img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Bukit Moko adalah salah satu tempat wisata yang cukup populer di Bandung, Jawa Barat. Bukan tanpa alasan, Bukit Moko memiliki sejuta pesona yang mampu membuat pengunjung yang datang seolah terhipnotis dan ingin berkunjung lagi ke tempat wisata tersebut.

Bukit Moko yang berada di dataran tinggi, memuat tempat ini memiliki suasana yang sejuk. Wisata alam yang asri pun membuat tempat ini menjadi lebih banyak dikunjungi karena udaranya yang terasa berbeda dengan udara di perkotaan.

Lantas kira-kira ada hal apa saja ya yang menarik dari Bukit Moko, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pesona dari Bukit Moko, maka anda perlu menyimak artikel berikut ini hingga selesai.

Bukit Moko

Instagram/@panorama.magz
Foto : Instagram/@panorama.magz

Bukit Moko beralamat di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa barat. Bukit Moko sendiri letaknya tak begitu jauh dari Kota Bandung, yakni hanya berjarak 13 km dan memiliki durasi tempuh kurang lebih selama 45 menit saja.

Karena lokasinya yang cukup strategis, jadi tak heran jika Bukit Moko menjadi salah satu alternatif wisata bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Ketinggian Bukit Moko sendiri kurang lebih memiliki tinggi 1.500 meter di atas permukaan air laut.

Maka tak heran jika tempat ini sering kali diselimuti kabut dikala musim penghujan atau di waktu pagi hari.

Tiket Bukit Moko

Instagram/@yosua_christhand
Foto : Instagram/@yosua_christhand

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi suatu tempat wisata, tentunya anda perlu mengetahui biaya tiket masuknya. Jika anda ragu jika mengunjungi Bukit Moko memiliki tarif yang mahal, anda tidak perlu khawatir.

Sebab, tiket masuk ke Bukit Moko hanya dipatok Rp15.000 saja untuk satu orang. Harga ini berlaku di hari Senin hingga Jumat. Sedangkan di akhir pekan atau hari libur, maka per orangnya dibanderol harga Rp25.000. Harga yang cukup terjangkau untuk tempat wisata alam yang asik dan menyenangkan.

Namun jika anda hendak naik ke puncaknya, anda perlu membayar Rp8.000 lagi untuk satu orang. Akan tetapi perlu diingatkan, bahwa harga yang tertera di artikel ini, mungkin saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu atau sesuai dengan kebijakan baru yang ditetapkan oleh pihak pengelola.

Daya tarik Bukit Moko

Instagram/@sassychris1
Foto : Instagram/@sassychris1

Setelah mengetahui harga tiket ramah di kantong, anda mungkin semakin tak sabar untuk datang. Eits, namun ada baiknya anda perlu tahu, apa saja yang ada di Bukit Moko. Sehingga rencana liburan anda semakin mantap terancang. Berikut daya tarik dari Bukit Moko.

1. Sunset

Untuk para pemburu sunset, anda bisa menjadikan Bukit Moko menjadi salah satu list dari tempat yang wajib anda kunjungi untuk menikmati sunset atau matahari terbenam. Lokasi puncak Bukit Moko yang cukup tinggi, membuat pandangan mata terasa lebih luas.

Maka tak heran jika banyak orang yang menjadikan tempat ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati sunset. Tak sedikit pula orang yang datang di waktu 4 hingga 7 malam untuk menikmati keindahan matahari terbenam dari puncak Bukit Moko.

Cahaya jingga kekuningan di Bukit Moko yang menyinari sela-sela pohon pinus, membuat suasana sekitar terasa magis dan mempesona. Anda tentunya bisa mengabadikannya dalam jepretan kamera.

2. Hutan pinus

Bukit Moko didominasi dengan luasnya hamparan hutan pinus. Di sepanjang jalur pendakian, terdapat luasnya hutan pinus. Sejauh mata memandang, pandangan mata akan dipenuhi dengan pohon minus yang tinggi.

