img_title
Foto : Instagram/@syedsaddiq

Malaysia – Anggota parlemen Malaysia, sekaligus eks Menteri Pemuda dan Olahraga Muar Syed Saddiq Syed Abdul Rahman atau Syed Saddiq dulu dipuji-puji karena sosoknya yang masih muda dan tampan. Namun kini dirinya justru menghadapi divonis 7 tahun penjara dan 2 hukuman cambut atas kasus pidana yang melibatkan korupsi, penyelewengan properti, dan pencucian uang.

Kasus apa yang membuat Syed Saddiq sampai mendapatkan vonis yang begitu berat? Yuk intip penjelasan di bawah ini.

Kasus Syed Saddiq

Instagram/ @syedsaddiq
Foto : Instagram/ @syedsaddiq

Dalam kasus pertama, Saddiq dihukum tiga tahun penjara dan satu kali cambuk dengan denda RM10 juta (Rp33,1 miliar) terkait dugaan pelanggaran kepercayaan (CBT) dalam pengelolaan dana Pemuda Bersatu (Armada) sebesar RM1 juta (Rp3,3 miliar).

Sementara pada kasus kedua, terancam dua tahun penjara dan satu cambuk, Saddiq dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan harta benda sebesar RM120.000 (Rp397 juta) dari rekening Maybank Islamic Bhd milik Armada Bumi Bersatu Enterprise. Kasus ketiga melibatkan dua tahun penjara dan denda RM5 juta (Rp16,5 miliar) atas tuduhan pencucian uang.

Pengadilan memutuskan bahwa semua hukuman tersebut akan dijalani secara bersamaan, menjadikan masa tahanan Saddiq selama 7 tahun dan dua kali hukuman cambuk. Meski demikian, permohonan penundaan eksekusi diajukan sambil menunggu proses banding di Pengadilan Banding.

Topik Terkait