img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSelebDoa naik pesawat perlu anda panjatkan ketika hendak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang. Doa merupakan hal wajib bagi umat beragama agar apa yang sedang dikerjakan dapat mendapat limpahan berkah dan selalu dalam ridho Allah SWT.

Doa juga berguna agar kita selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam marabahaya serta niat jahat manusia. Sebab sebaik-baiknya perlindungan adalah perlindungan yang diberikan oleh Allah SWT.

Untuk anda yang hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat, maka anda perlu membaca doa naik pesawat terlebih dahulu agar dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Lalu bagaimana doa naik pesawat? Untuk mengetahuinya, anda perlu membaca artikel yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini hingga selesai.

1. Doa keluar rumah

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Ketika anda hendak melakukan perjalanan, entah menggunakan kendaraan atau tidak, doa anda bisa dilakukan sejak anda keluar dari rumah. Doa ini berguna agar anda senantiasa diberikan perlindungan dan segala urusan anda bisa lancar. Berikut ini adalah doa keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).

Ketika keluar rumah, hendaknya menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW sangat menyukai semua hal yang dimulai dengan menggunakan bagian sebelah kanan dalam melakukan segala urusan.

Setelah membaca doa singkat di atas, maka disarankan pula untuk melanjutkan membaca doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَأَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّأَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّأَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَأَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udhalla au azilla au uzalla au azhlima au uzhlama au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, berbelok dari jalan yang benar atau dibelokkan dari jalan yang benar, berbuat kezaliman atau dizalimi, berbuat kejahilan atau dijahili.” (HR. Abu Dawud).

2. Doa Naik Pesawat

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Doa naik pesawat ini anda bisa bacakan ketika baru naik pesawat dan hendak terbang. Namun pada dasarnya, doa berikut ini bisa dibacakan saat anda naik kendaraan apapun, seperti motor, mobil, kereta hingga kapal laut.

Berikut ini adalah doa naik pesawat:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Hud:41)

Doa ini dianjurkan untuk bacakan agar kita selalu dapa ridha, keselamatan hingga perlindungan dari Allah SWT. Sesungguhnya tidak ada tempat lagi untuk memohon pertolongan dan perlindungan selain kepada Allah SWT.

Selain doa naik pesawat di atas, ada pula doa lain yang disarankan jika ingin naik pesawar terbang. Doa ini bersumber dari Al Quran surat Az Zukhruf ayat 14:

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanaladzi sakhoro lanaa hadaaa wa maa kunnaa lahu muqriniin wa innaa ila robbinaa lamun-koliibuun

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (QS Az Zukhruf:14)

3. Doa naik pesawat dilanjutkan dengan zikir

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Setelah membaca doa naik pesawat di atas, hendaknya anda untuk melanjutkan berzikir di sepanjang perjalanan. Berikut ini adalah bacaan zikir yang disarankan untuk anda:

Bacaan zikirnya adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Bismillahi, Alhamdulillah (3x), Allahu akbar (3x), subhaanaka Allahumma innii dhalamtu nafsii faghfirlii, fa innahu laa yaghfirud-dhunuuba illaa anta

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi). []

4. Doa naik pesawat ketika turbulensi

www.freepik.com/DCStudio
Foto : www.freepik.com/DCStudio

Ketika pesawat mengudara, ada yang disebut dengan istilah turbulensi. Sekadar informasi bahwa turbulensi merupakan kondisi ketika kecepatan aliran udara di sekitar pesawat berubah drastis. Hal ini lah yang kemudian membuat tubuh pesawat mengalmai terguncang, baik itu guncangan ringan maupun guncangan yang kuat.

Jika anda mengalami hal ini, anda disarankan untuk membaca kalimat ‘Basmallah’ agar senantiasa ingat dengan Allah SWT.

بِسْمِ الله

Bismillah

Artinya: “Dengan nama Allah.”

5. Keutamaan doa

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Dalam Islam, doa meruapakan salah satu ibadah yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Doa bisa dikatakan adalah momen ketika kita berkomunikasi dengan Allah SWT. Dengan berdoa kita bisa meminta atau memohon kepada Allah SWT keinginan yang kita inginkan.

Doa bisa dikatakan menjadi salah satu ibadah yang bisa dilakukan disamping mengerjakan ibadah yang utama yakni salat. Ketika selesai salat pun kita dianjurkan untuk berdoa agar bisa lebih dekat kepada Allah SWT.

Jusru Allah SWT sangat menyukai siapapun yang berdoa kepada dirinya. Dalam kitab Al Hakim, disebutkan hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kalian enggan untuk berdoa. Sesungguhnya seseorang tidak akan binasa bersama doa (Saat ia berdoa)."

Al Auzai menceritakan dari Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah RA, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam berdoa."

Dikatakan pula dalam firman Allah SWT yang menyebut bahwa Allah SWT niscaya akan mencukupkan segala keperluan siapapun jika bertawakal kepada Allah SWT. Hal ini berdasarkan dari firman Allah yang berbunyi :

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [Ath-Thalaq/65 : 3]

Jadi mulai sekarang anda tidak perlu lagi untuk memanjatkan doa dan memohon apa yang anda inginkan kepada Allah SWT. Sebab pada dasarnya Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang bertawakal kepada dirinya,

Berdoa juga membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT. Selain itu, dengan berdoa kita juga menunjukkan bahwa kita selalu mengingat Allah SWT yang merupakan pemilik dari segala zat yang ada di dunia ini.

Demikian adalah sederet informasi terkait doa naik pesawat untuk anda. Sebagai umat beragama, anda disarankan untuk selalu memanjatkan doa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar segala yang anda kerjakan bisa mendapatkan rindha dan perlindungan dari Allah SWT.

Semoga informasi di atas terkait doa naik pesawat dan lainnya bisa berguna untuk anda dan semoga selamat sampai tujuan.

Topik Terkait