img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebResep soto Banjar kini menjadi ide masakan yang paling digemari banyak orang di Indonesia. Varian soto ini berasal dari Kalimantan Selatan. Soto khas Banjar biasanya menggunakan bahan utama dada ayam suwir. Cara meracik bumbu serta kuah kaldunya cukup sederhana.

Hidangan soto ini tentu memiliki ciri khas dari hidangan soto lainnya. Rasanya enak dengan menggunakan bahan utama ayam. Nah, agar bisa menikmati sajian soto Banjar, anda tentu bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat soto Banjar untuk anda.

Soto Banjar merupakan salah satu variasi dari bermacam-macam resep soto yang ada di Nusantara. Masakan yang cukup terkenal akan aroma harum khas dari rempah-rempah ini berasal dari suku Banjar Kalimantan Selatan.

Soto Banjar ini memiliki ciri khas kuah yang agak keruh, karena kuahnya dicampur dengan krimer ataupun susu bubuk. Namun apabila Anda lebih menyukai kuah yang agak bening, Anda bisa melewatkan bahan tersebut. Serta paling enak soto ini dinikmati bersama dengan lontong ataupun ketupat dan perkedel serta telur.

Berbahan dasar ayam kampung, soto ini memiliki keunikan, yaitu bumbunya diperkaya dengan rempah-rempah biji pala, cengkih, dan kayu manis. Ada pula yang menambahkan beberapa butir kapulaga ke dalam air rebusan kuah soto yang semakin gurih berkat Royco Kaldu Ayam. Selain berkuah bening, ada juga yang menambahkan susu ke dalam kaldunya sehinga kuah soto nampak lebih keruh. Intinya, keunikan Soto Banjar ini sulit untuk dilewatkan!

Hidangan ini merupakan salah satu kekayaan kuliner provinsi beribu kota Banjarmasin selain ayam masak habang, lontong orari, dan ketupat kandangan. Pedagang soto biasanya menyajikan satai ayam sebagai lauk pelengkap bagi yang suka, sementara semangkuk soto biasanya ditemani dengan perkedel kentang dan telur rebus.

Soto banjar Ini kebanyakan di hidangkan dengan kuah yang bening dan akan lebih menyegarkan lagi jika ditambah perasan jeruk nipis. Ciri khas dari cita Rasa soto banjar khas Kalimantan tersebut, yaitu rempah-rempah yang terasa dalam kuah bening soto yang membuat badan menjadi hangat.

Cocok dijadikan hidangan saat hujan turun, soto banjar ini tidak menghabiskan banyak budget, jika kalian membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membuat rasa soto banjar semakin nendang, kalian wajib menyediakan kerupuk untuk dinikmati bersama hangatnya kuah soto.

Jika tak ada kerupuk, kalian dapat menggunakan emping sebagai penggantinya dan jangan lupa ditaburi bawang goreng yang banyak. Sebagian orang memang tak menyukai soto bening, namun soto banjar kali ini berbeda dari soto bening biasanya. Memiliki kesegaran yang khas, soto Banjar juga sering ditemui hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Untuk kalian yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk bareng intip seleb akan bagikan resep spesial soto banjar untuk kalian semua, Chek it Out!

1. Resep Soto Banjar Khas Kalimantan

Bahan-bahan:

✓1 ekor ayam kampung, bisa dipotong menjadi 4 atau beberapa bagian

✓1500 ml air yang digunakan untuk merebus ayam

✓2 buah kentang yang sudah direbus dan dipotong-potong

✓100 gram soun yang sudah direndam dengan air

✓5 batang seledri dirajang

✓1 buah ketupat Banjar, yang sudah dipotong-potong

✓1 batang kayu manis

✓2 sdm kecap asin

✓4 butir telur ayam yang sudah direbus dan dibelah 2 bagian

✓4 buah perkedel

✓2 buah jeruk nipis

✓4 sdm minyak goreng untuk menumis

✓Bawang goreng, secukupnya

✓4 siung bawang merah

✓3 siung bawang putih

✓½ sdt adas

✓½ sdt jintan

✓3 cm jahe

✓2 cm kunyit

✓½ sdt lada putih bubuk

✓1 sdt garam

Cara membuatnya:

1. Siapkan panci dan panaskan air. Rebus ayam dengan kayu manis dan garam hingga mendidih dan teksturnya empuk.

2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan menggunakan minyak goreng sampai harum. Kemudian, masukkan ke dalam rebusan ayam. Rebus kembali ayamnya.

