img_title
Foto : Movies.ndtv

IntipSeleb – Terjadi kerusuhan di Delhi, India yang ditenggarai konflik Hindu-Muslim. Setidaknya 33 orang tewas dan 200 orang lainnya terluka karena kerusuhan ini.

Dikutip dari VIVAnews, kerusuhan itu kabarnya merupakan bentrok terbaru menentang Undang-Undang Kewarganegaraan yang pada Desember 2019 lalu telah memicu demonstrasi berkepanjangan dan kerusuhan. India sendiri memiliki UU Kewarganegaraan yang memudahkan pemeluk agama minoritas dari negara tetangga seperti Bangladesh, Afghanistan dan Pakistan untuk mendapatkan kewarganegaraan India. Namun hal ini tidak berlaku bagi imigran muslim.

Isu perselisihan antara agama Hindu dan Islam di India sudah lama terjadi. Perbedaan ini, banyak diangkat ke dalam produksi layar lebar. Seperti 5 film India berikut ini yang dilansir dari movies.ndtv.

Bombay (1995)

Film klasik garapan Mani Ratnam yang dirilis tahun 1995 ini membawa penonton dengan kenyataan persatuan antara Hindu dan Muslim. Film tersebut menggambarkan kesusahan yang dihadapi selama kerusuhan. Tapi kedua pemeran utamanya diceritakan berhasil membuktikan bahwa cinta lah yang menang.

Veer-Zaara (2004)

Topik Terkait