img_title
Foto : Ndtv.com

IntipSeleb BaratRaja Charles III akan dimahkotai pada 6 Mei 2023, di Westminster Abbey, dengan Permaisuri dimahkotai di sampingnya. Sejak 1601, hanya ada satu penobatan di bulan Mei, sejauh ini karena takhta kemarin masih dipegang Ratu Elizabeth II.

Para tamu undangan kerajaan Internasional tentu akan pergi ke London untuk merayakan penobatan Raja Charles III, termasuk dari Kanada, Australia, Prancis, dan tempat lain. Berikut ada sejumlah fakta menarik seputar sejarah penobatan di Inggris, dilansir dari laman resmi Kerajaan Inggris.

1. Diarak dengan Kereta Emas

daily mail
Source: Daily Mail

Kereta Negara Emas adalah kereta tertutup yang ditarik delapan kuda yang digunakan oleh Keluarga Kerajaan pada acara-acara besar kenegaraan, seperti penobatan, pernikahan kerajaan, dan ulang tahun seorang raja. Kendaraan ini telah digunakan pada penobatan setiap raja Inggris sejak George IV. Sampai Perang Dunia II, gerbong itu adalah transportasi biasa monarki ke dan dari Pembukaan Parlemen Negara.

Kereta Negara Emas, dibangun pada tahun 1762, terakhir digunakan selama perayaan Platinum Jubilee Yang Mulia pada tahun 2022 dan dilengkapi dengan hologram raja di jendela kereta pada hari itu. Dikatakan sebagai salah satu gerbong kerajaan yang paling nyaman, ia memiliki bodi aluminium, jendela elektrik, AC, dan berlapis sutra kuning.

​2. Charles akan mengenakan Mahkota St. Edward selama Penobatan

Topik Terkait