img_title
Foto : Instagram/bridgertonnetflix

Amerika SerikatBridgerton 3 part 1 telah dirilis pada 16 Mei 2024 lalu dan para penggemar dibuat berdebar menunggu part 2 yang akan tayang bulan depan. Di season ini, kisah cinta Penelope Featherington dan Colin Bridgerton menjadi fokus utamanya.

Selain chemistry antara Penelope dan Colin yang menarik, kostum Bridgerton 3 juga patut diperhatikan. Sebagai pemeran utama di Bridgerton season 3, karakter Nicola Coughlan dan Luke Newton mendapat perhatian besar berkat sosok di balik layar yang mengurusi rambut, tata rias dan kostum mereka.

Perancang busana John Glaser dan perancang rambut serta MUA Erika Okvist menampilkan pada kita sosok Penelope yang lebih percaya diri dan membuat kita melupakan sosok Colin dengan pesona kekanak-kanakannya di season sebelumnya.

Menarik sekali mengulik bagaimana tata rias dan kostum mempengaruhi karakter dalam series Netflix ini. Jika kamu penasaran, yuk simak sederet fakta menarik kostum Bridgerton berikut ini dirangkum dari Lifestyleasia!

Fakta Menarik Kostum Bridgerton

Variety
Foto : Variety

1. Transformasi Penelope terinspirasi dari Hollywood

Meninggalkan gaun motif bunga dan nuansa kuning jeruk yang khas di season 1 dan 2, kostum Penelope Featherington di Bridgerton 3 kini dipenuhi dengan warna pastel lembut dalam nuansa biru dan hijau. Ada elemen seksi dalam gaya berpakaiannya yang dipadukan dengan lembut lewat sarug tangan transparannya.

Di season 3, Penelope menghabiskan uang dari hasil menulis kolom Lady Whistledown dalam upaya mengubah diri, memilih fashion terkini langsung dari Paris. Menurut desainer kostum John Glaser, inspirasi gaun ini berasa dari tahun 1820-an.

Selain itu, untuk memberikan Penelope nuansa Hollywood kuno, MUA dan hair-do Erika Okvist mengatakan kepada Glamour bahwa departemen tersebut mengambil inspirasi dari ikon film tahun 1950-an seperti Rita Hayworth dan Marilyn Monroe.

Para desainer juga berbagi bahwa ikon Hollywood Audrey Hepburn adalah inspirasi Eloise Bridgerton karya Claudia Jesse di musim baru. Mengambil gaya Hepburn dari My Fair Lady, kostum Eloise mendapat sentuhan modernitas dengan tambahan pita dan ruffles.

2. Nuansa Marlboro Man pada Kostum Colin Bridgerton

Transformasi Luke Newton menjadi pemuda yang hebat di season 3 begitu mengesankan dan terlihat sehingga bahkan saudara-saudaranya di layar juga menyadarinya.

Meskipun netizen menganggap penampilan baru Colin sebagai bajak laut seksi, inspirasi sebenarnya dari departemen kostum mungkin akan mengejutkanmu. Sekembalinya dari perjalanan enam bulan, Colin menjadi lebih tangguh dari sebelumnya, dan kesan yang ingin ditangkap oleh para desainer kostum untuk penampilannya adalah sosok koboi yang dipopulerkan — Marlboro Man. Pengaruh Barat ini terlihat pada kemeja Colin yang berkerah terbuka dan pakaian modernnya.

3. Wig spektakuler Ratu Charlotte

Jika ada satu elemen fesyen yang selalu membuat kagum para penggemarnya dari musim pertama hingga sekarang, itu adalah banyaknya wig yang dikenakan Ratu Charlotte (Golda Rosheuvel). Selama musim pertama, dia mengenakan dua belas wig yang kabarnya membutuhkan waktu satu hingga tiga minggu untuk membuatnya.

Dari sekian banyak wig yang dikenakan Rosheuvel sepanjang pertunjukan, yang terberat muncul di season 1, saat adegan pesta pernikahan Simon dan Daphne. Sebuah mahakarya yang luar biasa, wig itu terdiri dari lima wig yang semuanya dijahit menjadi satu; namun, karena bobotnya yang berat, hal itu menyebabkan ketidaknyamanan dan harus dilepas di sela-sela jeda syuting.

