img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Curug nangka bisa menjadi opsi destinasi terdekat kamu khususnya yang tinggal di sekitaran Jabodetabek. Jika hendak berlibur dari penatnya suasana perkotaan, ini bisa jadi tempat healing pilihan loh!

Karena tempatnya masih sangat asri dengan nuansa pegunungan yang menyejukan. Terletak di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, curug ini berada di ketinggian 750 mdpl dan dikelilingi hutan pinus membuat hawanya sangat sejuk.

Bogor adalah kota yang paling eksotis dan menarik. Suhunya yang sejuk dan teduh, membuat semua orang betah berlama-lama disini. Apalagi tempat ini memiliki pesona yang tidak bisa terelakan. Mengunjungi kawasan wisata yang masih asri dan alami memang paling menyenangkan.

Tepatnya berada di lereng Gunung Salak. Curug Nangka namanya. Nama yang diambil dari pepohonan nangka yang ada disekitar kawasan. Jadi, konon katanya dahulu di dekat air terjun terdapat buah nangka yang tidak pernah habis.

Tidak ada yang tahu dari mana nangka tersebut berasal. Seiring berjalannya waktu pohon ini pun hilang entah kemana, Tetapi warga tetap menyebutnya dengan nama Curug Nangka.

Tempat ini berada di ketinggian 750 mdpl, sehingga mempunyai suhu yang cukup sejuk dan alam yang sangat asri. Berada di kawasan ini rasanya sangat tenang sekali.

Wisata Curug Nangka dikelola oleh pemerintah Bogor  dengan fasilitas yang memadai. Seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, ruang ganti dan toilet. Shelter atau gardu pandang, tempat duduk, dan ruang informasi sudah tersedia.

Wisatawan juga dapat menjumpai banyak warung penjaja makanan di sekitar kawasan air terjun. Setelah berbasah-basahan, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner di tempat wisata itu. Tersedia pilihan dari makanan ringan hingga masakan khas Sunda yang bisa dinikmati.

Area parkir berada sekitar 200 meter dari pintu gerbang. Di area parkir juga terdapat penjual souvenir seperti kaos, dan aksesoris. Akses jalan beraspal cukup mulus dengan lebar yang cukup untuk dua mobil berpapasan.

Mitos Curug Nangka

Pinterest
Foto : Pinterest

Keindahan Curug Nangka memang menghadirkan sebuah cerita mistis tersendiri. Oleh karena itu, sebelum memasuki curug nangka kamu akan diperingatkan untuk tidak aneh-aneh di kawasan ini karena bisa-bisa penunggu Curug Nangka tidak terima lalu menghantui sepanjang perjalanan.

Nah, ada mitos menarik yang hadir mengiringi kawasan ini. Apabila kamu tidak jatuh selama perjalanan menuju ke curug, berarti itu pertanda baik bahwa kamu adalah pecinta alam sejati yang akan selalu melestarikan alam.

Bagi yang terjatuh atau bahkan sampai kena air, jangan khawatir karena bukan berarti sobat tidak baik. Hanya mungkin kurang beruntung saja.

Alamat, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk Curug Nangka

Pinterest
Foto : Pinterest

Alamat lokasi Curug Nangka berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Menuju ke curug ini disarankan menggunakan transportasi umum.

Jika, kamu berasal dari luar Bogor, kamu bisa naik KRL menuju ke arah Bogor. Setelah sampai di stasiun, lanjutkan perjalanan menuju ke Bogor Trade Mall yang berada tepat di depan stasiun dengan menggunakan jembatan penyeberangan.

Lanjutkan perjalanan menggunakan angkot nomor 03 menuju Ciapus. Jarak tempuh dari Bogor Trade Mall menuju ke Ciapus adalah 30 – 45 menit, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km dengan harga yang harus dibayar adalah 10 ribu rupiah. Turun di pertigaan Ciapus.

