img_title
Foto : Instagram/papa_pabangbon

IntipSeleb – Panorama Pabangbon (atau sering disingkat dengan PaPa) merupakan tempat wisata yang memiliki keindahan tersendiri. Memiliki panorama yang sangat indah, tempat wisata ini tak pernah surut pengunjung. 

Tempat ini sempurna untuk traveler yang menyukai wisata alam, di sini kamu dapat menikmati suasana alam yang nyaman dan asri, udara yang segar dan sangat berbeda dari kota-kota besar akan menyegarkan tubuh dan pikiran kamu. Jelajahi bukit-bukit yang hijau dan ambil foto-foto pemandangan alam yang indah bersama orang-orang yang kamu sayangi. Ada juga spot viewing deck di atas rumah pohon yang memudahkan kamu untuk menikmati suasana.

Wisata Panorama Pabangbon Bogor atau yang dikenal juga dengan Bukit Pabangbon Leuwiliang merupakan tempat wisata Bagor baru yang cukup sukses menarik perhatian, mengapa begitu? Pasalnya sebagai wisata alam Bogor terbaru, Bukit Panorama Pabangbon menggabungkan antara suasana alam hutan pinus dengan beberapa wahana yang seru. 

Dengan berada di ketinggian sekitar 720 mdpl, membuat Wisata Panorama Pabangbon ini menghadirkan perbukitan yang hijau serta asri.  Selain itu, lokasinya berada di kawasan hutan pinus menjadikannya menghasilkan udara yang sejuk dan bersih.

Lokasi tempat ini sendiri ada di Kabupaten Bogor, tepatnya di daerah Leuwiliang. Bogor sendiri merupakan kota yang menyimpan sejuta keindahan alam karena berada di wilayah dataran tinggi, sehingga terdiri dari hamparan pegunungan.

Berbicara mengenai objek wisata di Bogor tentu tidak terlepas dari puncak yang begitu terkenal dengan kesejukan dan keindahannya. Bukan hanya bagi kalangan wisatawan lokal saja, akan tetapi puncak juga sering sekali disinggahi oleh wisatawan luar daerah.

Objek wisata ini bisa menjadi pilihan kamu berlibur di tengah penatnya suasana perkotaan. Mampir ke wilayah pegunungan yang asri dengan melihat ke sekitaran pohon pinus bisa membuat kamu melupakan sejenak hingar bingar serta masalah yang menumpuk.

Seperti apa fasilitas di panorama pabangbon serta informasi lainnya? Terus simak artikel di bawah ini.

Fasilitas Panorama Pabangbon

Instagram/wisataalampanorama
Foto : Instagram/wisataalampanorama

Panorama Pabangbon ternyata tidak kalah menarik dengan Puncak yang seringkali menjadi magnet para wisatawan dan sudah sangat terkenal. Tempat wisata Pabangbon ini menyajikan pemandangan yang indah dari Gunung Banteng, Kota Bandung dan Kota Jakarta dari atas ketinggian.

Panorama indah ini juga dilengkapi dengan spot foto menarik untuk para wisatawan. Sehingga bisa dijadikan area kamu nantinya untuk berswafoto mengabadikan momen kala berkunjung ke sana.

Beberapa spot foto yang ada di tempat Wisata Panorama Pabangbon ini diantaranya:

  • Tangan raksasa,
  • Sarang burung,
  • Rumah pohon,
  • Spot bertuliskan love PaPa,
  • Spot berbentuk sayap,
  • Jembatan cinta,
  • Perahu kayu,
  • Gardu pandang,
  • Balon udara,
  • Bulan sabit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketika menginjakkan kaki di tempat Wisata Panorama Pabangbon, kamu sudah dapat menyaksikan panorama alam yang indah juga mengagumkan. Deretan pohon pinus semakin menambah suasana menjadi semakin tenang dan teduh. Jika terus melangkah menyusuri jalan setapak mengitari area Panorama Pabangbon, akan tampak deretan bukit-bukit yang hijau yang terkadang suasana diselimuti kabut.

Di sekitar area Wisata Panorama Pabangbon, terdapat beberapa tempat duduk untuk bersantai yang menghadap langsung ke arah panorama alam yang indah tersebut. Atau kamu dapat bersantai di atas sebuah hammock yang terpasang diantara pohon pinus.

Oleh sebab itu, bila ingin berwisata ke Panorama Pabangbon, pastikan kamu membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di Panorama Pabangbon. Kemudian gunakanlah alas kaki yang nyaman karena jalan menuju Panorama Pabangbon menanjak dan menurun khas perbukitan.

