img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebTempat wisata di Surabaya tidak kalah menarik dengan Jakarta ataupun Bandung. Surabaya bisa menjadi alternatif untuk kamu berakhir pekan.

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Kota yang dikenal dengan ikon suran dan buaya itu terletak 800 km sebelah timur Jakarta, atau 435 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Sehingga pemandangan pulau dewata nampak jelas dari kota ini.

Surabaya juga dikenal sebagai kota perjuangan. Salah satu peristiwa besar itu disebut Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945.

Berbekal bambu runcing dan senjata seadanya, arek-arek Suroboyo tidak gentar menghadapi tentara Sekutu dan Belanda yang bermaksud menguasai kembali pulau Jawa. Peristiwa ini kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Meskipun berada di wilayah Jawa Timur, namun bahasa Suroboyoan tampak berbeda dibanding bahasa Jawa pada umumnya di daerah lain. Di masa lalu, bahasa Suroboyoan dianggap sebagai bahasa yang kasar dan tidak sopan, yang jauh dari gaya bahasa Jawa ala Solo-Yogya yang cenderung halus.

Namun, belakangan banyak penelitian menyebutkan bahwa anggapan itu sempit dan hanya mengacu pada keadaan di masa lalu. Padahal, gaya bahasa Suroboyoan justru memberikan kesan akrab, asyik, keren, identik dengan anak muda, dan berselera humor.

Tanpa belama-lama lagi, ini lah beberapa tempat wisata di Surabaya yang telah IntipSeleb rekomendasikan untuk kamu. Keep scrolling.

1. Museum 10 November

Pinterest
Foto : Pinterest

Sesuai namanya, museum ini berisi koleksi dan bukti sejarah peristiwa 10 Nopember 1945. Museum ini berada di komplek Tugu Pahlawan yang berlokasi di Jl. Pahlawan yang merupakan pusat Kota Surabaya dan dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Tepatnya di bawah tanah Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H Abdurrahman Wahid.

Dari awal masuk ke gedung utama museum, kita akan disambut sebuah patung besar di tengah bangunan. Patung ini menggambarkan kegigihan para pejuang yang berperang melawan penjajah dengan banyak korban yang berguguran, tetapi tetap berusaha bangkit.

2. Hutan Bambu Keputih

Pinterest
Foto : Pinterest

Ialah Hutan Bambu Surabaya, tepatnya berada di Keputih. Mendengar nama “Hutan Bambu”, mungkin yang terlintas adalah hutan di pedesaan. Tapi jangan salah, di tengah kota pun dapat terwujud tempat asri seperti ini.

Suasananya yang asri membuat pengunjung berbondong-bondong datang ke lokasi ini. Sekarang, taman rekreasi ini tengah menjadi favorit pengunjung menghabiskan waktu luang. Kebun Bambu Surabaya juga dikenal sebagai Kebun Bambu Keputih, karena lokasinya berada di Keputih. Kebun Bambu Keputih mengingatkan pada Sagano Bamboo Forest yang ada di Jepang. Berdiri di area 40 hektar, yang dibagi menjadi Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Taman Ruang Publik. Kebun Bambu Keputih menjadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran di tengah Kota Surabaya yang padat.

Hutan Bambu Keputih tidak dibuat menjadi tempat wisata dengan sengaja. Bahkan sebelum menjadi objek wisata, tempat ini merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). TPA ini sudah ada sejak tahun 1970, kemudian pemerintah kota menutupnya sekitar tahun 2000.

Sementara lokasi yang dulunya TPA Keputih dipindahkan ke daerah Benowo. Supaya tidak terbengkalai, pemerintah kota sengaja menanam bibit bambu di area tersebut.

Setelah belasan tahun, tempat tersebut tumbuh pepohonan bambu yang lebat. Dirapikan sehingga terlihat seperti sekarang ini. Hingga menjadi tempat wisata yang sangat menarik dikunjungi.

