img_title
Foto : Okayafrica.com

IntipSeleb Film – Pada 12 April 2023 kemarin, Netflix baru saja merilis trailer salah satu serial dokumenter mereka, Queen Cleopatra. Sayangnya, reaksi negatif justru membanjiri pengumuman tersebut.

Serial kontroversial ini juga memicu perdebatan sengit di media sosial tentang isu-isu revisionisme sejarah, ras, etnis, dan representasi. Mengapa? Berikut informasinya.

Muncul Petisi Pembatalan

netflix.com
Foto : netflix.com

Serial dokumenter Netflix yang diproduksi dan dinarasikan oleh Jada Pinkett Smith, telah dikecam secara luas karena penggambaran Cleopatra VII Philopator sebagai orang kulit hitam, sedangkan tokoh sejarah tersebut adalah anggota Yunani Makedonia dari Dinasti Ptolemeus, yang memerintah Mesir antara 305 SM dan 30 SM.

Tak hanya dikecam, muncul juga petisi untuk membatalkan serial tersebut ditayangkan. Dilansir dari Greek Reporter, petisi yang menyerukan pembatalan film dokumenter Netflix Queen Cleopatra telah mengumpulkan lebih dari 62.000 tanda tangan hanya dalam dua hari.

Petisi untuk membatalkan dokumenter tersebut dimulai oleh Maha Shehata dan Aikk Yasser karena dianggap "memalsukan sejarah". Menurut pendiri petisi, itu dibuat oleh orang Mesir yang merasa bahwa sejarah Mesir disalahartikan.

Topik Terkait