img_title
Foto : Advontura.com

IntipSelebCurug Cilember, satu lagi destinasi wisata di Bogor yang menawarkan pemandangan alam asri dan sangat sayang untuk dilewatkan. Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini memang memiliki banyak sekali lokasi air terjun atau curug dengan panorama yang indah.

Melakukan wisata alam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran, salah satunya dengan berwisata ke kawasan air terjun. Perpaduan antara sensasi bermain air, terkena sinar matahari, dan udara sejuk nan asri, tentunya akan memberikan energi baru.

Semua sensasi menyegarkan tersebut bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Curug Cilember. Nah, kira-kira aktivitas liburan seru apa saja yang bisa dinikmati di kawasan ini? Yuk, simak sampai akhir!

Sekilas Mengenai Curug Cilember

ksmtour.com
Foto : ksmtour.com

1. Mengenal Curug Cilember

Curug Cilember dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Air Terjun Cilember. Tempat wisata ini telah dikembangkan oleh pemerintah setempat sejak tahun 1990 silam.

Setelah itu, baru diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata yang terbuka untuk umum oleh Bupati Kota Bogor pada tahun 2000. Area ini memiliki luas sekitar 5,9 hektar, dan pemandangannya sangat asri karena dipenuhi oleh deretan pohon pinus.

Di antara deretan pohon pinus tersebut, terdapat tujuh air terjun yang masing-masingnya memiliki ketinggian yang bervariasi. Mulai dari air terjun yang pendek, hingga yang mencapai ketinggian 40 meter ada di kawasan ini.

Cilember sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di kota Bogor. Destinasi wisata ini pun diketahui berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Sehingga tak heran jika suhu udaranya pun dapat terbilang sangat sejuk, yakni berkisar pada 19 – 23 derajat Celcius.

2. Lokasi dan Rute Curug Cilember

Lalu, di mana lokasi Curug CIlember ini terletak? Kawasan ini berlokasi di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menemukan lokasinya tidak terlalu sult karena tersedia banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda.

Untuk rutenya sendiri, jika menggunakan kendaraan pribadi maka bisa dilewati melalui arah Depok menuju Jalan Raya Jakarta-Bogor. Setelah itu apabila sudah sampai di kawasan Kedai Sate H. Kadir, Anda bisa mengikuti papan petunjuk jalan yang tersedia. Kemudian belok ke arah kanan setelah menemukan pertigaan.

Sedangkan untuk Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, maka bisa menggunakan kendaraan umum yang berangkat dari arah jakarta menuju ke arah Bogor.

Lalu lanjutkan dengan menaiki kendaraan jurusan Bubulak-Sukasari, dan juga kendaraan jurusan Sukasar-Cisarua. Setelah itu, Anda bisa menggunakan ojek motor untuk menuju ke arah Desa Cilember.

3. Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Cilember

Lantas, berapa harga tiket masuk ke Curug Cilember? Nah, harga tiket masuknya adalah Rp25.000 per orang untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan dari mancanegara perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp75.000 per orang.

Meski begitu, perlu diketahui jika harga tersebut hanya untuk tiket masuknya saja. Untuk menikmati beberapa wahana lainnya maka akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Sementara itu, untuk biaya parkir di kawasan ini adalah Rp5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Untuk memesan tiket, Anda bisa melakukannya secara online atau langsung saja menghubungi nomor kontak yang disediakan di akun Instagram resmi Curug Cilember yakni @curug_cilember.

Aktivitas Wisata Seru di Curug Cilember

kelloggsnyc.com
Foto : kelloggsnyc.com

1. Hutan Pinus

Saat tiba di kawasan ini, Anda akan disambut oleh deretan pohon pinus yang membuat suasana sekitar menjadi hijau dan asri. Tersedia jalan setapak untuk menyusuri keindahan hutan tropis yang indah dengan beragam jenis pohon lainnya yang memiliki usia bervariasi, mulai puluhan hingga ratusan tahun.

Indahnya area jalan setapak yang menghadirkan pengalaman alami ditambah dengan udara yang sejuk dan suasana hening dan damai, memberikan sensasi yang pas untuk menenangkan pikiran jenuh dan penat.

