img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Untuk kalian yang masih kebingungan mencari resep tahu bacem, pastikan untuk membaca resep versi IntipSeleb yang ini ya. Tahu bacem merupakan salah satu lauk makan yang masih banyak dicari banyak orang.

Tahu dan tempe merupakan salah satu bahan masakan yang cukup mudah untuk diolah. Salah satunya adalah resep bacem tahu tempe berikut ini yang mempunyai tampilan cukup khas berwarna coklat gelap dengan rasa manis yang legit. Dihidangkan sebagai lauk ataupun dicemil begitu saja juga sangat nikmat.

Bacem merupakan salah satu cara memasak yang berasal dari daerah Jogjakarta dan sekitarnya. Selain tahu dan tempe, bahan yang sering dibacem adalah telur dan daging ayam. Cara membuat bacem tahu tempe ini cukup mudah dan praktis, selain itu bahan dan bumbu yang digunakan juga cukup sederhana, sehingga apabila Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, tentunya bukah hal yang menyulitkan.

Anda sedang mencari inspirasi resep tempe tahu bacem yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tempe tahu bacem yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tempe tahu bacem, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan tempe tahu bacem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Saat membuat tahu bacem, tahu harus direndam dalam bumbu dan kecap lalu dimasak hingga airnya menyusut agar semua bumbu terserap sempurna ke dalam tahu. Biasanya, beberapa bumbu dan rempah yang wajib ada saat membuat tahu bacem ialah gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam, dan lengkuas.

Kepopuleran tahu bacem pun tersebar hingga wilayah Yogyakarta. Maka tak heran jika cita rasa makanan yang manis masih mendominasi Kota Pelajar ini.

Tahu bacem salah satu menu legendaris khas Jawa yang bisa dibuat sendiri di rumah. Tahu sendiri adalah salah satu menu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tahu ini mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Tahu mengandung protein yang tinggi, mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1, magnesium, tembaga, seng, dan selenium, yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tahu bacem ini dapat menjadi menu alternatif bila kamu sedang bosan menyantap menu tahu goreng. Bacem ini adalah cara pengolahan yang berasal dari daerah Mataram, seperti Semarang, dan Magelang.

Untuk itu kita intip resep tahu bacem versi IntipSeleb, cocok untuk jadi hidangan utama keluarga saat bingung masak apa? Chek it out!

1. Resep Tahu Bacem Sederhana

Bahan-bahan:

- 10 potong tahu Lembang

- 1 liter air kelapa

- 70 gram gula merah

- 1 sendok makan asam jawa dan larutkan

- 100 ml air panas

- Air

- 2 ruas lengkuas

- 1 ruas jahe

- 5 lembar daun salam

- 5 sendok makan kecap manis

- 1 genggam kulit bawang merah

- Garam

- 1 1/2 sendok teh ketumbar

- 7 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- Lada putih

- Minyak goreng

Cara membuatnya:

1. Pertama siapkan seluruh bahan yang diperlukan. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, kemiri, jahe, dan lengkuas.

2. Lalu potong tahu sesuai selera. Kemudian siapkan panci dan masak bumbu halus, bumbu geprek, gula merah, air asam jawa, daun salam, daun jeruk, santan, dan air.

3. Setelah itu tambahkan potongan tahu. Langkah selanjutnya adalah masak sambil diaduk sesekali sampai mengental dan airnya menyusut.

4. Kemudian dinginkan dan goreng sebentar dengan memakai minyak panas. Tahu bacem siap dinikmati

2. Resep Tahu Bacem Khas Yogyakarta

Bahan-bahan:

- 4 buah tahu ukuran sedang

- 50 gr gula Jawa

- 1 ruas lengkuas

- 2 lembar daun salam

- 3 sdm kecap manis

- 2 sdm air asam Jawa

- Minyak secukupnya untuk menggoreng tahu

- 1 sdt ketumbar

- 1 sdt garam

- 5 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

Cara membuatnya:

1. Iris tahu menjadi beberapa bagian yang sama besar. Jangan lupa untuk menyayat bagian permukaan tahu agar bumbu meresap sempurna.

2. Haluskan semua bahan-bahan halus menggunakan blender lalu rebus bersama air kelapa, gula jawa, dan potongan tahu.

3. Saat merebus tahu dan bumbu-bumbu pastikan untuk menggunakan api kecil agar bumbu meresap secara hingga ke dalam tahu dan matang sempurna.

4. Selanjutnya, masukkan lengkuas kecap manis, gula jawa, daun salam, dan air asam jawa. Kemudian rebus hingga air habis dan tahu berwarna kecokelatan.

5. Saat memasak tahu bacem, pastikan untuk menutup pancinya ya Moms. Hal ini dilakukan agar tahu bacem cepat matang dan membuat bumbu semakin meresap.

3. Resep Tahu Bacem Manis

Bahan-bahan:

• 10 potong tahu

• 6 siung bawang merah

• 4 siung bawang putih

• 250 gram gula merah, disisir halus

• 2 sendok makan ketumbar

• 1 batang serai

• 2 lembar daun salam

• 6 lembar daun jeruk

• 3 butir kemiri

• Garam secukupnya

• Air asam Jawa secukupnya

Cara membuatnya:

1. Siapkan semua bahan. Setelah itu, haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit ketumbar, kemiri, jahe, dan lengkuas. Potong tahu sesuai selera.

2. Siapkan panci, lalu masukkan bumbu halus, bumbu geprek, gula merah, air asam Jawa, daun salam, daun jeruk, santan, dan air. Setelah itu, masukkan potongan tahu.

3. Langkah berikutnya, masak sambil diaduk sesekali hingga mengental dan airnya mengering. Setelah itu, dinginkan dan goreng sebentar dengan minyak panas.

4. Resep Ayam & Tahu Bacem

Bahan-bahan:

✓10 siung Bawang Merah

✓5 siung Bawang Putih

✓3 btr Kemiri

✓1 sdt Ketumbar

✓ 3 sdm Organic Coconut Cooking Oil

✓ 1 btg Sereh

✓ 2 lbr Daun Salam

✓ 1 buah Biji Pala

✓ 4 btr Cengkeh

✓ 1 ruas Lengkuas

✓ 70 gr Gula Aren Kristal Organik

✓ 30 ml Kecap Manis Koro Gude

✓ 4 gr Garam Pemuteran

✓ 1000 ml Air

✓ 1 buah Jeruk Nipis

Cara membuatnya:

1. Bumbu dasar bacem: blender bumbu halus, masak dan beri sedikit Organic Coconut Cooking Oil serta bumbu pelengkap. Masak kembali hingga aroma harum.

2. Tambahkan air dan aduk hingga tercampur rata.

3. Masukkan Gula Aren Kristal Organik, kecap, dan garam. Masak hingga mendidih.

4. Siapkan ayam kampung yang sudah dibersihkan dan dimarinasi dengan garam & perasan jeruk nipis.

5. Siapkan tahu putih yang sudah dibersihkan.

6. Saat bumbu dasar bacem mendidih, kecilkan api. Kemudian masukkan ayam kampung yang sudah dimarinasi dan tahu putih. Masak hingga matang dan berwarna cokelat pekat.

7. Ayam dan tahu bacem siap disajikan.

Topik Terkait