img_title
Foto : Lifestyleasia

InggrisPangeran William dan Kate Middleton baru-baru ini tengah berbahagia. Pasalnya, pasangan kerajaan Inggris ini baru saja merayakan anniversary pernikahan mereka yang ke-13 pada 29 April 2024 lalu.

Seperti diketahui, tanggal 29 April 2024 lalu merupakan pernikahan bak negeri dongeng antara Pangeran William dan Kate Middleton. Belasan tahun berlalu, keduanya pun memperingati hari pernikahan mereka dengan tiga anak yang menggemaskan, yaitu George, Charlotte, dan Louis.

Sebagai seorang bangsawan sekaligus keluarga kerajaan Inggris, Kate Middleton tak sekadar menyandang gelar sebagai istri dari pangeran Inggris. Lebih dari itu, ia telah bekerja dengan beberapa badan amal dan mengumpulkan sumbangan yang signifikan.

Terkenal sebagai seorang filantropi yang dermawan, berikut ini sederet donasi dan kegiatan amal yang pernah dilakukan Kate Middleton dirangkum dari Lifestyleasia.

Kegiatan Amal yang Pernah Dilakukan Kate Middleton

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Sebagai seorang Princess of Wales, kita bisa melihat betapa banyak tugas kerajaan dan kegiatan amal Kate Middleton, termasuk menjadi penyokong yayasan kanker. Berikut ini daftar kegiatan amal Kate Middleton.

1. Donasi rambut Kate Middleton untuk Little Princess Trust

Sejak menjadi bagian dari keluarga kerajaan, Kate Middleton telah mendukung beberapa badan amal. Pada tahun 2018 lalu, Kate Middleton secara anonim menyumbangkan tujuh inchi rambutnya ke Little Princess Trust.

Little Princess Trust sendiri merupakan badan amal yang membuat wig realistis untuk anak-anak yang kehilangan rambutnya selama kemoterapi. Menurut Daily Mail, ide desainer rambut, Joey Wheeler, yang membuat princess of Wales tentang kesempatan untuk menyumbangkan rambutnya.

Sebelumnya, Harry Styles pernah menjadi berita utama pada tahun 2016 karena menyumbangkan rambutnya ke badan amal yang sama. Penyanyi tersebut mengirimkan potongan kuncir kudanya ke organisasi tersebut dan menerima dua juta likes di postingan Instagramnya tentang hal itu.

2. Penggalangan dana dengan Teenage Cancer Trust

Sebelum menjadi bagian dari keluarga kerajaan, Kate Middleton menunjukkan kecintaannya pada kegiatan filantropi. Sebulan setelah mengumumkan pertunangannya dengan Pangeran William, Kate Middleton menghadiri pesta penggalangan dana Teenage Cancer William, Middleton menghadiri pesta penggalangan dana Teenage Cancer Trust pada tahun 2010.

William dan Kate menjadi tamu kehormatan di acara tersebut dan hasil dari pesta tersebut dijanjikan untuk membantu membangun unit spesialis kanker untuk kaum muda di Rumah Sakit Addenbrooke.

Di pesta amal tersebut, pasangan kerajaan Inggris ini juga berinteraksi dengan sekelompok pasien kanker muda. Itu merupakan acara penggalangan dana pertama yang dihadiri Middleton sebelum pernikahan kerajaan.

Setelah pernikahan mereka tahun 2011, sebagai bagian dari tugas kerajaannya, Kate Middleton juga menemani Pangeran William membuka Oak Cancer for Children and Young People, sebuah unit kanker di Royal Marsden.

3. Charity Dress dan Runway

Sifat empatik Kate Middleton dan hasratnya terhadap kegiatan amal melampaui peran kerajaannya dan faktanya, hal itu telah menjadi sesuatu yang dia pedulikan sejak masa mudanya.

Sebagai mahasiswa tahun pertama jurusan sejarah seni di Universitas St. Andrews pada tahun 2002, dia menjadi sukarelawan untuk mengikuti peragaan busana amal kampus yang diberi nama The Art of Seduction. Ini adalah saat di mana ia terkenal berjalan di runway dengan mengenakan gaun tipis dan dilaporkan saat Pangeran William yakin bahwa Kate adalah ‘the one’.

