img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Serangan Israel kepada Palestina masih terjadi. Ratusan ribu korban melayang, hingga puluhan ribu lainnya belum ditemukan.

Atas hal itu, banyak selebriti yang terang-terangan ngasih support mereka buat Palestina. Ada yang pake cara donasi gede-gedean, ada yang turun ke jalan ikut demo, sampe yang ngomel-ngomel di media sosial. Kerennya, mereka berani ngomongin hal yang sensitif ini, walaupun resikonya bisa dihujat netizen atau bahkan diboikot. Inilah daftar artis yang speak up soal Palestina!

1. Ramy Youssef

Gqmiddleest.com
Foto : Gqmiddleest.com

Aktor ini datang ke acara Oscar pake pin merah sebagai bentuk dukungannya ke Artists4Ceasefire, organisasi yang ngelawan krisis kemanusiaan di Gaza.

“Kita butuh gencatan senjata permanen di Gaza. Kita butuh perdamaian dan keadilan buat rakyat Palestina,” ujarnya kala itu.

2. Gigi Hadid

Instagram/@gigihadid
Foto : Instagram/@gigihadid

Model blasteran ini vokal banget di media sosial. Dia bilang dia prihatin dan sedih banget sama perjuangan rakyat Palestina. Dia juga bilang walaupun dia dukung Palestina, dia nggak setuju sama kekerasan yang ditujukan ke orang Israel. Menurutnya, semua orang berhak mendapatkan hak dasar dan keamanan.

3. The Weeknd

Variety
Foto : Variety

Penyanyi sekaligus Duta Besar Kehormatan World Food Programme PBB ini nyumbang $2.5 juta ke Gaza. Duit itu bisa dipakai buat beli makanan buat 173.000 orang Palestina selama 2 minggu.

4. Nicola Coughan

Instagram/nicolacoughlan
Foto : Instagram/nicolacoughlan

Aktris ini aktif banget posting info soal Palestina di media sosialnya, mulai dari infografis sampe ajakan buat ikut demo. Dia bilang jangan biarin empati kita dimanipulasi.

5. Pedro Pascal

Instagram/@pascalispunk
Foto : Instagram/@pascalispunk

Aktor ini pernah posting foto di Instagram yang bertuliskan "Ceasefire Now" dan ngasih link buat donasi ke Doctors Without Borders.

6. Angelina Jolie

Movie sinner
Foto : Movie sinner

Aktris yang udah lama kerja sama PBB buat bantu pengungsi di seluruh dunia ini bilang serangan Israel ke Gaza adalah tindakan teror. Dia juga bilang bantuan kemanusiaan yang datang cuma sebagian kecil dari yang dibutuhkan.

7. Bella Hadid

Instagram
Foto : Instagram

Model yang punya darah Palestina ini udah lama ngasih suaranya. Dia bilang hatinya hancur melihat penderitaan rakyat Palestina. Dia juga cerita tentang keluarganya yang jadi pengungsi setelah diusir dari tanah kelahiran mereka di Palestina.

8. Hunter Schafer

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Aktris ini dilaporkan pernah ditangkap pas demo bareng Jewish Voice for Peace, organisasi Yahudi yang anti-Zionis. Dia bawa poster bertuliskan "The whole world is watching."

9. Kehlani

Instagram/kehlani
Foto : Instagram/kehlani

Penyanyi ini ngomel di Instagram story-nya ke selebriti yang diem aja soal Palestina. Dia bilang mereka diem karena takut kehilangan duit dan kontrak. Dia juga nyindir yang bilang diem aja lebih baik buat karir.

10. Melissa Barrera

Instagram/melissabarreram
Foto : Instagram/melissabarreram

Aktris ini dipecat dari film Scream VII gara-gara postingan pro-Palestina yang dianggap anti-Semit. Dia kemudian klarifikasi di Instagram story-nya dan bilang dia menentang segala bentuk kebencian dan diskriminasi. Dia percaya semua orang berhak mendapatkan hak asasi dan kebebasan. Dia juga bilang diam bukanlah pilihan buatnya.

Topik Terkait