X

IntipSeleb – Sue Lyon dikabarkan meninggal dunia. Lyon yang terkenal karena perannya dalam film Lolita ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 73 tahun pada Kamis, 26 Desember 2019.​ Meski penyebab kematian tidak diungkapkan, tapi seorang sahabat menyatakan bahwa Lyon meninggal setelah mengalami penurunan kesehatan.

Usianya yang sudah memasuki kepala tujuh membuat Lyon mengalami banyak pengalaman dalam hidupnya. Ia merupakan artis dari berbagai judul sinetron dengan sederet penghargaan. Kehidupan pribadinya pun disorot, hingga muncul kabar kalau Lyon telah menggelar pernikahan sebanyak lima kali. Simak fakta Sue Lyon berikut.

Sue Lyon meninggal

Sumber: Hollywoodreporter

Sue Lyon, dikenal dengan titel "nymphet" dalam film kontroversial berjudul Lolita di tahun 1962. Lyon meninggal di usia 73 tahun pada 26 Desember 2019 di Los Angeles. Dilansir dari The New York Times, sahabat Lyon bernama Phil Syracopoulos, mengatakan Sue Lyon mengalami penurunan kesehatan beberapa waktu lalu sebelum akhirnya dinyatakan meninggal. Tapi ia tidak mengungkap sakit yang menjadi penyebab kematian Sue Lyon.

Siapa Sue Lyon?

Sumber: Amazon

Berdasarkan laporan dari Hollywoodreporter, pemilik nama asli Suellyn Lyon ini lahir pada 1946 di Davenport, Lowa. Lyon adalah model untuk pemeran Dolores Haze di Kubrick's Lolita, sebuah film kontroversial. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel karya Vladimir Nabokov yang bercerita tentang seorang profesor paruh baya. Ia terobsesi secara seksual dengan Dolores Haze, seorang gadis muda, yang diberinya julukan "Lolita."

The Times melaporkan bahwa Lyon memainkan film Lolita ketika berusia 14 tahun dan berhasil mengalahkan 800 aktris lainnya. Film tersebut menggambarkan Dolores sebagai gadis berusia 15 tahun. Yang menarik, poster film itu memperlihatkan Lyon menggunakan bikini dengan kacamata hitam berbentuk hati merah berpose sambil menjilat permen lolipop. Berkat kepiawaiannya sebagai model, Lyon berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe untuk pendatang baru wanita paling menjanjikan di upacara penghargaan tahun 1963.

Setelah publikasi pertamanya tahun 1955 di Prancis, para pejabat di Inggris dan Prancis melarang penjualan buku seksual tersebut. Namun akhirnya, buku tersebut diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1958. Meski ditentang, Lolita tetap menjadi buku terlaris dan sensasi budaya.

Nama Sue Lyon pun semakin terkenal setelah bermain Lolita dan dua tahun kemudian, muncul di Night of the Iguana John Huston. Ia juga membintangi film 7 Women karya John Ford tahun 1966, Tony Rome tahun 1967 dan Four Rode Out dan Evel Knievel tahun 1970, di antara beberapa judul lainnya. Baru-baru ini, Lyon muncul di Alligator tahun 1980 sebagai ABC Newswoman.

Kehidupan pribadi almarhum Sue Lyon

Sumber: news

Dalam kehidupan pribadinya, Lyon dikabarkan menikah sebanyak lima kali. Pernikahan itu antara lain dengan aktor dan sutradara, Hampton Fancher (Blade Runner), fotografer dan pelatih sepakbola, Roland Harrison, Cotton Adamson, seorang terpidana pembunuhan, Edward Weathers dan insinyur radio, Richard Rudman. 

Saat pernikahan terakhirnya dengan Rudman, Lyon memutuskan untuk mengakhiri karir aktingnya. Pada awak media, Sue Lyon mengatakan bahwa dirinya ingin mengejar pendidikan dan fokus pada anak-anak.

"Saya ingin mengajar sekolah dan saya ingin menikah dan memiliki anak-anak, " kata Sue Lyon kepada The Pittsburgh Press pada tahun 1967.

Rest In Peace, Sue Lyon.

Baca juga: Aktor Bollywood Kushal Punjabi Tewas Mengenaskan