img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Banyak sekali menu hewan laut atau seafood yang bisa kita olah menjadi santapan lezat. Namun, udang merupakan raja dari hewan laut yang paling banyak disukai orang di seluruh dunia. Resep memasak udang bukanlah hal yang mudah. Biasanya sejumlah orang menginginkan olahan resep udang seperti di restoran-restoran seafood mewah, yang menyajikan udang, cumi, kepiting dengan rasa yang super nikmat.

Ada beberapa jenis udang yang mantap untuk diolah ke dalam masakan udang saus tiram ini, misalnya udang jerbung, udang galah, atau udang windu. Udang berukuran sedang hingga besar sangat cocok untuk masakan tumis atau bakar. Waktu memasak yang singkat membuat udang matang sempurna dan tentu kamu masih bisa merasakan tekstur udang yang masih juicy dengan rasa alami daging udang yang manis.

Sebagai informasi tambahan, beberapa tips memilih udang ini wajib kamu tahu sebelum bersiap-siap membeli udang segar. Pertama, pilih udang yang warnanya segar, tidak berbau, dan tidak pucat. Kedua, bagian kepala dan kulit masih menempel sempurna pada bagian badan. Lalu terakhir, saat ditekan, daging udang terasa kenyal dan tidak lembek. Cocok sudah untuk digarap menjadi resep udang saus tiram.

Ada banyak makanan olahan udang yang lezat dengan beragam rasa, seperti asam manis, pedas gurih, pedas manis, dan masih banyak lagi. Tekstur daging udang yang lembut ditambah dengan penyajian yang menarik membuat udang begitu nikmat disantap. Udang merupakan salah satu makanan laut yang diminati banyak orang. Udang kerap diolah menjadi aneka masakan yang lezat dan menggugah selera.

Makanan dari hewan laut biasa dikenal dengan seafood. Bicara soal seafood, ada banyak makanan lezat dengan beragam rasa seperti pedas manis, pedas gurih, asam manis, dan lain-lain. Jenis makanan seafood sendiri ada banyak, salah satu yang jadi favorit masyarakat Indonesia adalah udang.

Cita rasa kuliner nusantara sangat beragam dan memiliki kekhasan masing-masing. Dikenal sebagai negara kepulauan, kekayaan laut Indonesia nggak diragukan lagi. Ada banyak makanan khas nusantara yang berasal dari binatang laut.

Siapa yang nggak suka udang? Rasanya yang gurih dan segar ini selalu diminati orang untuk disantap. Teksturnya yang lembut dipadu dengan penyajian yang menarik akan menjadi sajian yang sangat nikmat dan menggugah selera.

Nah langsung saja, untuk para pencinta udang tapi masih kebingungan akan dibuat dengan resep apa? Langsung saja scroll artikel ini, karena resep udang versi IntipSeleb ini akan cocok untuk jadi hidangan favorit kalian pastinya, Chek it out!

1. Udang Saus Mentega

Menu olahan udang pertaman yaitu dengan dimasak udang saus mentega. Menu ini biasanya sering disajikan di beberap tempat makan seperti hotel, dan resto seafood lainnya.

Bahan-bahan:

•1 bh bawang Bombay

•5 butir Bawang merah

•4 siung Bawang putih

•5 buah Cabe rawit

•5 buah Cabe merah

•2 batang Daun bawang (pisahkan batang dan daun hijaunya)

•2 bh Tomat buang bijinya

Bahan Lainnya :

•Seruas jahe geprek

•7 sdm Margarine

•2 sdm Kecap manis

•1 sdm Saus tiram

•2 sdm Saus tomat

•1 sdm Kecap asin

Cara membuatnya:

1. Beri udang kupas yang sudah dibersihkan dengan perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit kemudian bilas.

2. Panaskan margarin, masukkan udang oseng sebentar sampai udang berubah warna kemudian angkat udang, masak margarin sampai airnya dirasa hilang.

3. Masukkan batang daun bawang, irisan tomat dan jahe geprek, oseng sebentar, kemudian masukkan semua bahan bumbu iris lainnya (kecuali daun bawang hijau), tumis hingga harum.

