img_title
Foto : Freepik

IntipSelebDoa sholat subuh hendaknya diamalkan agar kita mendapat limpahan pahala dan juga merasakan keutamaannya. Ada begitu banyak keutamaan di waktu subuh Salat yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat ini memiliki banyak keutamaan.

Apalagi, jika kita menunaikan sholat subuh secara berjamaah. Hal ini karena sholat subuh merupakan waktu salat yang paling sulit ditunaikan. Banyak umat Islam yang justru lebih memilih tidur hingga terbit fajar, padahal salat Subuh hukumnya wajib untuk dilaksanakan.

Meski terkadang sulit untuk dilakukan, nyatanya memulai harimu lebih subuh dapat membawa kepada kesuksesan. Bahkan mereka yang sukses umumnya bangun lebih awal dan melakukan ritual pagi sebelum yang lain terbangun.

Ternyata, orang yang bangun lebih subuh mampu memberikan manfaat bagus pada kesehatan fisiknya. Sebab, orang yang terbiasa memulai harinya lebih awal biasanya tidak perlu terburu-buru dalam melakukan aktivitasnya di kala subuh. Hal ini membuat mereka terhindar dari melewatkan waktu sarapan karena kesiangan.

Orang yang bangun subuh biasanya memiliki pola tidur yang lebih baik. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental mental jangka panjang kamu.

Studi juga menyebutkan bahwa orang yang bangun lebih awal kurang rentan terhadap depresi dibandingkan mereka yang suka begadang. Orang yang bangun di waktu subuh juga lebih optimis dan lebih sedikit memiliki penyakit psikologis.

Dari Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar radhiyallahu 'an huma, Rasulullah SAW bersabda:

“Bangunlah di pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhanmu. Sesungguhnya di pagi hari ada berkah dan rejeki.”

Selain mendapatkan berkah kehidupan, mereka yang bangun subuh, juga mendapat doa keselamatan dari para bidadari. Sebagaimana dalam firman-Nya,

“Jagalah shalat dari terbenamnya matahari sampai gelapnya malam dan (dirikanlah shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh para malaikat.”

Ada begitu banyak keutamaan yang datang kala subuh. Berikut keutamaan serta doa sholat subuh. Terus scroll artikel di bawah ini ya!

Keutamaan Sholat Subuh

Freepik
Foto : Freepik

1. Kunci Kemenangan

“ Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh.” (HR Bukhari) Dikisahkan pasca meletusnya perang Mesir-Israel tahun 1973 ada seorang tentara Mesir yang mengajak berbicara tentara Yahudi yang paham bahasa Arab.

Tentara Mesir itu berkata, “ Demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada di antara kalian yang bersembunyi di balik pohon dan batu, kemudian pohon dan batu itu mengatakan,’hai hamba Allah, hai muslim, ini ada Yahudi di belakangku, ke mari dan bunuhlah dia.’” Tentara Yahudi menjawab, ”Semua itu tidak akan terjadi sebelum shalat subuh kalian sama dengan shalat Jumat.”

2. Disaksikan Para Malaikat

Barangsiapa yang menjalankan sholat subuh berjamaah, mereka akan disaksikan oleh para malaikat.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di salat Subuh dan salat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka. Dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, 'Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan salat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan salat.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Terhindar dari Sifat Munafik

Keutamaan salat Subuh berjamaah lainnya adalah terhindar dari sifat munafik. Telah dijelaskan dalam hadis bahwa:

“Tidak ada salat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada salat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Salat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan salat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

Hadis ini juga merupakan sebuah peringatan atau teguran untuk para Muslim agar senantiasa menjaga salat mereka, terutama salat Subuh yang sering kali dilewatkan karena tidur.

4. Penghalang Masuk Neraka

Keutamaan sholat subuh berikutnya adalah merupakan salah satu penghalang masuk nya kita ke dalam neraka. Maka dari itu lakukanlah sholat subuh maupun sholat lainnya dengan hati ikhlas dan niat semata ibadah karena Allah swt. insyaAllah kita semua akan terhindar dari panasnya api neraka.

Nabi SAW bersabda: "Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari ( yaitu sholat subuh dan sholat sebelum tenggelamnya matahari yaitu sholat ashar." HR. Muslim no. 634).

5. Pahala Layaknya Sholat Malam Penuh

Umat Islam yang menunaikan salat wajib 2 rakaat atau salat Subuh secara berjamaah ini juga akan mendapatkan ganjaran atau pahala layaknya salat semalam penuh.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang melakukan salat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat setengah malam. Barang siapa yang melakukan salat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

6. Salah Satu Jalan Masuk Surga

Keutamaan salat subuh berikutnya, yakni dapat mengantarkan umat Islam menuju pintu surga. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat Subuh dan Asar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

7. Dilapangkan Rezeki

Pernah suatu ketika Nabi SAW shalat subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah ra sedang tidur. Kemudian beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya,

“Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari.” (H.R. Baihaqi).

8. Mendapat Keberkahan dari Allah SWT

Apabila melaksanakan sholat subuh secara berjamaah, maka kelak akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Hal tersebut dikarenakan, ketika melaksanakan sholat subuh maka seluruh kegiatan manusia akan dilakukan pagi hari, terlebih aktivitas wajib dan pelaksanaan sholat subuh berjamaah.

Doa Sholat Subuh

Freepik
Foto : Freepik

Doa ini hendaknya diamalkan sehabis kita melaksanakan sholat subuh. Untuk mendapat amalan lebih ketika sholat, hendaknya kita memohon doa pada Allah SWT.

Berikut doanya:

Laailaha illalah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Allah maha menghidupkan dan mematikan. Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu."

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya, “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.”(prl).

Topik Terkait