3. Museum House of Sampoerna

Pinterest
Foto : Pinterest

Museum rokok ini dulunya adalah pabrik rokok pertama Sampoerna. Saat ini bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1862 termasuk dalam situs bersejarah yang dilestarikan di Surabaya. Pada masa Belanda, bangunan ini adalah panti asuhan yang dikelola Belanda. Kemudian pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee yang menjadi pendiri Sampoerna dan menjadi tempat pertama produksi rokok Sampoerna. Saat ini, bangunan ini termasuk dalam situs sejarah yang dilestarikan di Surabaya.

Museum ini memiliki aula pusat yang luas, dua bangunan kecil di sisi timur dan barat serta ruang terbuka di belakang aula pusat. Bangunan yang ada di samping diubah menjadi bangunan keluarga dan bangunan mirip gudang ini digunakan sebagai fasilitas produksi. Seperti pemrosesan tembakau dan cengkeh, peracikan, melinting rokok dan pengemasan, pencetakan dan pemroses bahan jadi.

4. Pantai Ria Kenjeran

Pantai yang letaknya tidak jauh dari salah satu ikon terbaru Jawa Timur sekaligus ikon paling fenomenal di Indonesia yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan ini diperkirakan paling panjang Se-Asia Tenggara ini memiliki pesona alam yang membuat pengunjung betah dan ingin kembali lagi.
Pantai Ria Kenjeran ini bahkan memiliki dua spot Pantai yaitu Pantai Ria Kenjeran lama dan Pantai Ria Kenjeran Baru. Wisata bahari ini adalah lokasi yang pas untuk pelarian bagi siapa pun yang merasa jenuh dengan rutinitas membosankan.

5. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS)adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terletak di Surabaya. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 211 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.236 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. Sebagai tujuan wisata alternatif yang layak dan terjangkau bagi masyarakat serta menawarkan pilihan rekreasi yang sehat dan menghibur untuk berbagai kalangan.

6. Mangrove Gunung Anyar

Wisata mangrove yang satu ini masih terbilang baru. Berdiri sejak tahun 2015 dan sempat viral di berbagai sosial media karena pemandangannya yang sangat Instagramable. Lokasi wisata ini berada di daerah Rungkut, Sidoarjo. Pengelolaannya di bawah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surabaya.

Selain bisa menyaksikan pemandangan hijau yang indah, pengunjung bisa berfoto dengan spot-spot yang cantik. Jembatan kayu yang panjang dengan latar hutan mangrove yang hijau menjadi tempat Anda bisa bergaya ala selebgram.

Selain menikmati suasana yang masih asri, di tempat ini para pengunjung juga bisa menyaksikan aktivitas penanaman mangrove. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata indah ini setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 petang waktu setempat.

Pihak pengelola wisata belum memberlakukan tiket masuk. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir mulai dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Kawasan mangrove ini menjadi salah satu tempat wisata alam akhir pekan yang cukup indah untuk Anda kunjungi bersama teman-teman.

7. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo adalah salah satu ruang terbuka hijau yang ada di Surabaya. Bagi masyarakat yang sedang mencari tempat wisata yang murah meriah, taman ini bisa menjadi pilihan. Di dalam taman memiliki beragam fasilitas dan wahana.

Hal yang paling menarik di sini yaitu patung Suro dan Boyo dengan ukuran raksasa. Selain ukurannya yang besar, patung rumput laut yang menjadi hiasan pelengkap patung ini dibuat berbeda. Patung rumput laut yang ada di sini bercat hijau, tidak seperti patung Suro dan Boyo lainnya. Tak hanya patung, daya tarik taman ini yaitu letaknya yang berada di sebelah Pantai Kenjeran.

Jika ingin melihat laut atau aktivitas nelayan, pengunjung tinggal berjalan kaki untuk sampai ke pantai ini. Karena berada di samping pantai, taman ini juga dekat dengan pasar ikan. Lokasi taman ini berada di seberang Sentra Ikan Bulak, yaitu pasar yang menjadi tempat penjual ikan segar hasil tangkapan nelayan. Bagi yang membawa anak-anak juga tersedia area bermain anak dan wahana lainnya, seperti mobil-mobilan.

Itulah tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi untuk menjalani akhir pekan kamu. Selamat berakhir pekan. (jra)

Topik Terkait