X
  • Aktor Hong Kong

IntipSeleb – Virus corona yang mewabah sejak Desember 2019 lalu, saat ini menjadi ancaman dunia. Tidak sedikit negara-negara melarang warga China, yang merupakan daerah asal virus tersebut masuk ke negara mereka.

Dikutip dari VIVA pada 4 Februari 2020, korban tewas virus corona di China kini telah meningkat menjadi 425 orang, dengan peningkatan jumlah orang yang positif terinfeksi yakni 3.235 kasus baru.

Dengan bertambahnya jumlah orang yang terjangkit virus corona, berarti total keseluruhan pasien terinfeksi di China mencapai lebih dari 20.400, berdasarkan angka yang sebelumnya dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Pukulan bagi industri hiburan Hong Kong

Sumber foto: Jaynestars

Tidak hanya melumpuhkan sektor ekonomi maupun pemerintahan, virus ini juga berdampak pada industri hiburan China dan Hong Kong yang mengalami penundaan. Dilansir dari Jaynestars, 4 Februari 2020, The National Radio and Television Administration (NRTA) sebelumnya telah mengeluarkan pemberitahuan resmi pada semua perusahaan produksi film dan televisi untuk menghentikan semua pekerjaan di China.

Hal ini pun menunda beberapa proyek film Hong Kong yang sudah dijadwalkan untuk syuting. Sehingga para pembuat film pun mengalami kerugian yang bernilai cukup fantastis. Padahal baru Juni 2019 lalu, ekonomi Hong Kong dipengaruhi oleh demo besar-besaran yang berakhir dengan kekerasan. 

Sebagai Presiden untuk Persatuan Artis Pertunjukan Hong Kong, Louis Koo memahami betul kesulitan yang dialami artis maupun para kru. Dia saat ini tengah berdiskusi dengan anggota Federasi Pembuat Film Hong Kong untuk melihat rencana apa yang bisa diambil untuk melewati masa sulit ini.

Sementara itu, aktor yang juga pembuat film dari Federasi Pembuat Film Hong Kong, Tin Kai Man mengungkapkan kalau komite telah memiliki solusi dan berbagai rencana untuk perusahaan hiburan. Dia berharap bisa berdiskusi dengan pemerintah untuk membantu mereka yang membutuhkan khususnya bagi orang-orang yang bekerja di balik layar produksi.

Baca juga: Vanguard Film Jackie Chan Batal Tayang Imlek 2020 Akibat Virus Corona

Banyak film tertunda

Sumber foto: Straits Times

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa produksi film ditunda pengerjaannya salah satunya film Donnie Yen berjudul Polar Rescue. Seharusnya produksi dilanjutkan setelah liburan tahun baru Imlek, tapi sayangnya proses syuting ditunda dan akan kembali dilakukan pada November 2020 mendatang.

Tidak hanya itu, sejumlah film yang diprediksi bakal menjadi box office dan meraih keuntungan fantastis dalam waktu singkat seperti film Vanguard yang dibintangi Jackie Chan dan The Rescue yang dibintangi Eddie Feng, juga ditunda perilisannya. Bersama beberapa film lainnya, seharusnya Vanguard dan The Rescue dijadwalkan rilis bertepatan dengan tahun baru Imlek, 25 Januari 2020.

Selain itu, Andy Lau, Karen Mok dan Chilam Cheung juga membatalkan konser mereka yang telah direncanakan sebelumnya di Hong Kong Coliseum. Andy tidak punya pilihan lain selain membatalkan penampilannya serta persinggahannya di Wuhan karena virus corona ini.

Baca juga: Virus Corona Meluas, Film Donnie Yen Bakal Ditonton Streaming