img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebFilm Iron Man menjadi salah satu karakter Marvel yang paling diingat oleh banyak orang. Hampir semuanya mengenal robot satu ini.

Sedikit mengingat sinopsis mengenai film Iron Man. Iron Man menjadi robot bersenjata ciptaan Tony Stark. Di mana pemeran Tony Stark merupakan Robert Downey Jr yang kini amat sangat melekat dengan perannya tersebut.

Dalam Iron Man diceritakan bahwa Tony Stark merupakan sosok pria kaya raya nan playboy, memiliki perusahaan besar bernama Stark International, juga produsen senjata internasional. Tony Stark memang penemu jenius, sehingga tak heran bila karirnya begitu melesat.

Hingga suatu hari ia melakukan perjalanan bisnis ke Afghanistan untuk memperkenalkan senjata mematikan rancangannya yang bernama ‘Jericho’. Namun perjalanan tersebut diintervensi oleh sekawanan kelompok teroris yang mengakibatkan tubuh Tony Stark terluka hebat. Dirinya diculik oleh kelompok tersebut.

Di tempat ia diculik, ia diselamatkan oleh Dr.Yinsen dengan cara menanam benda elektromagnetik di dadanya agar pecahan peluru tidak menembus hati dan membunuhnya. Teroris tersebut memberikan penawaran bahwa ia akan membebaskannya jika Tony Stark bersedia membuat rudal ‘Jericho’ untuk mereka.

Tony Stark setuju. Namun, alih-alih membuat rudal, justru memanipulasi kelompok teroris tersebut dengan membuat prototype baju besi yang akan dipakai Stark untuk keluar dari kamp ini.

Ia berhasil keluar dan menghancurkan kamp teroris tersebut, namun ia hanya berhasil sampai di padang gurun dan ia diselamatkan oleh Rhodes. Sesampainya di kediamannya, ia memutuskan untuk tidak memproduksi senjata lagi. Ia mulai fokus membuat versi baru prototype baju besi yang ia buat di Afghanistan.

Akhirnya ia pun menciptakan Iron Man sebagai senjata berjalan dan menjadi pahlawan super, dengan risiko penggunaan magnet di jantung untuk selamanya.

Tentu dengan pengemasan pahlawan super, dengan kehidupan sehari-hari sebagai pebisnis dan menciptakan teknologi baru, membuat Iron Man memiliki ciri khas sendiri. Sehingga peluncuran film Iron Man kala itu menuai kesuksesan. Tak heran bila film Iron Man sangat melekat di hati para penggemar cerita marvel.

Sukses dengan film Iron Man 1, 2, dan 3, Iron Man menjadi salah satu karakter penting dalam mendirikan Avengers. Maka sedikitnya, IntipSeleb akan merangkum fakta-fakta mengenai film Iron Man dengan melansir berbagai sumber. Mau tahu kira-kira seperti apa saja fakta di balik film Iron Man? Penasaran? Yuk langsung aja kepoin bersama IntipSeleb.

Membutuhkan Waktu Bertahun-Tahun Untuk Membangun Karakter Iron Man

Fakta film Iron Man pertama tentunya berawal dari penciptaan karakter. Menjadi film pertama yang dirilis oleh Marcel Cinematic Universe, tentunya membuat pengembangan karakter film Iron Man ini membutuhkan waktu yang lama.

Setelah karakter Iron Man telah matang untuk digarap, tentunya tak semudah itu untuk pembuatannya. Pasalnya, karakter ini awalnya ditolak oleh New Line, Bob Shaye. Karena dirinya berpendapat bahwa tidak masuk akal bahwa setelan baja berat bisa membuat seorang pria terbang dan skeptis terhadap potensi box office karakter tersebut.

Eksekutif Marvel percaya bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan karakter tersebut ketika mereka meluncurkan rencana studio baru mereka. Akhirnya Marvel mulai mengembangkan pandangan mereka sendiri tentang apa yang akan menjadi Iron Man .

Film Marvel Cinematic Universe Pertama Karena Anak-Anak

Salah satu tujuan utama Marvel mendirikan studio filmnya sendiri adalah untuk menjual mainan berdasarkan karakternya. Ternyata, penjualan barang-barang dengan karakternya meraih hasil penjualan yang bagus.

