img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebCara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan berbagai metode untuk para perempuan nih. Setiap perempuan pastinya mengalami menstruasi di usia remajanya. Menstruasi menandakan bahwa perempuan telah beranjak dari fase anak-anak ke tahap pendewasaan, sehingga periode waktu pertama kali datang bulan pada masa remaja.

Perempuan mengalami menstruasi datang setiap bulan terkadang membuat segelintir perempuan mengalami nyeri pada bagian perut. Sehingga aktifitas terganggu oleh rasa nyeri yang hadir di perut.

Sehingga banyak dari para perempuan yang harus mengalami ini mencari cara menghilangkan nyeri haid. Terasa seperti tersayat-sayat di bagian perut bawah, seakan-akan membuat para perempuan ingin segera mentutaskan menstruasi tersebut. Kira-kira apa sih penyebab nyeri ketika sedang menstruasi?

1. Endometriosis

Penyebab nyeri haid pertama ialah endometriosis. Di mana ini merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan jaringan dinding rahim justru tumbuh pada bagian luarnya. Bahkan, bisa tumbuh pada ovarium, usus, dan panggul.

Kondisi penyebab nyeri haid hari pertama ini umumnya disebabkan perubahan hormon selama siklus menstruasi. Kadar hormon berlebih membuat jaringan tumbuh tidak wajar. Seperti menjadi menebal dan rusak. Jaringan rusak ini akan terjebak pada panggul. Ketika berada pada panggung inilah kemudian nyeri haid yang tidak tertahankan muncul.

2. Radang Panggul

Penyebab nyeri haid selanjutnya ialah radang panggul yang merupakan infeksi pada organ reproduksi wanita yang bisa menjadi penyebab nyeri haid hari pertama.

Infeksi dapat muncul ketika bakteri yang ditularkan lewat hubungan seks tanpa kondom masuk dari vagina ke rahim, tuba fallopi, atau ovarium. Ini penyakit penyebab nyeri saat haid yang sangat kuat.

Penyakit yang bisa menjadi penyebab nyeri haid hari pertama ini paling sering disebabkan oleh gonore (kencing nanah) dan klamidia.

3. Stres

Penyebab nyeri haid berikutnya paling umum ialah mengalami permasalahan stres. Pasalnya, stres yang umum dialami wanita tidak hanya dapat membuat menstruasi terasa lebih sakit, tapi bisa membuat rasa nyeri ketika menstruasi menghilang. Maka, penting untuk menjaga tingkat stres untuk tetap rendah. Melakukan olahraga dapat mengatasi stres, memicu pelepasan endorfin, dan mengubah persepsi rasa sakit seperti nyeri saat haid.

4. Heavy Flow

Heavy flow merupakan kondisi ketika wanita mengalami perdarahan lebih banyak dari biasanya. Masa yang menjadi penyebab nyeri haid hari pertama ini umumnya berlangsung selama 2-3 hari saja dan normal terjadi.

5. Kurang Waktu Tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup ternyata memiliki peran utama dalam proses menstruasi. Inilah mengapa kurang tidur dapat menjadi penyebab nyeri haid paling umum selain stres. Bahkan, kurang tidur dapat menyebabkan terjadinya perubahan hormon, yang membuat menstruasi tidak teratur. Pada beberapa kasus, wanita yang memasuki masa PMS dan kurang tidur akan menjadi lebih sensitif dan mudah terganggu.

Lantas dengan adanya penyebab dari nyeri haid yang kemungkinan kamu alami, kira-kira bagaimana sih cara menghilangkan nyeri haid? Penasaran? IntipSeleb akan merangkum mengenai cara menghilangkan nyeri haid untuk kamu. Yuk simak ke bawah untuk cari tahu cara menghilangkan nyeri haid biar enggak cranky nih.

1. Minum Lebih Banyak Air

Cara menghilangkan nyeri haid pertama ialah meminum lebih banyak air dibandingkan biasanya. Pasalnya dehidrasi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi.

Dengan meminum air, kamu dapat mengurangi dehidrasi selama menstruasi dan mengurangi beberapa rasa sakit yang ditimbulkannya. Selain itu kamu dapat minum air panas agar meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot-otot Anda. Ini dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Minum Teh Herbal

Cara menghilangkan nyeri haid kedua meminum teh herbal. Jenis teh herbal tertentu memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot pada rahim yang menyebabkan kram.

Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Plus, teh herbal ini dapat memiliki manfaat lain, seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia yang menjadi penyebab perut terasa nyeri saat haid.

3. Konsumsi Makanan Anti Flamasi

Cara menghilangkan nyeri haid berikutnya dengan mengonsumsi makanan anti-inflamasi. Dengan mengonsumsi hal ini, dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan rahim.

Kamu bisa mencobanya dengan makan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Kurangi Makanan Kudapan

Seringkali saat menstruasi para perempuan memiliki rasa lapar yang meningkat dan mengidam berbagai makanan. Sehingga menyemil jadi jalan pintasnya. Namun disarankan untuk mengontrol asupan kudapan saat menstruasi.

Pasalnya, makanan tinggi gula, lemak trans, dan garam dapat menyebabkan kembung dan peradangan, yang memperburuk nyeri otot dan kram. Kamu bisa mengambil pisang atau buah lain untuk melawan keinginan mengidam gula, atau pilih kacang tawar jika menginginkan sesuatu yang lebih gurih.

5. Terapkan Panas

Cara menghilangkan nyeri haid selanjutnya dengan memberikan panas pada tubuh. Sedikit panas dapat membantu otot rileks, meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan. Cobalah duduk dengan bantal pemanas, mandi air panas atau bersantai di bak mandi air panas.

6. Workout

Cara menghilangkan nyeri haid yang kini banyak dilakukan perempuan dengan workout. Olahraga ringan melepaskan endorfin yang membuat kamu merasa bahagia, mengurangi rasa sakit, dan mengendurkan otot-otot.

Lima belas menit yoga, peregangan ringan, atau jalan kaki mungkin adalah semua yang kamu butuhkan untuk merasa lebih baik ketika menstruasi. Semua olahraga dapat kamu sesuaikan dengan keinginan, tidak terpatok dengan satu macam saja.

7. Kurangi Stres

Stres dapat memperburuk kram. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit kamu sendiri untuk menghilangkan stres. Jika kamu tidak yakin bagaimana menghilangkan stres, cobalah imajinasi terpandu. Cukup tutup mata, ambil napas dalam-dalam dan bayangkan tempat yang tenang dan aman yang penting bagi. Tetap fokus pada ruang ini setidaknya selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam.

8. Pakai Heating Pad

Dengan teknologi yang semakin maju, kini banyak barang-barang yang menjadi hal instan untuk meredakan nyeri haid. Di mana kini telah terjual heating pad yang merupakan tempelan pemanas cocok untuk ditaruh pada bagian nyeri. Sensasi hangat yang ditawarkan dapat membantu peredeaan nyeri saat menstruasi.

9. Pengobatan Alternatif

Jika nyeri haid terasa begitu menganggu, kamu dapat melakukan pengobatan alternatif seperti akupunktur dan akupresur. Akupunktur adalah praktik yang merangsang tubuh dengan menempatkan jarum di kulit. Akupresur merangsang tubuh tanpa jarum dengan memberi tekanan pada titik-titik tubuh tertentu. Latihan-latihan ini dapat membantu kamu rileks, melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Itulah cara meredakan nyeri saat haid, semoga membantu kamu ya!(prl).

Topik Terkait