X
  • Jackie Chan

IntipSeleb – Jackie Chan membuktikan ucapannya yang bersedia melakukan apapun selama masih dalam kekuasaannya untuk membantu memerangi virus corona yang mewabah di China sejak Desember 2019 lalu.

Setelah memberi bantuan dana serta penyemangat untuk para korban dan petugas medis, Jackie Chan kini mengadakan sayembara berhadiah fantastis bagi pengembang yang mampu menangkal virus yang berasal dari Wuhan itu.

Diumumkan Jackie Chan di media sosial

Sumber foto: Straits Times

Dilansir dari Straits Times, 6 Februari 2020, sayembara ini diumumkan Jackie Chan lewat media sosial, Weibo-nya pada Selasa, 4 Februari 2020. Dalam postingannya, aktor laga 65 tahun itu berharap bisa melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah ini.

Dia pun menyadari jika virus tersebut bisa diatasi dengan sains dan teknologi. Jackie Chan lantas menawarkan hadiah 1 juta yuan atau sekitar Rp1,9 miliar bagi siapapun, baik individu maupun organisasi yang bisa mengembangkan penawar atau vaksin penangkal virus tersebut.

"Sains dan teknologi adalah kunci untuk mengatasi virus, dan saya percaya banyak orang memiliki pemikiran yang sama seperti saya dan berharap bahwa penangkal virus itu dapat dikembangkan sesegera mungkin," tulis Jackie.

"Saya punya ide 'naif' sekarang. Tidak peduli individu atau organisasi mana yang mengembangkan penawarnya, saya ingin berterima kasih kepada mereka dengan 1 juta yuan," sambungnya.

Berharap idenya tidak menimbulkan salah paham

Jackie Chan

Jackie Chan lantas meminta publik tidak salah paham dengan idenya tersebut. Menurutnya, hal ini dilakukan bukan untuk uang. Dia hanya tidak mau banyak nyawa melayang sia-sia karena virus yang menyerang pernapasan ini.

"Ini bukan tentang uang. Saya hanya tidak ingin melihat jalanan yang dulu ramai sekarang kosong, dan tidak ingin melihat rekan-rekan saya yang memerangi virus ini sampai beberapa dari mereka mati, disaat mereka seharusnya menikmati hidup," tandas Jackie Chan.

Postingan Jackie Chan itu menuai respon positif publik. Pada Rabu sore, unggahan itu sudah disukai lebih dari 53.000 orang dengan banyak netizen yang menunjukan dukungan dan memuji sikap Jackie Chan yang selalu memperlihatkan sisi mulianya selama masa krisis di China.

Sejauh ini, sudah ada lebih dari 24.300 kasus virus corona yang dikonfirmasi terjadi dimana jumlah kematian meningkat menjadi lebih dari 500 orang.

Jackie Chan sendiri mengalami kerugian akibat virus corona ini, dimana film yang dibintanginya Vanguard, menjadi salah satu film yang harus ditunda perilisannya di menit-menit terakhir, untuk menghindari penyebaran virus corona di bioskop.

Baca juga: Cara Jackie Chan Ajak Warga China Perangi Virus Corona