3. Angkat ayam dari rebusan, lalu tiriskan sampai dingin. Kemudian, suwir-suwir ayam tersebut.

4. Di dalam mangkuk, susunlah ketupat, soun, perkedel, kentang rebus, telur ayam, dan suwiran ayam. Lalu, siram dengan kuah soto.

5. Pelengkapnya, taburkan bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis.

6. Soto Banjar khas Kalimantan Selatan siap dihidangkan untuk keluarga.

2. Resep Soto Banjar Kuah Susu

Bahan-bahan:

•1 ekor ayam kampung, bisa dipotong menjadi 4 atau beberapa bagian

•3 liter air yang digunakan untuk merebus ayam

•1 sdm garam

•2 buah kentang yang sudah direbus dan dipotong-potong

•2 buah wortel yang sudah direbus dan dipotong

•100 gram soun yang sudah direndam dengan air

•4 butir telur ayam rebus dan dibagi menjadi 2 bagian

•Daun bawang dan seledri, secukupnya

•Jeruk nipis, secukupnya

•9 siung bawang merah

•7 siung bawang putih

•4 butir kemiri

•4 cm jahe

•½ sdm lada bubuk

•¼ buah pala

Cara membuatnya:

1. Bersihkan ayam, siapkan panci, dan panaskan air. Rebus ayam dengan 3 liter air dan berikan garam. Tunggu sampai mendidih dan minyak ayamnya keluar.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama bumbu pelengkap (kapulaga, cengkih, kayu manis) hingga harum dan masukkan ke dalam air rebusan ayam. Tunggu sampai ayamnya empuk.

3. Bisa ditambahkan garam, gula, atau kaldu bubuk sesuai selera. Lalu, cek rasanya.

4. Ambil 2 butir kuning telur yang sudah direbus, lalu blender bersama susu full cream, dan 2 butir bawang putih sampai halus.

5. Campurkan ke dalam rebusan ayam. Tunggu hingga mendidih, kemudian masukkan potongan wortel. Cek rasanya.

6. Angkat ayam dari rebusan, lalu tiriskan sampai dingin. Kemudian, suwir-suwir ayam tersebut.

7. Di dalam mangkuk, susun semua bahan seperti ketupat, soun, kentang rebus, suwiran ayam, seledri, dan daun bawang. Lalu, siram dengan kuah soto.

8. Tambahkan sambal, perasan air jeruk nipis, dan kecap, sesuai selera. Bisa juga ditambahkan dengan bawang goreng.

9. Soto Banjar dengan kuah susu siap disajikan untuk keluarga.

3. Soto Banjar Jeroan

Bahan-bahan:

2 liter air kaldu ayam
1/4 Ayam (bagian paha atas dan paha bawah)
1 buah wortel ukuran besar
Secukupnya gula, garam, dan kaldu bubuk

Bumbu Soto:
✓6 siung bawang putih, haluskan

✓11 siung bawang merah, haluskan

✓Sejumput kayu manis bubuk

✓1/4 sdt pala bubuk

✓2 butir cengkeh

✓2 butir kapulaga

✓1 bunga lawang

✓1 sdt merica bubuk

✓2 sdm minyak goreng untuk menumis

✓3 pasang jeroan (hati, usus, ampela)

✓1 batang serai, geprek

✓4 cm lengkuas, geprek

✓2 lembar daun salam

✓Secukupnya garam, gula

✓Secukupnya air untuk merebus

Pelengkap Soto:
•1 lonjor lontong
•Secukupnya perkedel kentang

Cara membuatnya:

1. Rebus jeroan ayam dengan serai, lengkuas dan daun salam hingga matang (tujuannya untuk menghilangkan bau) dan rebus ayam dalam air kaldu.

2. Siapkan bumbu halus, bubuhi merica, pala, cengkeh, bunga lawang, kapulaga, bubuk kayu manis. Beri minyak 2 sdm minyak goreng, tumis hingga wangi. Masukan tumisan bumbu ke dalam panci kaldu berisi ayam.

3. Rebus hingga mendidih, masukan wortel. Rebus hingga wortel matang. Ambil dan tiriskan wortel, ayam dan jeroan. Sisihkan.

4. Potong-potong jeroan ayam, wortel, telur, jeroan ayam/ daging ayam. Tata lontong, bihun, cacahan jeroan/ayam, wortel, telur di dalam mangkuk. Taburi daun bawang, seledri dan bawang goreng. Siram kuah soto panas. (bbi)

Topik Terkait