Untuk menikmati kawasan ini, kamu akan dikenakan biaya di loket pertama sebesar 7.500 rupiah dan di loket kedua sebesar 12.500 rupiah. Sehingga total yang harus dibayar adalah 20,000. Harga yang murah untuk pesona yang akan dinikmati di kawasan ini. Apabila ditambah dengan biaya transportasi maka sobat native setidaknya mengeluarkan uang sebesar 50 ribu rupiah.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Kala ke Curug Nangka

 

Curug Nangka menjadi alternatif wisata yang letaknya dekat dengan ibukota. Wisata ini memberikan sensasi kesegaran alam dengan suasana segar dan alami. Dengan curah hujan 4000 mm/tahun, area Curug Nangka memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Curug Nangka juga merupakan tempat ziarah. Ruang semedi yang ada di air terjun pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya adalah Raden Surya Kencana.

1. Berenang

Tiba di lokasi air terjun, wisatawan dapat berenang di antara celah batu. Di bawah air terjun terbentuk kolam alami tempat wisatawan akan memusatkan perhatiannya.

Sejumlah jeram membentuk kolam yang menarik wisatawan untuk berenang. Berbasah-basahan di air terjun dengan dinginnya aliran air yang jernih terasa begitu alami.

2. Trekking

Dari pintu gerbang menuju curug berjarak tempuh sekitar 700 meter. Lokasi air terjun berada di ketinggian dengan jalur berliku dan menanjak. Namun sudah terdapat jalan setapak dengan medan yang sudah dibuat senyaman mungkin.

Memasuki kawasan wisata, wisatawan akan disuguhi keindahan yang alami. Jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjajar rapi di sisi kiri. Di sebelah kanan terlihat area persawahan dan pegunungan berhawa sejuk.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat beberapa kera liar bergelantungan di pepohonan sekitar area. Mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas batuan. Wisatawan akan menyusuri sungai sekitar 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa.

3. Camping Ground dan Glamping

Kawasan wisata Curug Nangka juga menyediakan area untuk berkemah. Sebuah camping ground terdapat di sisi kanan dekat anak sungai. Bagi wisatawan yang berminat untuk berkemah, dikenai pungutan Rp5.000 per orang per hari.

Di area ini juga terdapat glamour camping (Glamping). Fasilitas yang tersedia di area glamping ini terbilang cukup lengkap. Tersedia shower dan toilet duduk, listrik, lampu, dan bonus sarapan.

4. Menikmati Panorama Air Terjun

Keindahan Curug Nagka merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Air terjun ini berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya. Air yang jernih dan udara yang segar sangat cocok untuk tempat bersantai.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjunnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Debit airnya deras dan menghempas terbawa angin ke area sekitarnya.

5. Bermalam di penginapan Resort Terdekat

Terdapat sejumlah penginapan di dekat kawasan wisata alam air terjun dengan tarif yang bervariasi. Beberapa di antaranya tepat berada di dekat gerbang kawasan wisata Curug Nangka seperti Highland Park Resort. Tiap tempat memiliki kapasitas kamar yang cukup.

Penginapan dan vila-vila memberikan fasilitas yang lengkap. Mulai fasilitas dapur, kolam renang, hingga karaoke dan bilyard. Di resort dengan halaman luas ini wisatawan juga bisa menggelar berbagai acara.

Seperti api unggun, permainan team building, meeeting, hingga bermain di kolam renang berair jernih. Udara di tempat ini dingin dengan semilir angin dan gemericik air terjun yang terdengar.

6. Berfoto di Sekitar Curug Nangka

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot favorit karena tidak berbatu. Di tempat ini selain dapat bermain air dan berenang, juga menjadi tempat berfoto. Latar foto favorit tentu saja air terjun yang ketinggiannya mencapai 20 meter tersebut.

Latar favorit lainnya yaitu pepohonan pinus di sekitar area wisata. Pepohonan pinus yang berjajar rapi ini terlihat sejak memasuki area parkir. Di lokasi ini banyak wisawatan berhenti sejenak untuk mengabadikan momen liburan.

Itu lah beberapa fakta menarik dari Curug yang menyajikan panorama menarik di Bogor. Kamu bisa menjadikan curug ini sebagai rekomendari berlibur untuk kamu dan orang-orang tercinta.(Cy)

Berita Terkait
Topik Terkait