kisah kehidupan. Sehingga film kungfu pun menjadi tontonan yang asyik.

Bagi kamu yang sedang mencari film kungfu yang seru untuk melepas penat, maka kamu sudah berada di artikel yang pas. Dari berbagai banyak pilihan film kungfu beserta aktor-aktor terbaik yang memerankannya, jangan bingung dan khawatir.

Karena IntipSeleb akan membantu kamu menemukan tontonan film kungfu terbaik dengan merangkumnya menjadi rekomendasi serta sinopsis. Penasaran? Tunggu apa lagi, yuk langsung aja simak artikel film kungfu terbaik selengkapnya ke bawah bersama IntipSeleb.

Ip Man (2008)

pinterest
Foto : pinterest

Film dengan kungfu terbaik pertama jatuh pada judul Ip Man. Dibintangi oleh aktor laga populer Donnie Yen, Ip Man mengisahkan ahli bela diri yang berkecukupan dari kota Foshan. Kendati Foshan memiliki banyak perguruan bela diri, Ip Man tidak menerima anak didik. Namun, beberapa orang yang ahli dalam bidangnya tersebut memanggilnya lelaki Ip tersebut dengan sebutan master.

Pada Oktober 1937, tentara Jepang yang dikomandoi oleh Jendral Miura sampai ke China dan menjajah kota Foshan. Keluarga Ip Man yang awalnya berada kini berbalik arah dan harus menanggung pahitnya kolonialisme.

Rumah Ip Man pun direbut tentara Jepang dan menjadi markas tentara. Jendral Miura yang menyukai seni bela diri mengadakan turnamen pertarungan. Bagi yang mampu mengalahkan petarung Jepang akan memperoleh hadiah sekantong beras.

Salah seorang ahli bela diri yang merupakan sahabat Ip Man turut mengikuti pertarungan tersebut demi mendapat hadiah. Namun ternyata ia ditembak oleh tentara Jepang hingga mati.

Melihat hal tersebut, Ip Man berang dan bersedia melawan 10 petarung Jepang sekaligus. Ip Man pun mengalahkan mereka semua. Jendral Miura yang terkesan dengan kemampuan Ip Man meminta ahli wing chun ini mengajari orang-orang Jepang.

Tetapi Ip Man menolaknya hingga Jendral Miura pun terpantik amarahnya dan menantang Ip Man bertarung di hadapan masyarakat Foshan. Lantas apakah Ip Man menyetujui pertarungan tersebut?

Iron Monkey (1993)

pinterest
Foto : pinterest

Film Iron Monkey menjadi salah satu genre kunfu yang populer. Diperankan kembali oleh aktor laga ternama Donnie Yen, film ini mengisahkan tentang sesosok Iron Monkey, buronan pemerintah yang dianggap sebagai sosok berbahaya dan melawan hukum pemerintah.

Namun ternyata, sosok Iron Monkey yang tidak diketahui identitasnya tersebut justru mencuri harta orang kaya dan membagikan hasil curiannya kepada rakyat miskin. Hampir serupa dengan Robin Hood, namun Iron Monkey berbeda.

Hingga suatu hari, datanglah seseorang yang jago kungfu dari kawasan Foshan yang bernama Wong Keiying yang sedang melakukan perjalanan.

Naasnya, Wong Keiying diduga sebagai Iron Monkey oleh pemerintahan setempat. Sehingga Wong Keiying ditangkap atas tuduhan sebagai Iron Monkey.

Apakah Wong Keiying dapat bebas dari tuduhan tersebut atau justru malah terjebak? Untuk tahu lebih lengkap keseruannya, kamu bisa banget nonton film ini ya untuk ngisi waktu luang kamu!

Kungfu Hustle (2004)

pinterest
Foto : pinterest

Film bertemakan kungfu selanjutnya jatuh pada judul Kung Fu Hustle yang sudah tak begitu asing lagi di telinga masyarakat. Di perankan oleh Stephen Chow, film ini menjadi salah satu film bertemakan kungfu yang legendaris.

