img_title
Foto : Freepik/stockking

IntipSelebCara mengatasi gigi berlubang dapat dilakukan dengan menempuh metode yang alami menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari, atau bisa juga dengan melakukan metode perawatan profesional ke dokter gigi.

Masalah gigi berlubang memang menjadi salah satu permasalahan yang menimpa banyak kalangan, baik muda maupun tua. Lubang pada gigi biasanya tidak serta merta muncul, melainkan terjadi perlahan-lahan.

Tanpa disadari, lubang tersebut sudah berukuran besar dan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, tak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda coba. Apa saja? Yuk, simak lewat pembahasan berikut ini.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Freepik/BalashMirzabey
Foto : Freepik/BalashMirzabey

1. Berkumur Air Garam

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan masakan, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Caranya adalah dengan menggunakan garam tersebut untuk berkumur.

Cara mengatasi gigi berlubang yang satu ini pun mudah, cukup dengan mengambil setengah sendok teh garam dan siapkan segelas air hangat. Kemudian larutkan garam tadi bersama dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur di area gigi yang mengalami sakit.

Menggunakan air garam untuk berkumur dapat membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih terselip di antara gigi. Di samping itu, garam juga efektif untuk melawan bakteri di dalam mulut yang dapat menyebabkan permasalahan pada gigi dan gusi.

2. Kompres dengan Es

Selain berkumur dengan air garam, cara mengatasi sakit akibat gigi berlubang yang paling mudah adalah dengan mengompres area gigi yang sakit dengan menggunakan es.

Anda hanya perlu menyiapkan es batu dan membalutnya dengan kain lap. Kemudian tempelkan es batu tersebut dan lakukan kompres di bagian pipi yang dekat dengan gigi berlubang.

Sensasi dingin dari es batu akan membantu membuat rasa sakit di area tersebut berkurang untuk sementara waktu. Cara ini dapat dilakukan sebanyak beberapa kali sehari. Jika sulit untuk menemukan es batu, maka bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan air dingin.

3. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Cara mengatasi gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menghindari memakan makanan dan minuman manis. Kandungan gula tinggi yang terdapat pada asupan tersebut menjadi salah satu penyebab utama pada gigi berlubang.

Selain mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Apabila lubang pada gigi sudah merusak hingga ke lapisan dentin, maka gigi akan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Hal ini akan membuat gigi terasa ngilu dan bertambah sakit jika terkena suhu yang terlalu panas atau dingin.

4. Meminum Obat Pereda Nyeri

beberapa obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol bisa membantu mengatasi sakit yang diakibatkan oleh gigi berlubang. Dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri, sensasi sakit yang terasa menusuk di gigi dapat berkurang bahkan hilang sama sekali.

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol tadi bisa didapatkan dengan mudah dengan membelinya di apotek. Meski cara ini dapat dikatakan mudah dilakukan dan termasuk cepat efeknya, cara ini tetaplah hanya akan bekerja dengan sementara saja.

Sebagai informasi, obat pereda nyeri sebaiknya tidak ditempelkan secara langsung pada area gigi ataupun gusi. Sebab, hal ini bisa menimbulkan sensasi seperti terbakar.

5. Menyikat Gigi dengan Lebih Rutin

Apabila lubang pada gigi Anda masih berukuran kecil dan belum terlalu parah, maka merutinkan menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride bisa menjadi salah satu solusinya.

Kandungan fluoride diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga dapat mencegah lubang tersebut menjadi semakin parah.

Sikatlah gigi dengan rutin, yakni sebanyak dua kali sehari agar gigi yang sudah berlubang tidak bertambah parah. Rutin menyikat giig juga akan menjaga gigi lainnya yang masih sehat dari lubang gigi.

Untuk lebih meringankan rasa sakit di gigi, Anda bisa menggunakan air hangat untuk berkumur setelah selesai menyikat gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Untuk mencegah gigi menjadi berlubang atau mencegah lubang yang sudah ada pada gigi menjadi bertambah besar, ada beberapa faktor penyebab yang perlu Anda hindar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Rutin Menyikat Gigi

Tidak rutin dalam menyikat gigi menyebabkan gigi dan mulut menjadi kotor dan timbul plak akibat sisa-sisa makanan yang menumpuk. Hal ini merupakan penyebab utama timbulnya lubang pada gigi yang semakin lama membesar dan menyebabkan rasa sakit yang mengganggu.

Semakin jarang menyikat gigi, maka plak yang terbentuk juga akan semakin banyak. Dengan begitu, resiko mengalami gigi berlubang pun akan semakin besar.

Untuk itu, cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan selalu menyikat gigi dua kali sehari. Menyikat gigi dapat dilakukan pada pagi hari seusai sarapan, dan juga pada malam hari sebelum tidur.

2. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Rutin menyikat gigi saja tidak cukup untuk mencegah gigi berlubang. Jika sudah rutin menyikat gigi namun masih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula, maka resiko gigi berlubang pun masih akan menghantui.

Hal ini karena makanan dan minuman manis merupakan favorit bagi bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Sisa zat gula yang menempel di gigi akan digerogoti oleh bakteri jahat tersebut, sehingga akan menimbulkan asam pada gigi.

Kemudian akan terbentuk plak yang membuat lapisan enamel gigi menjadi terkikis, dan lama kelamaan menyebabkan lubang.

Meski begitu, bukan berati Anda harus berhenti sepenuhnya dari mengkonsumsi makanan manis. Untuk menjaga kesehatan gigi, Anda hanya perlu membatasi asupan makanan manis tersebut agar jangan sampai berlebihan dan menimbulkan banyak masalah mulut.

3. Kondisi Mulut Kering

Penyebab gigi berlubang yang satu ini mungkin belum banyak diketahui. Namun, kondisi mulut yang kering juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan resiko gigi berlubang.

Mulut yang kering disebabkan rendahnya produksi air liur yang berfungsi untuk melembapkan area gigi, gusi, dan area mulut lainnya. Adanya air liur juga bermanfaat untuk membantu membersihkan plak dan sisa makanan di dalam gigi.

Selain itu, air liur juga mengandung suatu senyawa yang dapat membantu melawan asam yang disebabkan oleh bakteri jahat. Beberapa hal inilah yang menyebabkan kondisi mulut kering akibat rendahnya produksi air liur akan meningkatkan resiko gigi berlubang.

Bukan hanya gigi berlubang, beberapa masalah mulut lainnya juga dapat timbul jika kondisi mulut terlalu kering. Masalah tersebut contohnya seperti bau mulut, gigi sensitif, dan yang lainnya.

Nah, seperti itulah cara mengatasi gigi berlubang yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.(prl).

Topik Terkait