Meskipun wig Ratu Charlotte sungguh menakjubkan untuk dilihat, tampaknya penampilan sebelumnya tidak akan mencengangkan seperti yang akan disaksikan para penggemar di Bridgerton 3. Ratu akan mengenakan salah satu wig dengan desain paling spektakuler di acara itu, menampilkan angsa kristal.

Angsa kristal diatur untuk menari di tengah-tengah latar belakang yang dicat minyak, didukung oleh jarum jam cetak 3D dan motor untuk menggerakkannya. Itu juga disertai dengan tombol on/off yang disembunyikan di bawah ketiak Rosheuvel. Wig yang menarik perhatian ini sepertinya mengacu pada mitologi Yunani kuno, yang konon memengaruhi era Regency.

4. Biaya kostum Bridgerton

Season pertama series ini memiliki tugas yang berat untuk menjadi penentu kesuksesan dan seberapa besar franchise Bridgerton bagi Netflix. Dengan landasan pikir tersebut, sepertinya biaya kostum Bridgerton worth it untuk dikeluarkan.

Produser mengungkapkan aspek finansial yang menakjubkan dalam penciptaan fesyen era Regency untuk layar lebar dalam buku Inside Bridgerton. Berdasarkan buku tersebut, perancang kostum acara tersebut menciptakan 1.800 gaun dan menghabiskan USD 80.000 untuk kostum untuk musim pertama saja. Ellen Mirojnick, yang mendesain pakaian tersebut, juga menegaskan dalam bukunya bahwa tim tersebut membuat sebanyak 7.500 potong kostum termasuk pakaian dalam.

5. Pembuatan kostum Bridgerton

Series ini telah mengambil langkah rumit setiap musimnya. Untuk Musim 2, desainer kostum Sophie Canale mengungkapkan jadwal produksi yang mengejutkan di mana tim memproduksi sekitar 160 kostum setiap enam minggu, yang rata-rata menghasilkan total 700 kostum.

Berkat pakaian glamor ini, setiap episode acaranya menarik untuk ditonton; namun, menurut Shondaland, satu episode Bridgerton membutuhkan sekitar 90 kostum untuk dibuat. Dan itu belum termasuk episode pertama Musim 2, yang menampilkan 146 penampilan.

6. Bahan kostum Bridgerton

Meskipun desain kostumnya mungkin mengambil kebebasan sinematik dan didasarkan pada inspirasi di luar zamannya, bahan untuk pakaiannya memainkan peran yang lebih besar dalam memastikan akurasi aspirasi yang optimal.

Pengadaan bahan kostum Bridgerton membuat para desainer melakukan perburuan ke seluruh penjuru, mulai dari pabrik-pabrik di Italia, Prancis, dan Inggris, serta toko-toko di London dan toko-toko di New York. Fakta menarik lainnya tentang kostum Bridgerton adalah tim juga membuat kain sendiri dengan melapisi bahan melalui pemotongan laser dan teknik lainnya.

7. Meningkatkan tren fashion vintage

Bridgerton menayangkan musim pertamanya pada bulan Desember 2020 dan di tengah masa pandemi yang penuh tantangan, serial ini mencetak rekor penayangan global. Dampak yang mengesankan dari pertunjukan ini tercermin dalam perannya dalam meningkatkan tren fashion, dengan kostumnya yang rumit menghasilkan peningkatan penjualan yang besar bagi para pembuat korset.

Pada tahun 2024, obsesi terhadap gaun korset masih relevan, dan contoh terbaru adalah gaun ketat pinggang mantan jurnalis dan tunangan Jeff Bezos, Lauren Sanchez, dari jamuan makan malam kenegaraan Gedung Putih.

Selain itu, menyusul kesuksesan Bridgerton, Etsy dilaporkan mengungkapkan peningkatan permintaan untuk alat peraga yang terinspirasi dari era Regency seperti perangkat teh dan sarung tangan.

Ini bukan pertama kalinya sebuah acara menentukan tren pasar, fenomena serupa juga terjadi pada The Queen's Gambit dari Netflix, yang mendorong peningkatan pasar untuk perangkat catur dan merchandise.

Nah, demikianlah sederet fakta menarik kostum Bridgerton yang selalu menjadi perhatian para penikmat series ini di setiap episodenya.

Topik Terkait