img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Khasiat madu hitam terlampau banyak dan terbukti ampuh mampu menjaga kesehatan tubuh. Madu hitam sendiri merupakan obat alami dari segala penyakit.

Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. Jenis madu ini memiliki banyak nutrisi dan bahan lainnya yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Madu hitam juga sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa yang pada umumnya manis. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang biasa terdapat pada pohon mahoni.

Walaupun rasanya pahit, akan tetapi rasa yang berasal dari senyawa alkaloid inilah memiliki segudang khasiat yang bisa kamu peroleh dari madu hitam. Madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh kamu, seperti saponin dan flavonoid.

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung asam fenolat yang merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Berkat kandungan senyawa ini, madu hitam bermanfaat untuk menghilangkan kanker, antiinflamasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Madu hitam juga mengandung antioksidan flavonoid yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh, kanker, penyakit koroner, diabetes, hingga stroke.

Tidak hanya itu, ahli biokimia, DR. Larry Brookes dalam penelitiannya juga menemukan beberapa zat berikut yang terkandung dalam madu hitam:

  1. Saponin, berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga gula darah tetap stabil, serta mengurangi lemak tubuh.
  2. Unsur kromium, bisa membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin, sehingga metabolisme gula darah bisa bersirkulasi dengan lancar dan tidak menumpuk di pembuluh darah.
  3. Hemoglobin, berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina tubuh tetap terjaga.
  4. Selain kandungan tersebut, madu hitam juga kaya akan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan karbohidrat, serta vitamin.

Setelah membahas kandungan madu hitam yang begitu banyak, lalu apasih khasiat madu hitam untuk kondisi tubuh? Yuk terus scroll artikel di bawah ini.

1. Obat Pereda Alami Batuk

Freepik
Foto : Freepik

Sebuah penelitian melaporkan, madu hitam dapat mengurangi frekuensi batuk yang dialami anak-anak dengan bronkitis.  Madu hitam dinilai cukup efektif diberikan kepada orang-orang yang belum mencoba pengobatan apa pun untuk mengatasi batuk.

2. Mengatasi Sakit Maag

Freepik
Foto : Freepik

Pengidap maag sering mengalami nyeri dan mual saat maag kambuh. Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung. Mengonsumsi madu hitam secara rutin bisa dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya, bahkan bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Baik untuk Kesehatan Kulit

Ingin kulit terasa segar dan sehat? Cobalah untuk mengonsumsi madu hitam secara rutin. Konsumsi madu hitam dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain dikonsumsi, madu hitam juga dapat digunakan sebagai masker wajah.

4. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Menurut sebuah penelitian, madu ternyata sebanding atau bahkan lebih baik daripada air glukosa untuk menunjang kemampuan ketahanan tubuh atlet. Manfaat madu hitam akan lebih terasa jika kamu mengonsumsinya sebanyak 50-80 gram per hari. Selain itu, madu tak boleh diberikan kepada anak di bawah usia satu tahun.

5. Bisa Memperkuat Tulang

Selain mengonsumsi magnesium dan kalsium, kamu juga perlu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk memiliki tulang yang kuat. Nah, vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang berlimpah dalam madu hitam.

6. Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

Bagi kamu, para wanita yang sering mengalami gejala pramenstruasi, seperti kram perut, nyeri payudara, dan kembung, cobalah untuk mengonsumsi madu hitam yang dicampur dengan air hangat untuk meredakannya. Minuman berkhasiat ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat rumah untuk meredakan gangguan menstruasi pada banyak wanita, dan mineral yang terkandung dalamnya bisa mencegah kram menstruasi.

7. Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

Senyawa flavonoid yang terdapat dalam kandungan madu hitam juga terkait dengan sifatnya yang mencegah peradangan dan bisa membantu menurunkan berat badan. Flavonoid dapat mengobati peradangan dalam tubuh sekaligus menekan produksi hormon leptin, yakni hormon yang dihasilkan oleh sel-sel lemak untuk membantu proses metabolisme dan mengontrol nafsu makan kamu. Dengan menghindari obesitas, tentu kamu bisa sekaligus mengurangi risiko penyakit lain, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

8. Bisa Dicoba Untuk Penderita Anemia

Zat besi dan nutrisi seperti vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, sehingga kurangnya asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia atau defisiensi zat besi. Nah, karena kaya akan zat besi dan mineral yang baik, banyak dokter merekomendasikan konsumsi madu hitam untuk membantu mengobati anemia dan defisiensi zat besi.

9. Obat Alergi Alami

Konsumsi madu hitam ternyata bermanfaat untuk mereka yang memiliki alergi.  Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi, seperti asma, rinitis, eksim atopik, dan lain sebagainya, dapat dibantu dengan adanya kandungan flavonoid dari madu hitam.

10. Membantu meningkatkan Konsentrasi

Kandungan flavonoid di dalam madu hitam bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan terbantu untuk konsentrasi. 

11. Atasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi, seperti yang disebabkan oleh asam urat bisa diredakan dengan mengonsumsi madu hitam. Bahan alami ini memiliki kandungan penetral racun yang bisa menetralisir zat purin penyebab asam urat.

12. Bisa Meningkatkan Stamina

 

Manfaat madu hitam yang pertama adalah mampu meningkatkan stamina. Stamina begitu penting karena menyangkut dengan aktivitas sehari-hari. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

13. Mencegah Timbulnya Penyakit Kronis

Selain alkaloid, madu hitam juga kaya akan asam fenolat dan flavonoid.  Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dalam jumlah banyak berhubungan dengan risiko timbulnya berbagai penyakit, seperti sakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

14. Baik Untuk Pengidap Diabetest

 

Manfaat kesehatan madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang tinggi baik bagi pengidap diabetes. Karena madu hitam bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

15. Mampu Tingkatkan Fungsi Ginjal dan Hati

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang berperan penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi ginjal dan hati dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Madu hitam dipercaya sampai saat ini sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati pada tubuh kamu. Konsumsi madu hitam secara rutin agar fungsi ginjal dan hati Anda tetap terjaga dan dapat bekerja secara maksimal.

Itu dia sederet khasiat madu hitam yang untuk tubuh. Meski pahit, namun madu hitam memiliki segudang nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Jangan lupa konsumsi madu hitam ya!

 

 

Berita Terkait
Topik Terkait