img_title
Foto : Toei Animation

IntipSelebApa itu anime? Anda mungkin sering kali mendengar istilah ‘anime’ namun mungkin bagi sebagian orang yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan anime. Anime merupakan sebuah animasi khas Jepang yang digambar secara tradisional menggunakan tangan maupun secara digital kemudian digerakkan hingga menjadi seperti sebuah film atau serial.

Kata anime sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yakni ‘Animation’ yang berarti film bergerak yang berasal dari buatan tangan. Kata animation kemudian diserap ke bahasa Jepang menjadi anime.

Banyak juga sebagian orang yang salah dalam membaca kata anime, banyak yang menyebutnya dengan ‘a-nim’, padahal cara melafalkan yang benar adalah ‘a-ni-me’.

Anime biasanya memiliki ciri khas gambar yang berwarna-warni. Dan yang paling mencolok adalah tipe gambar mata para karakter anime biasanya memiliki mata yang besar serta warna rambut yang beraneka ragam bentuk dan warnanya.

Biasanya anime juga diproduksi berdasarkan karya manga yang populer. Lantas apakah manga dan anime sama? Tentu memiliki perbedaan. Istilah manga berasal dari kata asli dalam bahasa Jepang yang terdiri dari dua suku kata, yakni ‘man’ yang berarti acak, dan ‘ga’ yang bermakna gambar.

Manga sebenarnya ditujukan untuk media cetak yang hanya berisi gambar dan tulisan, kurang lebih seperti komik atau novel grafis. Banyak manga yang populer kemudian diadaptasi menjadi sebuah anime. Dan tak jarang juga jika anime tersebut laris manis dipasaran dan sering kali para karakternya dijadikan cosplay di event-event Jepang.

Cosplay sendiri merupakan kegiatan seseorang yang kemudian disebut sebagai Cosplayer yang memakai kostum dan berdandan persis seperti para karakter yang ada di manga atau anime.

Setelah mengetahui apa itu anime, tentunya anda ingin mengetahui lebih dalam lagi bukan? Simak ulasan berikut ini yang akan membahas mengenai apa itu anime genre dan contoh anime berdasarkan genrenya.

Genre anime

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Genre merupakan istilah serapan untuk ragam, yakni berupa pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai untuk bentuk tersebut.

Masuk dalam bagian film, tentunya anime memiliki banyak genre yang berbeda-beda. Setelah mengetahui penjelasan genre, maka anda juga perlu mengetahui genre-genre apa saja dalam anime. Penasaran? Simak berikut ini.

1. Action

Pinterest
Foto : Pinterest

Apa itu anime action? Anime action merupakan sebuah genre anime yang biasanya tergolong dari para remaja yang menyukai aksi, mulai dari konflik bersenjata, adegan babak belur, adegan perang secara berkelompok. Genre anime yang satu ini banyak disukai oleh para laki-laki yang tentunya menyukai adegan bertarung atau laga yang menegangkan.

Salah satu anime yang memiliki genre action adalah Shingeki no Kyoujin atau dalam bahasa Inggris yakni Attack on Titan. Anime ini sempat ramai diperbincangkan menjelang season terakhirnya.

Attack on Titan menceritakan tentang umat manusia yang dibantai sejak berabad-abad yang lalu hingga hampir punah oleh makhluk mengerikan pemakan manusia yang disebut Titan (yakni raksasa berukuran puluhan meter). Hal ini memaksa manusia untuk bersembunyi dan diam dalam ketakutan di balik tembok konsentris yang sangat tinggi dan besar.

2. Comedy

IMDb
Foto : IMDb

Apa itu anime comedy? Anime comedy merupakan genre anime yang tentunya berhubungan dengan hal yang lucu, menyenangkan, dan tentunya dapat menghibur penonton dengan lawakan yang disajikan dalam anime tersebut. Salah satu jenis anime comedy ada One Punch Man.

One Punch Man menceritakan tentang Saitama, seorang pahlawan super yang dapat mengalahkan lawan dengan satu pukulan tetapi berusaha untuk menemukan lawan yang layak setelah bosan dengan kurangnya tantangan karena kekuatannya yang luar biasa.