Selain memiliki spot-spot foto di atas, Wisata Panorama Pabangbon juga memiliki sebuah spot foto yang ekstrim dan menantang. Yakni:

  • Sepeda terbang, dan
  • Ayunan.

Kedua wahana tersebut dapat memacu adrenalin, karena kapan lagi kamu bermain sepeda dan ayunan di ketinggian yang cukup membuat lututmu bergetar. Meski begitu, keamanan para pengunjung menjadi prioritas utama. Sehingga kamu tidak usah khawatir akan keselamatanmu ketika berada di kedua spot foto ekstrim tersebut.

Di Wisata Alam Pabangbon, ada satu tempat yang disebut sebagai tree house. Di sini terdapat rangkaian kayu yang berada di atas pohon. Lengkap dengan tangga yang digunakan sebagai akses naik dan turun.

Tree house atau rumah pohon ini berbentuk memanjang. Jadi, seperti jembatan yang berada di atas pohon. Diapit oleh jajaran pohon pinus di sekitarnya.

Rumah pohon ini lebih aman karena banyak tempat untuk berpijak. Bahkan, rumah pohon ini siap menampung 5 orang sekaligus di atasnya. Dari sini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Di ujung tebing, terdapat satu spot yang menjorok keluar dari tebing. Spot ini digunakan sebagai spot foto. Tentunya objek utama adalah pemandangan pegunungan dan pohon di belakangnya.

Pegunungan di belakang ditambah pepohonan tampak rapi berjajar. Seolah paham jika tengah menjadi objek foto. Ditambah lagi, pengunjung dapat berfoto di depan sayap seolah sayap menyatu dengan tubuh.

Fasilitas yang disediakan pengelola sudah cukup baik. Terdapat tempat ibadah bagi pengunjung muslim, yang bangunannya sangat ramah lingkungan. Serta tak lupa warung makanan dan minuman, toilet, dan area parkir.

Setelah puas bermain, kamu juga dapat sekalian berkunjung ke Curug Cilame yang hanya berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki. Untuk aksesnya sudah dibuat sedemikian rupa agar lebih memudahkan para pengunjung seperti telah dilengkapi dengan tangga dan pegangan bambu. Melihat segala potensi yang ada maka tak salah memang bilamana tempat wisata Bogor terbaru ini dikatakan sebagai salah satu spot foto di Bogor terbaik untuk saat ini.

Lokasi Panorama Pabangbon

Instagram/nandritos
Foto : Instagram/nandritos

Panorama Pabangbon terletak di Desa Pabangbon, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Jika kamu berada di pusat Kota Bogor kamu harus menempuh jarak sekitar 32 km. Jarak tersebut bisa kamu tempuh selama 1,5 jam.

Kamu bisa menunju lokasi dengan mengunakan Jalan Raya Leuwiliang sampai menemukan pertigaan Kracak. Setelah itu kamu tinggal mengambil rute menuju Desa Pabangbon.

Sedangkan jika kamu berasal dari arah Jakarta, kamu bisa menggunakan Jalan Parung-Antang Sanjaya dan menuju Leuwiliang. Akses jalan menuju PAPA memang terbilang mulus namun jangan salah, treknya yang menanjak dan menikung patut diwaspadai.

Kamu harus menyiapkan tenaga ekstra dan kendaraan yang prima. Namun lelahnya menuju Panorama Pabangbong akan terbayar ketika kamu sampai di lokasi.

Harga TIket Masuk dan Jam Operasional Panorma Pabangbon

Selain membayar tiket masuk seharga Rp 15 ribuan per orang, kamu biasanya juga akan dikenai tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor. Sedangkan parkir mobil Rp 10.000, serta jasa titip helm Rp 5.000 per helm.

Apabila kamu ingin berfoto di setiap spot yang sediakan, kabarnya kamu masih harus membayar lagi dengan tarif yang berkisar antara Rp 5.000 – Rp 25.000 per spot dan kamu diberi batas waktu 5 menit untuk berfoto. Jika ingin menggunakan jasa fotografer di lokasi, kamu perlu membayar biaya Rp 10.000 per 5 foto.

Panorama Pabangbon buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Sedangkan khusus hari Minggu tempat ini tutup lebih sore, yakni jam 18:00 WIB.

Itu dia sekilas informasi tentang panorama pabangbon. Kamu bisa menjadikannya opsi pada list tempat wisata kamu untuk menghabiskan akhir pekan. (jra)

Berita Terkait
Topik Terkait