X

IntipSeleb – Film The Grudge sudah mulai tayang di Indonesia pada 31 Desember 2019 lalu. Film horor ini masih ramai diperbincangkan karena digadang-gadang memiliki jumpscare yang menakutkan. Tak hanya itu, alur cerita yang menarik pun membuat para penggemar film horor wajib memasukkan The Grudge sebagai daftar tontonan.

The Grudge adalah film asal Amerika Serikat yang ditulis dan disutradarai oleh Nicolas Pesce. Film ini juga merupakan film reboot yang sebelumnya tayang di tahun 2004 dengan judul sama. Saat ini, The Grudge sedang menduduki jajaran trending di Google. Sebelum menonton filmnya, yuk intip fakta-fakta di film The Grudge yang dilansir dari Screen Rant!

Terinspirasi dari Film Horor Jepang

Sumber foto: screenrant.com

The Grudge adalah film yang terinspirasi dari film Jepang yang berjudul Ju-On: The Grudge. Dengan berbagai ketegangan yang disiapkan untuk mengejutkan penonton, film ini juga berada di bawah naungan Sony Pictures. Andrea Riseborough, John Cho dan Betty Gilpin dipilih sutradara untuk menjadi pemeran dalam film horor ini.

Di Amerika dan Kanada film ini diproyeksikan akan menghasilkan uang sebesar US$ 15 juta atau sekitar Rp 209 miliar. Film The Grudge telah diputar lebih dari dua ribu bioskop di kedua negara tersebut. Menurut beberapa penonton, film ini menghadirkan ketegangan dan keseruan jalan cerita di saat yang bersamaan.

Sinopsis The Grudge 2019

Sumber foto: screenrant.com

The Grudge berkisah tentang legenda bahwa jika seseorang terbunuh karena kemarahan dan cemburu, itu akan mengarah pada kutukan. Kutukan itu pun akhirnya terus mengalir pada setiap korban yang penasaran. Dalam film ini, seorang suami menemukan bahwa istrinya telah berselingkuh dan kemudian dengan kejam dan brutal membunuhnya.

Tak hanya membunuh sang istri, pria tersebut pun membunuh anaknya dengan cara yang keji. Akibat kasus pembunuhan itupun, sang istri kemudian kembali sebagai roh pendendam dan siapa pun yang bersentuhan dengan roh itu akan mati. Korban itu juga akan bernasib sama seeprti kematian si roh.

Pemeran Utama Takut Film Horor

Sumber foto: spokesman.com

Salah satu pemeran utama yang bernama John Cho pun siap hadir untuk memerankan Peter Spencer yang memiliki karakter berusia 40 tahun. Sebelum memulai syuting, John diminta untuk menonton film sebelumnya agar ia mendapatkan bayangan. Namun, John mengaku bahwa ia tidak pernah terpikir dalam hidupnya untuk menonton film horor karena John sangat ketakutan.

“Aku tidak pernah ingin menakut-nakuti diriku sendiri. Itu sebabnya aku berada jauh dari genre horor untuk waktu yang lama. Awalnya, aku tidak punya keinginan untuk terlibat,” ujar John dikutip dari Spokesman.

Aktor dalam film Searching ini juga sebelumnya ketakutan ketika ia harus menonton film yang sadis. Bahkan ia mengaku sampai menutup mata jika menonton film horor bersama keluarganya. Tawaran bermain dalam film The Grudge ini John lakukan karena ingin menambah pengalaman untuk karier beraktingnya.

“Aku benar-benar mulai berpikir tentang horor karena itu berkaitan dengan karierku. Aku ingin melakukan ini sekali, sesuatu yang seperti ini," ujar John Cho.

Anggaran Produksi

Sumber foto: screenrant.com

Anggaran produksi untuk film The Grudge tidak terlalu memakan biaya yang tinggi. Film ini hanya menghabiskan biaya sebesar US$ 13,6 juta atau sekitar Rp 189 miliar. Berbeda dengan film yang telah tayang di tahun 2004 yang menghabiskan biaya US$ 10 juta atau sekitar Rp 139 miliar dan berhasil balik modal sebesar US$ 187 juta atau setara dengan Rp 2,6 triliun.

Menurut Screen Rant, film The Grudge yang tayang di tahun 2004 itu berhasil karena dirilis pada bulan Oktober yang bertepatan dengan hari Halloween. Biasanya penonton akan lebih banyak menonton film horor di bulan Oktober dibanding bulan-bulan lain. Pemilihan jadwal di awal tahun ini menjadi tantangan besar bagi sutradara untuk menggaet penonton.