3. Fantasy

Pinterest
Foto : Pinterest

Apa itu anime fantasy? Anime fantasy merupakan genre anime yang biasanya menceritakan kehidupan manusia yang dikelilingi sihir, mahluk astral, dan yang intinya tidak bisa ditemui di dunia nyata. Biasanya para karakter di genre fantasy akan memiliki parner seperti Naga atau bahkan kemampuan untuk terbang. Salah satu anime bergenre fantasy adalah Noragami.

Noragami menceritakan tentang Hiyori Iki yang tertabrak sebuah bus saat hendak menyelamatkan nyawa seseorang yang mengenakan jaket olahraga bernama Yato. Insiden ini mengubah dirinya menjadi setengah-hantu. Namun kemudian, Hyori baru mengetahui bahwa bahwa Yato adalah dewa.

4. Game

Pinterest
Foto : Pinterest

Apa itu anime game? Tentunya anime yang menceritakan tentang para karakternya yang hidup dengan memiliki kebiasan bermain game atau gamers, atau bahkan menceritakan kisah para karakter ketika sedang bermain di dalam game. Genre yang satu ini juga cukup digemari oleh banyak orang.

Salah satu anime bergenre game adalah Sword Art Online. Anime ini menceritakan tentang sebuah game online canggih di masa depan, di mana para pemainnya harus mengenakan sebuah helm bernama NerveGear. Helm tersebut mampu menstimulasi otak penggunanya, sehingga mereka bisa masuk dan merasakan langsung bagaimana dunia virtual dari game yang mereka mainkan.

Namun di hari pertama launching game-nya, sebuah insiden yang mengerikan terjadi. Sang developer, Kayaba Akihiko mengumumkan jika para pemain tak bisa logout dari game-nya dengan cara apapun.

Artinya, mereka terjebak di dalam game dan tubuh asli mereka di dunia nyata juga tak bisa digerakkan. Parahnya lagi, jika karakter mereka di dalam game mati, maka tubuh asli mereka di dunia nyata juga bakal ikutan mati.

5. Horor

Pinterest
Foto : Pinterest

Apa itu anime horror? Anime horror merupakan genre anime yang memperlihatkan penampakan atau momen kejutan (jumpscare) yang mungkin akan membuat kamu langsung berteriak Histeris. Biasanya dalam genre ini akan berkisah tentang kengerian seseorang yang seperti sedang berada di alam lain.

Bahkan di beberapa kasus akan menampilkan adegan yang berdarah-darah. Salah satu anime horror adalah Blood C. Blood-C berkisah tentang gadis bernama Saya Kisaragi yang tinggal di kuil bersama ayahnya. Ia merupakan seorang pelajar dengan kepintaran yang baik dan menguasai beladiri pedang.

Di siang hari, Kisaragi merupakan gadis sekolah biasa namun di malam hari ia merupakan seorang pemburu monster menakutkan yang menyerang desanya di malam hari.

6. Romance

Pinterest
Foto : Pinterest

Apa itu anime romance? Sesuai dengan namanya, biasanya pada genre ini mengisahkan tentang kisah percintaan di Sekolah, atau pun kisah percintaan yang tentunya akan dibalut dengan bumbu-bumbu drama. Tentunya genre ini banyak disukai oleh para pecinta anime karena alur ceritanya yang menguras emosi.

Anda bisa dibuat senang, sedihharu, tertawa, hingga gemas melihat karakter para anime tersebut. Salah satu anime bergenre romance adalah Shigatsu wa Kimi no Uso, anime ini bercerita tentang seorang pianis muda andal bernama Kousei Arima.

Namun, sejak kematian ibunya, dia tidak lagi tertarik untuk main piano, bahkan terkesan menjauhinya. Namun pada akhirnya, ia bertemu dengan seorang gadis pemain biola bernama Kaori Miyazono yang kemudian menuntunnya kembali untuk bermain piano.

Setelah mengetahui tentang anime dan juga genrenya semoga anda bisa mendapatkan informasi dan jadi lebih paham tentang anime ke depannya. (bbi)

Topik Terkait