• Spider-Man

IntipSeleb – Presiden Marvel Cinematic Universe, Kevin Feige tidak akan melanjutkan dua produksi film Spider-Man yang dibintangi Tom Holland. Kabar mengecewakan ini dilaporkan secara eksklusif oleh Deadline dan menjadi Trending Topic dunia di Twitter sejak Rabu pagi, 21 Agustus 2019.

Padahal baru minggu ini film Spider-Man: Far From Home berhasil menjadi film terlaris Sony Pictures melewati film James Bond, Skyfall. Berdasarkan data di Box Office Mojo, film yang baru dirilis pada 2 Juli 2019 itu telah meraih US$1,1 triliun secara global.

Diketahui, hak cipta karakter Spider-Man memang masih dipegang oleh Sony Pictures. Alasan pecah kongsi ini lantaran Disney dan Marvel hanya mendapatkan sharing profit dari perolehan di atas sebanyak 5% yang berarti cuma US$50 juta. Wah, adil enggak sih?

Disney dan Marvel Minta Lebih

Disney & Marvel
Sumber Foto: DoctorDisney.com

Kemudian, Disney dan Marvel meminta untuk membagi perolehan 50-50 dengan Sony Pictures. Disney dan Marvel merasa keberhasilan Spider-Man: Far From Home karena adanya trailer film tersebut di kredit akhir film Avengers: Endgame yang tayang lebih dulu.

Tentu saja, Sony menolak tawaran tersebut dan meminta penawaran lain yang tak kunjung disetujui oleh Disney. Disney pun juga tidak tertarik dengan tawaran untuk Marvel dari Sony, yakni menerima 5 persen dari first dollar gross, yaitu pendapatan kotor di hari pertama film rilis. 

Spider-Man Didepak dari MCU

Spider-Man
Sumber Foto: Cnet

Apabila ketiga belah pihak masih tidak mencapai kesepakatan, maka dengan berat hati, Spider-Man harus rela keluar dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan tidak bergabung lagi dengan Avengers. Disney menarik Marvel dari film-film Spider-Man yang akan dirlis ke depannya.

Sebelumnya, Sony menyetujui kesepakatan dengan Marvel untuk berbagi karakter Spider-Man pada tahun 2015 silam. Dalam perjanjian itu, Spider-Man dipastikan muncul dalam film-film crossover, diantaranya Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame, hingga berlanjut ke Spider-Man: Far From Home

Tom Holland Masih Terikat Kontrak

Tom Holland
Sumber Foto: @marvel/Instagram

Karakter Spider-Man yang dipopulerkan oleh aktor Tom Holland, sukses menjadi kecintaan publik. Cara dia menyampaikan karakter superhero tersebut dirasa sangat cocok lantaran sesuai dengan umurnya yang masih remaja. Aktor kelahiran tahun 1996 tersebut diketahui masih memiliki kontrak untuk dua film arahan Joh Watts di MCU, termasuk dalam Spider-Man 3. Duh, jadi gimana nasibnya nih? Semoga Disney dan Sony Pictures balikan lagi ya!