img_title
Foto : Hello Magazine

IntipSeleb Barat – Meski sudah menggantikan posisi sang ibunda, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia, Raja Charles III baru akan resmi menjadi raja setelah dinobatkan pada hari ini, Sabtu, 6 Mei 2023.

Upacara penobatan, yang akan diadakan di Westminster Abbey, adalah tradisi berusia berabad-abad yang telah dilakukan oleh setiap raja Inggris sejak William Sang Penakluk pada tahun 1066. Nantinya, Charles akan mengenakan St Edward Crown dan Imperial State Crown yang nilainya ditaksir capai triliunan rupiah. Seperti apa? Yuk simak informasinya dilansir dari laman AS!

Mahkota Dalam Penobatan Raja Charles III

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Mahkota St Edward, atau mahkota kekaisaran, adalah salah satu simbol monarki Inggris yang paling dikenal di seluruh dunia. Tanpa diragukan lagi, itu adalah yang paling penting dari keluarga kerajaan. Sepotong perhiasan kerajaan tunggal ini dibuat untuk penobatan Charles II untuk menggantikan mahkota abad pertengahan yang dilemparkan pada tahun 1649 , yang diyakini dibuat pada abad ke-11.

Mahkota ini beratnya hampir 5 lbs (2.23kg) dan terbuat dari emas murni. Itu membawa lebih dari 400 batu permata, termasuk enam safir dan 12 rubi, dan lengkap dengan topi beludru dan pita cerpelai.

Secara resmi, permata mahkota tidak ternilai harganya, karena tidak diasuransikan. Namun, jika ditaksir, jumlahnya diperkirakan hampir $6 miliar atau setara Rp87,9 triliun. Bahkan, menurut sumber lain, nilai mahkota ini diperkirakan hampir £45 juta ($57 juta) atau Rp836 triliun.

Topik Terkait