img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Salah satu isi telur ayam merupakan cairan berwarna bening yang biasa kita sebut dengan putih telur. Jika ditelisik, khasiat putih telur ternyata cukup banyak bagi kesehatan, semua ini berkat kandungan beragam nutrisi penting di dalamnya.

Dibandingkan kuning telur, putih telur seakan masih kurang "laku". Padahal, putih telur adalah makanan yang baik untuk kesehatan karena sama sekali tidak mengandung kolesterol. Bagi Anda yang masih ragu menyantapnya, mari kenali beraneka ragam manfaat putih telur.

Telur secara keseluruhan adalah asupan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Tidak ada salahnya jika Anda lebih memilih untuk mengonsumsi bagian putihnya saja. Faktanya, manfaat putih telur itu nyata dan sangat baik untuk kesehatan.

Banyak orang menganggap bahwa putih telur kurang bergizi dibandingkan dengan kuning telur, sehingga kurang tertarik untuk mengonsumsinya. Padahal, putih telur juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walau mengkonsumsi putih telur tidak memberikan kandungan gizi selengkap memakan telur utuh, Anda tetap mendapat beberapa manfaat dari putih telur. Berikut ini adalah beberapa manfaat putih telur untuk kesehatan.

Putih telur juga sering dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya untuk mengatasi masalah kulit. Caranya adalah dengan mengkombinasikan putih telur, dengan lemon dan madu untuk dijadikan masker. Masker putih telur mampu mengurangi komedo dan jerawat di wajah, serta dapat mengencangkan sekaligus memelihara kulit.

Nilai kandungan gizi di dalam satu butir telur umumnya bervariasi, tergantung apakah Anda mengonsumsi telur utuh, bagian kuning saja, atau hanya putih telurnya. Putih telur mengandung sekitar 90% air dan 10% protein. Selain itu, bagian ini juga mengandung mineral dan vitamin meski dalam jumlah kecil.

Banyak orang telah menganggap bahwa putih telur merupakan makanan yang kurang bergizi dibandingkan dengan kuning telur. Sehingga kebanyakan orang akan kurang tertarik untuk mengonsumsinya. Padahal, putih telur juga kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Putih telur kaya akan protein tetapi rendah kalori. Faktanya, putih telur memiliki 67% protein dari yang ada di dalam telur. Bagian telur yang satu ini dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung 9 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan dalam tubuh.

Untuk itu, IntipSeleb akan merangkum apa saja manfaat putih telur bagi kesehatan tubuh kita dan kecantikan wajah, langsung Scroll artikel berikut ini.

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung 

Putih telur tidak mengandung lemak dan kolesterol yang baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, lemak dan kolesterol erat kaitannya sebagai penyebab penyakit jantung, salah satunya aterosklerosis jika dimakan berlebihan.

Kalian bisa mengonsumsi putih telurnya saja dan mengesampingkan kuning telur jika tak ingin makan makanan berkolesterol atau berlemak. 

2. Membantu Penyembuhan Pasca Operasi 

Kandungan protein atau asam amino yang tinggi di dalam telur rebus, terutama bagian putihnya, mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk bekas luka operasi. Oleh karena itu, dokter sering kali menyarankan pasien pascaoperasi untuk mengonsumsi putih telur rebus guna mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

Meski putih telur tinggi protein dan rendah lemak, kandungan vitamin dan mineral dalam putih telur juga tidak sebanyak kuning telur. Jadi, sebaiknya tambahkan ragam makanan sehat lainnya bersama putih telur guna memenuhi asupan nutrisi yang seimbang.

3. Menjaga Saraf dan Otak 

Putih telur mengandung kolin yang berfungsi untuk melancarkan proses metilasi atau proses pembentukan sel DNA. Selain itu, putih telur juga baik untuk fungsi saraf, otak, dan membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Maka dari itulah, putih telur bagus untuk ibu hamil karena manfaatnya yang berpengaruh bagi janin. Fungsi saraf dan otak pada janin juga dapat berkembangan baik jika mengonsumsi putih telur secara teratur.

Itulah beberapa manfaat putih telur untuk ibu hamil. Kalian bisa mengonsumsi putih telur dengan memasaknya dengan matang sempurna. Bagaimana pun putih telur juga masih terdapat bakteri salmonella yang bisa berbahaya bagi ibu hamil. 

4. Antioksidan Untuk Mata 

Putih telur juga kaya akan antioksidan terutama untuk mata, sehingga melindungi kesehatan mata terutama mencegah katarak dan penurunan fungsi mata akibat usia. Mengonsumsi putih telur satu kali sehari dapat memaksimalkan manfaat putih telur sebagai antioksidan untuk mata.

5. Mengatasi Komedo 

Komedo putih dapat terbentuk akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Manfaat masker putih telur dapat mengatasi kondisi ini.

Para ahli menyarankan menggunakan masker putih telur dengan sedikit perasan jeruk lemon untuk membantu menghilangkan komedo putih.

6. Menyerap Minyak Wajah 

Manfaat masker putih telur bagus untuk pemilik kulit berminyak. Cobalah kocok satu putih telur sampai kaku lalu tambahkan satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh madu.

Air lemon berfungsi menyerap minyak berlebih dan mencerahkan warna kulit, sementara putih telur mengencangkan pori-pori.

Madu akan menambah kelembapan pada kulit tanpa menambahkan minyak, serta memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berminyak. Biarkan masker selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

7. Cegah Jerawat 

Mencegah jerawat merupakan manfaat masker putih telur selanjutnya. Putih telur membantu mengontrol kulit berminyak yang pada akhirnya akan membantu mencegah munculnya jerawat.

Namun, putih telur tidak boleh dioleskan pada kulit yang berjerawat karena dapat memperburuk erupsi lebih parah. Biarkan jerawat mengering sebelum mengaplikasikan putih telur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Ternyata manfaat masker putih telur bagi wajah luar biasa, ya. Gunakan masker putih telur secara rutin tergantung tipe kulit wajah. Manfaat masker putih telur dikatakan mampu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran di wajah sekaligus menyerap kelebihan minyak, yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu, putih telur juga mengandung lisozim, yakni sejenis senyawa antibakteri. Lisozim diyakini dapat melawan bakteri penyebab berjerawat. 

8. Mengencangkan Kulit Wajah 

Efek yang paling terasa setelah kalian menggunakan masker putih telur adalah kulit wajah terasa lebih kencang! Hal ini biasanya akan berlangsung sekitar satu jam setelah membilas masker.

Tidak sedikit juga orang yang percaya bahwa manfaat masker putih telur mirip dengan facelift jangka pendek. 

Selain mengencangkan kulit, wajah pun akan terlihat lebih cerah karena masker putih telur juga dapat berfungsi untuk mengurangi tampilan garis-garis halus pada wajah. Sel kulit mati yang tidak terangkat ketika membersihkan wajah dengan cara biasa juga dapat diangkat maksimal melalui masker ini. 

9. Menumbuhkan Rambut dan Berkilau 

Rambut hitam berkilau tentu jadi keinginan banyak wanita Indonesia. Namun, paparan sinar matahari berlebih bisa membuat rambut menjadi kusam. Apalagi untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum. 

Nah, ternyata kandungan protein yang ada di dalam putih telur dapat membantu menyehatkan rambut sekaligus menjaga kilau alami rambut. Putih telur mengandung banyak nutrisi terutama protein dan vitamin B yang bisa membantu menjaga kesehatan rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa mencoba membuat masker rambut dengan menggunakan bahan putih.

Berita Terkait
Topik Terkait