img_title
Foto : Instagram/mr.andylau

IntipSeleb – Andy Lau belum lama ini membintangi iklan untuk produsen mobil mewah asal Jerman, yaitu Audi. Namun, iklan tersebut ternyata menuai masalah karena dituduh memiliki unsur plagiat.

Tuduhan tersebut lantas membuat Andy Lau dan Audi mendapat kecaman dari warganet. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Tuduhan Plagiat dari Seorang Influenser

Twitter/IFENG__Official
Foto : Twitter/IFENG__Official

Seorang influenser asal China yang dikenal dengan nama Beida Mange mengunggah sebuah video yang mengklaim bahwa iklan terbaru Audi yang dibintangi Andy Lau memplagiat karya miliknya. Melansir 8 Days, sang influenser menunjukkan perbandingan antara video ciptaannya yang dibuat pada Mei 2021 lalu dengan iklan terbaru Audi.

Dalam video perbandingan itu, Andy Lau mengucapkan puisi yang diklaim oleh Beida Mange sebagai hasil ciptaannya. Ia juga mengatakan jika konsep yang diusung iklan tersebut benar-benar mirip dengan konten video yang diciptakannya.

Beida Mange juga mengekspresikan rasa kecewanya karena menurutnya, iklan tersebut bahkan meniru kata per kata yang diciptakannya dalam konten pada 2021 lalu.

“Aku telah berkali-kali diplagiat oleh pihak lain sebelumnya. Tapi aku tak pernah melihat video seperti ini, di mana dari awal sampai akhir mereka benar-benar meniru konten buatanku secara kata per kata,” ungkap Beida Mange, dikutip dari 8 Days pada Senin, 23 Mei 2022.

“Aku percaya Tuan Lau yang sangat dihormati itu tak akan mendatangi videoku hanya untuk sengaja menirunya hingga kata per kata seperti itu. Jadi untuk siapapun yang punya ide itu, sebaiknya menunjukkan diri dan memberi penjelasan,” sambung sang influenser yang memiliki hampir 4 juta follower itu.

Andy Lau dan Audi Minta Maaf

Twitter/IFENG__Official
Foto : Twitter/IFENG__Official

Tuduhan tersebut kemudian ramai dibicarakan netizen, hingga membuat kata Audi, Andy Lau, dan Beida Mange trending di situs Weibo. Ramainya pembicaraan netizen membuat agensi M&C Saatchi selaku pembuat iklan tersebut akhirnya angkat suara.

Mereka mengaku jika iklan tersebut memang terinspirasi dari video ciptaan Beida Mange, dan mereka belum berkomunikasi sama sekali dengan sang influenser saat membuat iklan tersebut.

Pihak Audi juga mengeluarkan pernyataan maaf mereka kepada Beida Mange atas pelanggaran copywriting, dan menyebut insiden ini sebagai kurangnya supervisi dan kelalaian dalam pemeriksaan.

Tak ketinggalan, Andy Lau selaku bintang iklan juga menyampaikan pernyataan maafnya. Ia menegaskan jika dirinya sangat menghargai originalitas sebuah karya.

“Aku seratus persen sangat menghargai keaslian karya seseorang. Oleh karenanya aku benar-benar minta maaf atas masalah yang timbul karena proses kreatif yang dilakukan oleh tim periklanan dan atas gangguan yang dirasakan Beida Mange,” kata Andy Lau. (bbi)

Berita Terkait
Topik Terkait