4. Masukkan udang lalu beri bahan saus, aduk-aduk dan koreksi rasa. Beri irisan daun bawang masak sebentar, matikan api.

2. Udang Saus Tiram

Olahan udang kedua yang akan kita berikan untuk pembaca intip seleb, yaitu resep udang saus tiram ala-ala restoran seafood mewah. Dengan bahan-bahan yang ada, kalian tak usah merogoh kocek yang lumayan besar dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

•1/2 buah bawang bombay

•1 sdt kecap asin

•3 cm jahe

•1/4 sdt gula pasir

•1 sdt kecap manis

•150 ml air

•1 sdm saus tomat

•3 siung bawang putih

•1/4 sdt merica bubuk

•2 sdm saus tiram Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

1. Silakan ambil udang yang sudah anda sediakan.

2. Lalu lumuri udang dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam.

3. Kemudian diamkan udang selama kurang lebih 10 menit.

4. Setelah udang siap, silakan siapkan wajan dan masukan minyak goreng untuk menggoreng udang.

5. Panaskan minyak goreng tersebut. Lalu masukan udang dan goreng dengan menggunakan api besar.

6. Goreng udang sebentar hingga berkulit. Apabila sudah seperti itu, anda bisa mengangkat udang dan meniriskannya terlebih dahulu

7. Kembali panaskan minyak goreng sebanyak kurang lebih 2 hingga 3 sendok makan. Panaskan minyak hingga meletup-letup. Apabila minyak goreng sudah panas, anda bisa memasukan bawang putih, bawang bombay dan jahe.

8. Aduk merata hingga mengeluarkan aroma harum. Setelah seperti itu, silakan masukan udang yang sudah anda goreng tadi. Aduk-aduk hingga merata.

9. Tambahkan bumbu-bumbu seperti saus tomat, saus tiram, kecap asin, kecap manis, gula dan merica. Aduk-aduk hingga semua bahan dan bumbu tercampur merata

10. Apabila sudah seperti itu, anda bisa menuangkan air sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. Aduk kembali hingga merata.

11. Masak hingga bumbu dan kuah meresap. Jika sudah seperti itu, silakan angkat dan sajikan pada tempat saji yang telah disediakan.

3. Udang Goreng Krispy

Bahan-bahan:

- 1 kg udang kupas tanpa kepala
- 1 sdt garam
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt perasan air jeruk nipis
- 200 gr tepung terigu
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt merica
- 1/4 sdt baking powder
- Mayonaise, saus tomat, atau sambal

Cara membuatnya:

1. Balurkan campuran air jeruk nipis, garam, dan bawang putih pada udang. Diamkan selama satu jam.

2. Masukkan tepung terigu, air, garam, merica, baking powder dalam mangkuk. Campur adonan hingga rata dan tidak ada tepung yang menggumpal.

3. Celupkan udang ke dalam adonan tepung.

4. Goreng dengan minyak panas hingga kuning keemasan, angkat tiriskan.

4. Udang Bakar Ala Jimbaran

Bahan-bahan:

- 250 gr udang windu, ukuran sedang belah bagian punggungnya jangan sampai putus (biarkan seluruh kulitnya)
- 1 sdt kecap manis
- 3 sdm saus tiram
- 2 sdm saus sambal
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdt lada bubuk
- 1 jeruk limau, peras airnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 3 buah cabai merah keriting
- 1 siung bawang bombai
- 2 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 1/2 bungkus terasi bakar

Cara membuatnya:

1. Lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Diamkan minimal 5 menit, bilas dan sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

3. Selanjutnya masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, kecap manis, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Tumis kembali hingga rata.

4. Tambahkan air jeruk limau, aduk rata kembali. Masak hingga bumbu kental dan matang. Cek rasa, jika sudah pas. Angkat dan sisihkan.

5. Bakar dengan berikan bumbu oles hingga merata, bakar hingga matang di kedua sisi. Angkat dan sajikan dengan aneka sambal. (bbi)

Topik Terkait