Jika anda mengunjungi tempat ini bersama orang yang anda cinta, mungkin akan menimbulkan kesan romantis dan estetik. Belum lagi suasana yang sejuk membuat siapa saja betah berlama-lama di hutan tersebut.

3. Pemandangan bintang di langit malam

Selain menikmati sunset, ada pemandangan lain yang bisa anda nikmati dari Bukit Moko, yakni hamparan bintang di langit malam yang luar biasa indah. Tak sedikit pula wisatawan yang datang di sore menjelang malam hari untuk melihat paket lengkap dari sunset hingga berganti ke langit malam gelap namun diterangi dengan kemerlip bintang.

Pemandangan langit berbintang di Bandung, terasa menakjubkan saat melihatnya secara langsung. Belum keindahan semakin terpancar dari bawah yang diterangi dengan berbagai lampu terang dari rumah-rumah warga.

4. Spot foto

Sekarang tak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata namun tak mengabadikannya dalam jepretan gambar. Di Bukit Moko, banyak sekali tempat menarik yang bisa anda jadikan objek foto. Untuk anda sendiri yang memang hobi memotret, rasa puas akan anda rasakan setelah mendapat hasil jepretan yang bagus.

Anda bisa memotret hutan pinus, pemandangan sekitar dari puncak Bukit Moko, sunset hingga malam berbintang di Bukit Moko. Tentunya, hasil foto yang anda dapatkan akan ciamik jika dipajang di Instagram anda.

5. Camping ground

Jika anda masih betah di Bukit Moko, maka anda bisa memutuskan untuk bermalam di sana. Ada tempat berkemah yang disediakan di Bukit Moko. Anda nantinya hanya perlu untuk membayar untuk menyewa tenda saja. Camping ground ini akan semakin seru jika anda mengajak teman-teman bersama.

Bayangkan saja, bermalam sambil menyalakan api unggun kemudian berbincang bersama teman-teman. Akan sungguh mengasyikkan. Belum lagi nanti di pagi harinya, anda juga akan bisa menikmati sunrise (matahari terbit) dari puncak Bukit Moko.

Akan tetapi perlu diingat, jika memang anda ingin memutuskan menginap, setidaknya persiapan anda sudah mantap. Jangan lupa bawa jaket tebal karena hawa di sekitar Bukit Moko yang dingin.

Fasilitas di Bukit Moko

Instagram/@hilmy49mew
Foto : Instagram/@hilmy49mew

Selain daya tarik yang telah disebutkan di atas, Bukit Moko juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ada toilet, tempat beristirat, track hiking, serta tempat kuliner.

Untuk anda yang tidak mempersiapkan bekal makanan, tak perlu khawatir, sebab di Bukit Moko terdapat tempat kuliner yang bisa anda cicipi satu persatu. Ada juga tempat ibadah yakni musala untuk umat muslim melaksanakan salat.

Tips berkunjung

Untuk anda yang mantap untuk berkunjung ke Bukit Moko, maka anda bisa memanfaatkan google maps jika memang belum mengetahui rute ke Bukit Moko. Lokasinya cukup stratergis sehingga mudah ditemui.

Jika anda ingin berkunjung menggunakan kendaraan pribadi maka tak perlu khawatir, sebab di Bukit Moko juga menyediakan lahan parkir untuk anda memarkirkan kendaraan anda. Berikut ini adalah tips jika anda ingin berkunjung ke Bukit Moko.

1. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan kendaraan anda sudah terisi bahan bakar secara full dan kondisi kendaraan juga aman digunakan.

2. Bawa atau kenakan pakaian tebal sebab hawa di Bukit Moko cenderung dingin. Selain itu gunakan pula sepatu yang tidak licin sebab track jalan ke Bukit Moko terkadang licin karena terkena air hujan atau embun serta lumut. 

Demikian adalah sederet informasi tentang Bukit Moko yang merupakan tempat wisata di Bandung yang cukup populer. Untuk harga yang tercantum, lagi-lagi kami ingatkan bahwa harga tersebut bisa saja berubah seiring dengan berjalannya waktu dan kebijakan dari pihak pengelola.

Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur.(prl).

Berita Terkait
Topik Terkait