Pasalnya, Kung Fu Hustle merupakan film yang dirilis pada 2004 lalu, disutradarai oleh Stephen Chow dan diproduseri olehnya.

Pada eranya, film yang dihiasi aksi kungfu sekaligus komedi ini menjadi salah satu box office. Film Stephen Chow ini mengisahkan tentang pria bernama Sing (diperankan oleh Stephen Chow) yang memiliki niatan untuk bergabung dengan Deadly Axe Gang (geng kapak merah).

Menurut Sing, dengan bergabungnya ia ke dalam kelompok tersebut akan membuat kehidupannya lebih baik. Sing pun bersama rekannya bernama Bone menggunakan kemampuan jahat mereka untuk menarik perhatian kelompok tersebut.

Berhasil, Sing mendapatkan tugas untuk membunuh seseorang namun gagal. Hingga dirinya diberi tugas lain, di mana ia harus membebaskan The Beast di rumah sakit jiwa. Naas, Sing rupanya membebaskan sosok penjahat yang lebih besar.

Sing pun hancur dan justru ia membahayakan keselamatan banyak orang karena membebaskan penjahat besar tersebut. Akhirnya, Sing belajar kung fu dengan pasangan suami istri yang menguasai bidang tersebut.

Pembelajaran Sing menguasai kungfu karena niatnya yang ingin membalas dendam pada The Beast. Lantas, apakah Sing berhasil melawan The Beast dan menuntaskan dendamnya tersebut?

First of Fury (1972)

pinterest
Foto : pinterest

Salah satu film yang memberi unsur nilai seni kungfu, film berjudul Fist of Fury ini mengisahkan suasana di tahun 1910. Dibintangi oleh aktor kenamaan laga, Bruce Lee, film ini mengisahkan sosok Chen Zhen (diperankan oleh Bruce Lee) yang kembali ke sekolahnya yang berada di Shanghai bernama Zingwu, untuk menikahi tunangannya.

Namun ternyata, sekolahnya sudah dikuasai oleh orang Jepang hingga salah satu guru yang ia cari menghilang. Diduga selama ia sakit, justru guru tersebut selama ini telah dibunuh. Chen Zen pun berupaya mencari tahu dalang penyebab kematian sang guru.

Apakah kira-kira Chen Zen berhasil menemukan dalang dari meninggalnya sang guru tersebut? Atau justru dia dihadapkan dengan lawan yang lebih besar dari dugaannya?

The Legend of the Drunken Master (1994)

pinterest
Foto : pinterest

Dibintangi oleh aktor kenamaan laga lainnya yaitu Jackie Chan, film ini mengisahkan tentang seorang ahli Kung fu dari China bernama Wong Fei Hung.

Wong Fei Hung baru saja kembali dari perjalanannya bersama sang ayah untuk mencari rempah-rempah. Rempah tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pengobatan di kala itu. Baik untuk dirinya sendiri maupun warga setempat.

Namun, rempah-rempah yang dicari bukanlah sembarangan. Karena, lokasi titik rempah tersebut cukup sulit dijangkau dan tidak berada di kawasan yang umum. Sehingga rempahan tersebut berupa sesuatu yang langka.

Hingga suatu hari dirinya pun pergi melakukan perjalanan dengan sang ayah membawa rempah-rempah langka tersebut. Sayangnya, di tengah perjalanan, terdapat pemeriksaan mengenai rempah-rempah.

Panik, Wong Fei Hung pun tidak bisa menyembunyikan rempah-rempah yang ia bawa bersama ayahnya. Sehingga terjadi penyitaan terhadap rempah langka tersebut. Tak terima, Wong Fei Hung pun memberontak agar rempah-rempah tersebut kembali ke tangannya. Lantas, apakah berhasil?

Itulah deretan film seru yang memiliki nilai seni di dalamnya seperti kungfu. Dibintangi aktor-aktor kenamaan, tentunya film tersebut menjadi legenda.

Topik Terkait