• Frozen 2

IntipSeleb – Sekuel film animasi Frozen (2013) dari Walt Disney Animation Studio ini termasuk satu diantara sejumlah judul film paling dinantikan tahun ini. Film yang umumnya ditonton dan disukai anak-anak ini ternyata mendapat rating PG (Parental Guide) dari MPAA (Motion Picture Association of America). Tak hanya Frozen II, ternyata Frozen (2013) pun mendapatkan rating yang sama.

Dengan rating ini maka penonton anak-anak harus didampingi orangtua. Berbeda dengan tontonan rating G atau semua umur.

Frozen II berlatar cerita tiga tahun setelah kejadian dari film pertamanya. Elsa mulai mendengar suara aneh dari utara yang memanggilnya. Bersama dengan Anna, Kristoff, Olaf dan Sven mereka memulai perjalanan ke tempat asal Arandelle untuk mengungkap asal musal kekuatan yang dimiliki Elsa sekaligus menyelamatkan kerajaan mereka. Sekilas kisah ini sederhana dan sesuai dengan anak-anak, tapi nyatanya oleh MPAA diberikan rating PG. 

Alasan MPAA memberikan rating PG

sumber:Disney

Frozen II diberikan rating PG oleh MPAA, hal ini seperti diketahui dari laman Box Office Mojo. Diberikannya rating PG ini lantaran adanya gerakan atau bahaya dan beberapa elemen tematik. Ini rasanya sudah disadari sebelumnya, mengingat film Frozen sebelumnya juga menerima rating yang sama di tahun 2013. Meski saat itu banyak juga yang berpendapat bahwa Frozen bisa saja mendapat rating G (penonton umum atau semua umur). 

Di Frozen pertama Elsa diceritakan ketakutan dengan kekuatan besar yang dimilikinya bisa membahayakan dunia. Sementara di film sekual yang tayang November nanti, Elza akan mencari tahu darimana kekuatan ajaibnya ini berasal. 

Baca Juga: Setelah Let It Go Soundtrack Frozen 2 Gak Kalah Spektakuler

Film animasi seringkali mendapat rating PG

sumber:AV Club

Sejauh ini Toy Story 4, Abominable yang mendapat rating G di tahun 2019. Sementara film animasi How to Train Your Dragon: The Hidden World (2019), The Addams Family (2019) mendapat rating PG. 

Sebagai informasi, rating PG biasanya memang bisa ditonton oleh semua umur, hanya saja ada beberapa adegan yang tidak cocok untuk anak-anak muda. Anak dengan usia tertentu (biasanya delapan tahun ke bawah) sangat mungkin menonton film dengan label rating ini, tapi dengan diberikannya label PG diharapkan orang tua sudah diberitahu lebih dahulu bahwa dalam film tersebut bisa membuat anak marah atau lebih sensitif. 

Sebuah film akan diberikan rating PG, meskipun itu animasi jika mengandung unsur tema yang dewasa seperti rasis, bully, kekerasan di rumah, kejahatan. Selain itu juga adanya bahasa-bahasa tertentu yang dianggap sedikit kasar, perilaku yang berbahaya, senjata, adegan yang menakutkan, kekerasan, ancaman, tapi untuk hal terakhir ini jika ada dalam film komedi, fantasi atau sejarah bisa sedikit dilonggarkan aturannya. 

Nah bagaimana nanti di Indonesia, apakah film Frozen II juga akan mendapat rating PG atau SU, kita lihat saja nanti. Film Frozen sendiri dijadwalkan tayang di akhir November 2019.