img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Aktor sekaligus produser film ternama Hollywood Matt Damon memang terkenal dengan film aksi kerennya yang berhasil memikat banyak penonton. Pemilik nama lengkap Mathew Paige Damon tersebut sempat trending saat membintangi film Ford V Ferari.

Aktor kelahiran 8 Oktober 1970, kini dikabarkan tengah vacum usai menyelesaikan film terbarunya berjudul The Last Duel tahun ini, dan lantaran pandemi Covid-19 yang sempat melanda Amerika Serikat begitu parah. Penasaran kira-kira apa saja film fenomenal yang dibintangi Matt Damon, yuk simak cerita berikut ini.

Film Contagion (2011)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film Matt Damon pertama yang berhasil fenomenal yaitu Contagion. Film karya sutradara Steven Soderbergh dan bergenre thriller yang rilis pada 9 September 2011 ini mengisahkan tentang infeksi sebuah virus yang mematikan yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia membuat dunia menjadi berantakan, serta upaya ilmuwan AS untuk menemukan obat penawarnya.

Menurut AsiaOne, angka penyewaan, penjualan dan unduhan film Contagion meningkat di akhir tahun lalu. Contagion menempati posisi 10 di peringkat film iTunes Amerika Serikat, satu tempat di atas Star Wars: The Rise of Skywalker, yang baru saja dirilis.

Film ini dianggap sebagai cerminan dari kasus wabah Covid-19 yang kini menyerang seluruh dunia. Film keren yang dibintangi Matt Damon ini, menggambarkan bagaimana kekhawatiran manusia tentang virus mematikan yang meresahkan dunia, hingga kekurangan banyak obat.

Film Matt Damon ini berhasil meraih rating sebesar 6.8/10 menurut situs IMDb, dan meraup keuntungan sebanyak 135,5 juta USD.

Film The Bourne Legacy (2012)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film Matt Damon kedua versi IntipSeleb yang berhasil fenomenal dan populer yaitu The Bourne Legacy. Film yang rilis pada 29 Agustus 2012 tersebut merupakan karya sutradara Tony Gilroy.

Film yang menceritakan superhero Batman itu harus menyerahkan posisi bergengsi tersebut kepada film pendatang baru The Bourne Legacy.

Meski sudah tak dibintangi aktor Matt Damon, The Bourne Legacy sukses menyodok ke puncak box office AS dan Kanada dengan meraih pendapatan sekitar US$40,3 juta. Seperti diketahui, kini, peran utama dalam film tersebut diisi aktor Jeremy Renner.

Renner dipercaya memerankan agen bernama Aaron Cross. Agen ini berusaha melarikan diri dari kejaran CIA dengan bantuan ilmuwan genetika bernama Marta Shearing, diperankan Rachel Weisz. The Bourne Legacy diproduksi Universal dan Relativity Media dengan biaya sekitar USS125 juta.

Kesuksesan The Bourne Legacy meraih peringkat pertama ini pun disambut gembira pihak studio. Terlebih, film tersebut mulanya hanya diprediksi meraih pendapatan sebesar US$35 juta.

Film Matt Damon ini berhasil mencetak rating sebesar 6.6/10 menurut situs IMDb.

Film Gone Girl (2014)

Pinterest
Foto : Pinterest

Gone Girl" sukses menjadi film populer. Bukan hanya karena jalan ceritanya yang menarik ataupun deretan aktor papan atas yang berperan di dalamnya, melainkan juga berkat tampilan polos salah satu bintang utamanya, Ben Affleck.

Film yang rilis pada 3 Oktober 2014 tersebut merupakan karya sutradara David Fincher.

Bila biasanya suami Jennifer Garner ini tampil santun di layar lebar, dalam Gone Girl, Affleck membuat sensasi yang memicu rasa penasaran. Dia beradegan polos, tanpa sehelai benang menutupi tubuhnya.

Hal itu tentu saja menjadi kejutan bagi banyak penggemar dan kolega Affleck. Namun, sahabatnya, aktor Matt Damon mengaku tidak terkejut dengan hal itu.

Film Gone Girl ini berhasil mencetak rating sebesar 8.1/10 menurut situs IMDb dan meruap keuntungan sebesar 369,3 USD.

Film Jason Bourne (2016)

Pinterest
Foto : Pinterest

Saat film The Bourne Legacy yang dibintangi Jeremy Renner gagal menarik perhatian publik di tahun 2012, bukan sebuah keanehan jika kemudian pihak studio segera mengontak Matt Damon untuk kembali menjadi Jason Bourne di kelanjutan serial The Bourne.

Kini setelah Damon kembali, ia membawa serta Paul Greengrass untuk kembali duduk di kursi sutradara. Maka dapat dipastikan duet keduanya akan meramaikan film musim panas tahun depan.

