img_title
Foto : Indiatoday.in

IntipSeleb AsiaGempa bumi besar berkekuatan 7,8 SR diikuti oleh dua gempa kuat lainnya yang menghancurkan sebagian besar wilayah Turki dan Suriah terjadi pada Senin pagi waktu setempat. Gempa itu melanda pada kedalaman 18 kilometer dan berpusat di Turki selatan, dekat perbatasan utara Suriah, menurut Survei Geologi AS.

Gempa tersebut, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras di tenggara Turki, membuat penduduk Damaskus dan Beirut bergegas ke jalan dan dirasakan hingga Kairo.

Mengapa gempa Turki menjadi begitu mematikan?

Gempa tersebut terjadi di dekat daerah padat penduduk. Pusat gempa berada di dekat Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi di Turki. Daerah yang terkena dampak juga rumah bagi bangunan yang rentan. Video yang dibagikan di Twitter menunjukkan pemandangan kehancuran setelah gempa.

Dilansir dari India Today, karena daerah tersebut tidak terkena gempa besar selama lebih dari satu abad, kesiapannya rendah dan begitu pula integritas struktural bangunan bertingkat tinggi. Para pejabat melaporkan ribuan bangunan runtuh setelah gempa. Itu termasuk runtuhnya gedung, di mana lantai atas sebuah bangunan jatuh langsung ke lantai bawah.

Topik Terkait