Dirancang oleh Charlotte Todd dan awalnya diperkirakan bernilai USD 50, gaun itu dijual dilelang pada tahun 2011 dengan harga USD 125 Ribu. Momen runway Middleton yang terkenal baru-baru ini diciptakan kembali di The Crown Season 4 Netflix.

4. Donasi dan mendukung program terkait kesehatan mental

Selama pandemi COVID-19 tahun 2020, organisasi amal gabungan Middleton dan Pangeran William memberikan sumbangan besar untuk mendukung pekerja garis depan. Royal Foundation milik pasangan ini mendonasikan sekitar USD 2 juta kepada para pekerja garis depan dan inisiatif kesehatan mental di Inggris melalui dana yang bekerja sama dengan 10 badan amal.

Inisiatif filantropis ini mendukung program seperti konseling trauma duka bagi petugas tanggap darurat dan dukungan kesehatan mental untuk guru. Pada saat itu, Kate menyatakan, “Kagumnya atas pekerjaan luar biasa yang telah dilakukan oleh staf garis depan dan petugas tanggap darurat dalam menanggapi COVID-19.”

Dia juga mengakui dampak jangka panjang pandemi terhadap kesehatan mental saat berbicara dengan perwakilan badan amal yang mendapat manfaat dari sumbangan mereka.

5. Menyumbangkan hadiah pernikahan ke badan amal

Pernikahan kerajaan Kate Middleton dan Pangeran William pada tahun 2011 menjadi istimewa karena berbagai alasan. Bukan hanya sekadar perayaan cinta tapi juga wujud kemurahan hati pasangan.

Sebagai bagian dari perayaan tersebut, Kate dan William telah menyiapkan dana yang memberikan kesempatan kepada siapa pun yang ingin mengirimi mereka hadiah pernikahan untuk disumbangkan ke badan amal pilihan Kate dan William.

Dana tersebut termasuk sumbangan langsung, serta pendapatan yang diperoleh dari proyek terkait pernikahan termasuk penjualan Album Pernikahan Kerajaan. Sumbangan yang dikumpulkan melalui dana tersebut mendukung berbagai inisiatif termasuk Changing Lives through Arts and Sport, Children Fulfiling Their Potential, Help and Care at Home. Melalui tindakan bijaksana ini, Kate dan William mengumpulkan sekitar USD 1,7 juta.

6. Sumbangan untuk Invictus Games Foundation milik Pangeran Harry

Terlepas dari perselisihan keluarga yang memanas setelah wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan Oprah Winfrey, Kate Middleton mengejutkan semua orang dengan sikap penting terhadap keluarga Sussex.

Pada tahun 2020, dia dan William memberikan sumbangan sebesar USD 1,07 juta kepada Invictus Games Foundation milik Pangeran Harry. Badan amal yang didirikan Harry mendukung para veteran yang terluka dan sakit.

Meskipun sumbangan Kate Middleton kepada badan amal tersebut tampak mengejutkan mengingat keretakan di antara keluarganya, laporan menunjukkan bahwa dia selalu mendukung upaya Harry untuk mendirikan yayasan Invictus.

7. Sumbangan ke East Anglia’s Children’s Hospices (EACH)

Sebelum menyambut anak pertamanya bersama Pangeram William, Kate Middleton memberikan sumbangan ke East Anglia’s Children’s Hospices (EACH). Badan amal ini menawarkan bantuan kepada orang-orang terkasih dari kaum muda yang menderita penyakit yang mengancam jiwa.

Meski menderita hiperemesis gravidarum selama kehamilannya, ia tetap membantu masyarakat kurang mampu dengan menyumbangkan keranjang bayi.

Kate Middleton mengabdi pada kesejahteraan perkembangan anak usia dini dan telah memberikan donasi untuk hal tersebut dalam berbagai cara. Dia juga dengan penuh semangat bekerja dengan inisiatif Baby Bank yang membantu keluarga yang membutuhkan dengan kebutuhan perawatan anak.

Selama Natal tahun 2023, Middleton mengajari ketiga anaknya semangat memberi saat mereka menjadi sukarelawan bersamanya untuk menyortir pakaian, mainan, dan barang-barang penting untuk anak-anak dan keluarga.

Nah, itulah sederet daftar donasi dan kegiatan amal yang pernah dilakukan Kate Middleton. Sebagai seorang filantropi, Kate Middleton agaknya terus berusaha agar dirinya bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Topik Terkait