img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebDoa sholat isya dilakukan saat malam hari, di mana ibadah satu ini menjadi penutup dari 5 waktu sholat yang diwajibkan. Dalam rukun islam, melakukan sholat 5 waktu menjadi hal wajib dalam melaksanakan ibadah.

Di mana mengingat salah satu kisah Nabi Muhammad yang menegosiasikan soal waktu sholat dengan Allah SWT dalam peristiwa Isra Miraj, di mana awalnya Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk beribadah sholat 50 waktu.

Di perjalanan Isra Miraj tersebut, Nabi Muhammad bertemu Nabi Musa AS di langit keenam usai menghadap Allah SWT. Nabi Muhammad pun menceritakan perintah Allah SWT yang menyuruh umat Nabi Muhammad untuk melaksanakan sholat 5 waktu itu. Kemudian Nabi Musa AS pun mengusulkan pada Nabi Muhammad untuk menegosiasikan jumlah sholat tersebut.

“Sesungguhnya umatmu niscaya tidak akan kuat melakukan hal tersebut, maka kembalilah lagi kepada Rabbmu dan mintalah keringanan buat umatmu kepada-Nya,” ujar Nabi Musa AS pada Nabi Muhammad SAW.

Sehingga Allah SWT pun menetapkan untuk melakukat sholat 5 waktu, di mana setiap sholat Allah lipat gandakan pahalanya hingga terhitung menjadi lima puluh kali sholat (Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim; dan lafal hadis ini berdasarkan Imam Muslim).

Sehingga sholat lima waktu yang wajib tersebut seperti yang kita ketahui dan lakukan hingga saat ini yaitu subuh dengan dua rakaat, dzuhur empat rakaat, ashar empat rakaat, maghrib tiga rakaat, dan isya empat rakaat seperti dalam surat Al Isra Ayat 78 yang berbunyi:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya: "Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) Subuh. Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)". (QS. Al Isra: 78).

Sehingga pada ulasan kali ini mengenai doa sholat isya. Di mana tak ada banyak perbedaan dari doa sholat isya dengan doa sholat lainnya. Karena doa sholat isya hampir serupa dengan doa-doa sholat lainnya. Terdiri dari empat rakaat, maka doa sholat isya pun juga menyesuaikan. Lantas kira-kira seperti apa doa sholat isya untuk melaksanakan ibadah tersebut? Simak ke bawah untuk doa sholat isya.

Tata Cara Sholat Isya dan Doanya

1. Niat sholat isya.

2. Takbiratul Ihram

Gerakan takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan seraya mengucapkan kalimat takbir yaitu Allaahu Akbar yang berarti Allah Maha Besar.

3. Baca Iftitah

Membaca doa iftitah dilakukan setelah takbiratul ihram. Kemudian tangan disedekapkan di depan dada dan baru membacakan doa iftitah, berbunyi:

“Allaahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fataras samawaati wal ardha, haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

Artinya: “Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang." Sesungguhnya kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim.”

4. Baca Al-Fatihah

Bacaan Al-Fatihah menjadi bacaan wajib saat sholat dan tiap rakaatnya.

“Bismillahir rahmaa nirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

5. Membaca Surat Pendek

Surat pendek dibaca pada dua rakaat pertama dan hukumnya sunnah.

6. Ruku

Gerakan ruku' dengan mengangkat kedua tangan dan membaca 'Allahu akbar' lalu badan dibungkukkan sembari kedua tangan memegang lutut dengan posisi antara punggung dan kepala sama rata, sambil membaca:

Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih, dibaca sebanyak 3 kali.

Artinya: " Maha suci tuhan yang maha agung serta memujilah aku kepadanya."

7. I’tidal

Selanjutnya yaitu gerakan i'tidal dengan bangkit dari ruku' lalu berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan setinggi telinga (laki-laki) atau dada (perempuan) sambil mengucapkan:

“Sami'allaahu liman hamidah” yang artinya “ Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya."

Setelah berdiri tegak, lalu membaca ini:

“Robbanaa lakal hamdu mil us-samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syain ba'du.”

Artinya: " Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu."

8. Sujud

Setelah i'tidal adalah sujud. Gerakan sujud dilakukan dengan meletakkan dahi di lantai yang telah diberikan alas bersih. Saat turun ke bawah dari posisi i'tidal, lakukanlah sambil membaca " Allahu akbar" kemudian sujud dengan membaca doa:

“Subhaana robbiyal a'la wabihamdih.” Dibaca sebanyak tiga kali.

Artinya: " Maha suci tuhan yang maha tinggi serta memujilah aku kepadanya."

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Kemudian duduk di antara dua sujud sambil membaca doa:

“Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.”

Artinya: “ Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.”

Usainya lakukan gerakan sujud kembali hingga empat rakaat.

10. Duduk Tahiyat Awal

Duduk tahiyat awal dilakukan pada rakaat kedua doa sholat isya. Setelah sujud yang kedua, posisi tahiyat awal yaitu dengan sikap kaki tegak dan kaki kiri diduduki sambil membaca doa:

“Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. Assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. Allahumma sholli 'alaa muhammad.”

Artinya: “ Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad.”

11. Duduk Tahiyat Akhir

Tahiyat akhir dilakukan pada rakaat terakhir sholat isya. Bacaan dan posisi gerakannya sama dengan tahiyat awal dengan ditambah sholawat nabi, seperti;

“At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah. allaahumma shalli'alaa muhammad, wa'alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik'alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil'aalamiina innaka hamiidum majiid.”

Artinya: "Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam."

12. Salam

Doa sholat isya yang terakhir yaitu membaca salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri.

“Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatu”

Artinya: Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu.

Itulah doa sholat isya dan caranya, semoga membantu.

Topik Terkait