Vincent Cassel adalah aktor yang akan bergabung dalam film Jason Bourne 5, dan ia diprediksi memerankan karakter jahat. Selain itu, aktor senior Tommy Lee Jones dan Alicia Vikander dikabarkan akan ikut memerkuat karya visual penuh aksi laga ini.

Aktor Hollywood, Matt Damon, sempat mengutarakan ketertarikannya untuk kembali bermain dalam film terbaru Bourne, beberapa waktu lalu. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa ia akan kembali memerankan karakter Jason Bourne.

Sempat ditunda Film Bourne terbaru semula dijadwalkan rilis pada 14 Agustus 2015. Namun akhirnya diundur hingga 15 Juli 2016.

Film ini berhasil mencetak rating sebesar 6.5/10 menurut situs IMDb dan meraup keuntungan sebanyak 415,5 juta USD.

Film Ford V Ferari (2019)

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

film yang wajib ditonton untuk kalian pecinta dunia balap mobil, Ford v Ferrari. Disutradarai oleh James Mangold, film ini mengajak para penontonnya bernostalgia di tahun 1966. Kesan jadul menjadi poin tersendiri dalam film yang diangkat dari kisah nyata ini.

Film yang rilis pada 15 November 2019 lalu, merupakan karya sutradara James Mangold dan dibintangi oleh aktor ternama Matt Damon, Christian Bale, Jon Bernthal, Tracy Letts, Josh Lucas dan sejumlah bintang lainnya.

Ford v Ferarri mengajak penonton ikut untuk memacu adrenalin dalam sebuah pertandingan balap. Deretan mobil antik yang ada dalam film ini juga menambah kesan nyata yang terjadi pada tahun itu. Pengemar dunia otomotif akan senang dengan film ini, terlebih saat melihat sosok Ken Miles yang diperankan oleh Christian Bale, ketika membuat sebuah mobil yang dapat menandingi kecepatan mobil Ferrari saat itu.

Bagaimana ketatnya dunia balap saat itu dapat dirasakan oleh para penonton sejak awal film di mana Matt Damon yang memerankan Carroll Shelby berusaha untuk menjuarai kejuaraan Le Mans 24 Jam pada tahun 1959.

Film Ford v Ferrari ini juga telah tampil terlebih dahulu di Telluride Film Festival 2019 dan Toronto International Film Festival 2019 sebelum akhirnya tayang serentak hari ini.

Film Matt Damon yang paling fenomenal dan populer ini berhasil meraih rating sebesar 8.1/10 dari situs IMDb, dan meraup keuntungan sebanyak 225, 5 juta USD.

Film The Last Duel (2021)

Pinterest
Foto : Pinterest

Film terbaru 20th Century Studios berjudul The Last Duel mulai tayang November lalu di bioskop Tanah Air. Film karya sutradara visioner Ridley Scott, film ini menyuguhkan sebuah kisah mencekam tentang pengkhianatan dan pembalasan terhadap kebrutalan Prancis abad ke-14.

Dibuat berdasarkan peristiwa aktual, film sejarah epik ini bakal mengungkap asumsi lama tentang duel sanksi terakhir Prancis antara Jean de Carrouges dan Jacques Le Gris, dua teman yang berubah menjadi musuh.

The Last Duel dibintangi oleh aktor peraih Oscar Matt Damon dan Ben Affleck, serta aktor peraih nominasi Oscar Adam Driver dan aktris peraih Emmy Jodie Comer. Sang sutradara sendiri telah meraih empat kali nominasi Oscar untuk film The Martian, Black Hawk Down, Gladiator serta Thelma & Louise.

Sementara naskahnya ditulis oleh peraih nominasi Oscar Nicole Holofcener, Ben Affleck dan Matt Damon, berdasarkan buku karangan Eric Jager. Film ini diproduksi oleh Ridley Scott, Kevin J. Walsh, Jennifer Fox, Nicole Holofcener, Matt Damon dan Ben Affleck. Dengan Kevin Halloran, Drew Vinton dan Madison Ainley sebagai produser eksekutif.

Kekerasan dan kehancuran akibat Perang Seratus Tahun dengan Inggris telah melanda Prancis pada 1386 M. Jean de Carrouges (Matt Damon) adalah seorang ksatria yang dihormati dari Normandia. Ia lahir dari keluarga bangsawan dan dikenal karena keberanian dan keterampilan di medan perang.

Diceritakan dari tiga perspektif berbeda, drama sinematik The Last Duel akan mengeksplorasi kekuatan pria yang ada di mana-mana, kelemahan keadilan dan kekuatan, serta keberanian seorang wanita yang bersedia berdiri sendiri dalam mengungkap kebenaran.
Film The Last Duel ini berhasil mencetak rating sebesar 7.5/10 situs IMDb dan meraup keuntungan sebanyak 30,5 juta USD.

Topik Terkait