IntipSeleb – Siapa yang tidak kenal dengan Shawn Mendes? Sosok penyanyi asal Amerika yang berparas tampan dan juga memiliki suara yang merdu ini selalu menjadi sorotan masyarakat luas. Shawn Mendes memang dikenal sebagai salah satu penyanyi Amerika yang tengah naik daun berkat bakatnya di bidang musik. 

Namun siapa sangka bahwa sebelum terkenal dan menjadi penyanyi papan atas dunia seperti sekarang, Shawn Mendes ternyata sempat melakukan sebuah kesalahan di masa lalu. Kesalahan tersebut memang sudah ia klarifikasi, tetapi kesalahan tersebut malah kembali di bahas, hingga terjadi pro kontra. 

Dianggap Rasis

sumber foto: www.metro.co.uk

Pada saat itu, Shawn Mendes pernah beberapa kali memposting di Twitternya dengan kata-kata yang dianggap rasis. Penyanyi Senorita ini pernah menulis di Twitternya dengan kata-kata, “Aku bisa melihat hitam keluar dalam dirimu Lauren,” tulis Shawn Mendes ketika membalas tweet temannya.

Tak hanya itu, Dia juga pernah mem-posting foto bersama temannya dengan keterangan foto, “A regular day with mah nigger Kareem,” tulis Mendes pada saat itu.

Seperti yang diketahui bahwa penggunaan kata ‘nigger’ dalam cuitan Shawn Mendes dianggap sanggat rasis sekaligus diskriminatif. Bahkan warga Amerika pun sudah melarang penggunaan kata ini. Dulu kata ini memang sering digunakan, dengan konotasi negatif, tapi kini sudah dilarang digunakan dalam percakapan nonformal sekali pun. 

Dilansir dari laman Cosmopolitan, masih ada beberapa lagi cuitan Shawn yang mengarah ke rasisme meski hanya untuk melucu, yang semuanya kini sudah dihapus. 

Meminta Maaf

Meski beberapa kali men-tweet yang bernada rasis, Shawn diketahui belum pernah minta maaf atas hal tersebut. Namun, pada saat ia menghadiri sebuah acara sekaligus mengadakan sesi tanya jawab, penggemar tiba-tiba bertanya soal kesalahan masa lalunya tersebut.

“Di masa lalu ada banyak jenis tweet bodohmu yang saya kira bisa saya katakan. Mengapa itu tidak pernah (kamu) akui? Atau mengapa tidak pernah ada sesuatu (klarifikasi) tentang itu?" tanya penggemar.

Mengetahui hal itu, Shawn Mendes tampak kaget dan langsung mengklarifikasinya. Ia juga mengungkapkan permintaan maaf kepada semua orang atas tindakanya tersebut. 

“Ya tentu saja. Banyak hal yang perlu dijelaskan, tetapi saya juga berpikir bahwa hal-hal yang kalian lihat, saya punya teman yang ingin mengambil telepon saya dan mempostingnya karena mereka pikir itu lucu. Tapi, saya benar-benar minta maaf untuk semua hal sensitif yang saya katakan di masa lalu, tetapi seperti yang saya tadi bilang (teman Shawn yang mempostingnya). Ya, saya pikir itu bukan kepribadian saya,” pungkasnya.

Secara garis besar, Shawn mendes memang meminta maaf atas kesalahan masa lalunya itu, tapi dia juga menyalahkan teman-temannya karena sering iseng mengambil ponselnya lalu mem-posting hal-hal aneh di akun Twitternya. 

Dihujat Banyak Orang 

Video permintaan maaf Shawn Mendes itu pun langsung viral dan langsung ditanggapi orang masyarakat luas. Banyak orang yang justru kecewa dengan permintaan maaf Shawn Mendes yang tidak bersungguh-sungguh. Padahal kesalahan yang Shawn Mendes lakukan termasuk kesalahan besar, karena masalah rasisme memang sebuah tindakan yang sensitif.

Tak hanya itu, bahkan beberapa orang juga menanggap Shawn tidak mencerminkan sebagai pria dewasa. Shawn Mendes pun kembali mendapat banyak hujatan atas kesalahannya tersebut. Kita doakan semoga masalah ini segera terselesaikan dengan baik ya genks!