Berjalan santai di sepanjang area hutan pinus ini memang menyenangkan dan bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas berlibur bagi para pengunjung. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena jalan yang ada di kawasan ini sedikit basah dan licin.

2. Tujuh Air Terjun

Area tujuh air terjun ini menjadi salah satu daya tarik utama dari Curug Cilember. Ketujuh air terjun ini memang terletak di beberapa titik yang berbeda. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena jarak antar air terjunnya tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 150 sampai 450 meter saja.

Sumber mata air di area ini sebenarnya hanya ada satu, namun terpecah ke tujuh titik berbeda sehingga menciptakan tujuh air terjun dengan ketinggian yang bervariasi.

Ketujuh curug tersebut diberikan nomor urut, mulai dari curug pertama atau curug 1 yang letaknya ada di posisi paling tinggi dan paing jauh dengan lokasi pintu masuknya.

Curug terakhir adalah curug 7 yang letaknya paling dekat dnegan pintu masuk dan paling mudah dijangkau lokasinya oleh para pengunjung. Karena letaknya paling dekat, curug 7 ini menjadi yang paling difavoritkan oleh banyak pengunjung.

Meski begitu, hampir seluruh curug yang ada di kawasan ini bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berenang dan bermain air.

3. Taman Kupu-Kupu

Seperti namanya, di Taman Kupu-Kupu ini terdapat puluhan jumlah kupu-kupu yang hidup dengan damai dan beterbangan dengan bebas. Ada setidaknya 12 spesies kupu-kupu dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda.

Taman ini memiliki lokasi yang cukup dekat dengan pintu masuk. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk bisa mencapai lokasinya melalui pintu masuk.

Bukan hanya sekedar taman untuk melihat kupu-kupu saja, area ini juga dilembangkan menjadi tempat konservasi di mana semua kupu-kupu yang ada ditangkar dan dikembangbiakkan.

4. Camping Ground

Selain berjalan santai dan menikmati segarnya air terjun, pengunjung juga bisa merasakan serunya petualangan dengan mengunjungi area Camping Ground. Di area ini, Anda dapat melakukan aktivitas berkemah, hiking, maupun tracking.

Di sekitaran Camping Ground ini juga sudah disediakan berbagai peralatan serta perlengkapan untuk berkemah yang bisa disewa. Sehingga tak perlu repot memaksakan untuk membawa seluruh perlengkapan dari rumah.

5. Vila

Di area Curug Cilember juga tersedia deretan vila atau pondok yang bisa digunakan untuk menginap. Lokasinya pun berada di dekat air terjun dan kawasan hutan pinus, sehingga akan memberikan pemandangan yang memanjakan mata.

Terdapat sekitar 6 bangunan yang berbentuk rumah panggung dan berbahan dasar kayu-kayu alami. Harga sewa yang ditawarkan pun bervariasi tergantung dari ukuran dan juga fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Daftar Penginapan Lain di Sekitar Curug Cilember

kelloggsnyc.com
Foto : kelloggsnyc.com

Meski di dalam Curug Cilember sendiri sudah tersedia deretan vila untuk menginap, namun bagi Anda yang merasa kurang puas dan menginginkan pilihan menginap lainnya maka bisa memilih beberapa hotel atau penginapan berikut ini.

1. Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention Hotel

Terletak di Gadog, Megamendung 16770, Bogor, hotel ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari destinasi wisata Curug Cilember.

2. Hotel Parama Puncak

Berjarak kurang lebih 3,2 kilometer dari kawasan curug, Hotel Parama berada di Jl. Raya Puncak KM 22, Puncak, Bogor. Fasilitasnya pun lengkap, ditambah memiliki area parkir gratis.

3. Citra Cikopo Hotel & Resort

Penginapan selanjutnya berlokasi di Desa Kopo Leuwi Malang KM 77, Cisarua, Bogor. Tempat ini mungkin salah satu yang paling dekat dengan kawasan curug, yakni hanya sekitar 400 meter.(prl).

Topik Terkait