Sebelumnya, rencana awal Marvel adalah memproduksi film Captain America. Tetapi pada saat Marvel mendapatkan hak untuk Iron Man dan Hulk. Sehingga tim pun memiliki banyak pilihan di antara tiga tersebut.

Tom Cruise Pernah Mendapatkan Tawaran Menjadi Iron Man

Sebelum Robert Downey Jr. mengenakan setelan terkenal dari Armored Avenger, beberapa bintang lain bersaing untuk peran tersebut. Yang paling terkenal adalah Tom Cruise, yang tertarik pada Tony Stark ketika proyek itu masih di New Line.

Pesaing lain dari masa sebelum Marvel Studios adalah Nicolas Cage (penggemar komik seumur hidup yang hampir memerankan Superman untuk Tim Burton pada 1990-an).

Lalu akhirnya Marvel Sudio mempertimbangkan Colin Farrell dan Patrick Dempsey untuk peran tersebut, tetapi sutradara Jon Favreau dan produser Kevin Feige percaya Robert Downey Jr. adalah orang yang tepat untuk peran tersebut.

Robert Downey Jr akhirnya mendapatkan peran sebagai Iron Man. Tetapi Jon Favreau memiliki ide cadangan jika pilihan pertamanya gagal. Di mana pemain cadangan tersebut adalah Sam Rockwell, yang kemudian bermain sebagai sesama industrialis miliarder dan musuh Iron Man Justin Hammer di Iron Man 2 (2010).

Robert Downey Jr Tampil Dengan Tuxedo Ketika Uji Layar

Robert Downey Jr. adalah aktor film dan televisi terkenal yang karirnya sempat menurun drastis karena mengalami kecanduan minuman alkohol. Kevin Feige dan Jon Favreau sama-sama berjuang untuk Downey agar mendapatkan karakter Tony Stark.

Sikap Robert Downey Jr dianggap mencerminkan karakter Tony Stark sendiri. Yang ternyata di dalam komik, Tony Stark seorang pecandu alkohol. Downey pun juga menginginkan peran tersebut. Hingga akhinya, tiba gilirannya untuk tes layar. Ia pun muncul menggunakan tuxedo, yang semakin mencerminkan karakter Tony Stark.

Robert Downey Jr pun membuat para eksekutif Marvel terkesan dan dia dipekerjakan dengan bayaran $2,5 juta ditambah bonus potensial jika filmnya berhasil.

Kedengarannya seperti jumlah yang sangat besar. Namun jika dibandingkan dengan apa yang diperoleh Downey ketika dia menegosiasikan kembali kontraknya dengan Marvel, maka angka tersebut kecil. Karena jumlahnya menjadi $50 juta untuk film The Avengers saja.

Banyak Improvisasi

Berkat Robert Downey Jr yang memerankan Iron Man, banyak naskah yang berubah dari seharusnya. Tentu jika kalian menonton film Iron Man, Tony Stark terkenal akan sarkasmenya.

Bahkan, kata-kata lucu yang membuat tertawa saat menonton, rupanya improvisasi dari Robert Downey Jr. Pasalnya, improvisasi tersebut terjadi di lokasi syuting dan khususnya, Downey suka menyelingi komedi ke dalam drama superhero. Hal tersebut pun didukung penuh oleh Jon Favreau.

Gabungan Pendapatan Tiga Film Menghasilkan Lebih Dari $2 Miliar di Box Office

Film superhero garapan marvel ini tentunya menghasilkan banyak pendapatan. Di mana tak disangka, keberhasilan film pertama adalah kejutan besar bagi semua orang.

Film pertama menghasilkan $585,2 juta. Dilanjutkan dengan perilisan film kedua yang menghasilkan $623,9 juta. Dan terakhir, khusus Iron Man sendiri mencapai $1,2 miliar.

Terima Dua Nominasi Oscar

Rupanya, film bertemakan pahlawan jarang mendapatkan nominasi di acara film bergengsi Hollywood yaitu Oscar. Namun, Iron Man justru berbeda.

Di mana Iron Man menerima dua nominasi di Academy Awards tersebut. Pertama, nominasinya adalah untuk Penyuntingan Suara Terbaik. Kedua adalah untuk Efek Visual Terbaik. Namun sayangnya, Iron Man tidak memenangkan kedua nominasi tersebut.

Topik Terkait