IntipSeleb – Di Bangkok Asean Film Festival yang digelar Juli 2019, film asal Vietnam berjudul The Third Wife mendapat penghargaan Special Mention, dengan penilaian atas pengerjaannya yang sangat teliti, akting yang kuat dan pengarahan yang meyakinkan. 

Meski diterima dengan sangat baik di luar negeri, termasuk juga mendapat penghargaan Toronto International Film Festival tahun 2018, film ini menghadapi masalah di negaranya sendiri, yang memaksa film ini turun layar di akhir Mei. 

The Third Wife, film dengan latar pedesaan di Vietnam pada abad ke 19, menceritakan kisah seorang gadis muda yang menjadi istri ketiga tuan tanah kaya raya. Ada adegan seks dan bagian yang menunjukkan melahirkan anak.

Kontroversi adegan seks diperankan artis 13 tahun

Sumber: Hollywood Reporter

Penonton di Vietnam dibuat terkejut saat tahu karakter gadis muda dalam cerita tersebut diperankan oleh Nguyen Phuang Tra My, yang baru berusia 13 tahun saat syuting. Publik lantas menganggap sutradara Ash Mayfair jahanam atas keputusannya memilih artis yang baru berusia 13 tahun. 

VnExpress, situs portal pakar perlindungan anak mengatakan bahwa adegan seks bisa memberi dampak psikologis pada artis muda. Namun Mayfair selaku sutradara mengatakan pada Hollywood Reporter bahwa dia tidak salah dan tidak melanggar hukum. 

"Kita tidak melakukan apapun yang salah dan melanggar hukum. Mereka tidak bisa menyerang kami berdasar hukum. Makanya mereka menyerang si ibu dari aktris kami, dan mempublikasikan data pribadinya secara online dan mengatakan bahwa dia telah menjual putrinya demi uang," tutur Mayfair seperti dilansir dari Straits Times.

Tapi Mayfair mengatakan bahwa dirinya menerima kritik dan debat terkait filmnya apapun itu. "Kita bicara tentang hak perempuan dan kita sangat kritis tentang tradisi patriarki yang telah ada selama berabad-abad."

Jadi perhatian masyarakat hingga pemerintah Vietnam

Sumber foto: www.screendaily.com

Menurut media lokal Vietnam, rumah produksi Ba Sac Cau Vong menarik The Third Wife dari bioskop pada Selasa, 21 Mei 2019 setelah meminta izin dari Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata. Kementerian meminta reklasifikasi dari film. 

Keputusan untuk menarik film yang baru rilis Jumat sebelumnya dengan rating usia 18 tahun ini lantaran kritik yang semakin berkembang secara online. Terlebih pada keluarga Tra My yang memberi izin artis muda itu ambil bagian dalam film bertema dewasa dan beradegan intim dengan aktor pria yang lebih tua.

Pihak berwenang di Vietnam mengatakan bahwa penundaan penayangan juga untuk melindungi My dan keluarganya dari kritik yang muncul di sosial media.  

Sebelum My dipilih, kabarnya sutradara telah mengaudisi lebih dari 900 kandidat. My yang saat ini baru berusia 15 tahun diberitahukan untuk meyakinkankan orang tuanya bahwa dia bisa berperan. Sayang sekali film tersebut harus dilarang tayang di negara asalnya sendiri.