img_title
Foto : Gmaps/Sara Ajiwibawa

IntipSeleb – Jendela Alam merupakan salah satu wisata edukasi yang cukup populer di daerah Bandung. Untuk anda yang sedang bingung untuk menghabiskan waktu berlibur di mana, anda bisa mencoba mengunjungi Jendela Alam jikalau ada kesempatan.

Pada dasarnya, tempat wisata ini memiliki konsep wisata edukasi yang memungkinkan anak-anak untuk bisa mengeksplor hal-hal baru yang mungkin saja tak bisa mereka lakukan selama ini. Dengan menawarkan pemandangan alam yang menyejukkan, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan serta bercocok tanam.

Area yang luas juga membuat anak bisa berlarian bebas kesana-kemari bersama dengan teman-teman. Ada banyak hal menarik dan menyenangkan dari Jendela Alam, untuk itu anda tak perlu ragu untuk datang ke tempat wisata di Bandung yang satu ini.

Agar lebih meyakinkan, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui ada hal menarik apa saja yang ada di Jendela Alam. Tak lupa, akan kami bagikan pula informasi terkait harga tiket masuk. Penasaran? Yuk simak artikelnya hingga selesai.

Jendela Alam

gmaps/Teguh Panca Rinaldi
Foto : gmaps/Teguh Panca Rinaldi

Sekilas tentang Jendela Alam, salah satu tempat wisata di Bandung ini menawarkan wisata edukasi untuk anak-anak. Anak-anak akan diajak bersenang-senang dengan kegiatan yang tentunya menyenangkan di tempat wisata yang satu ini.

Namun tak cuma anak-anak saja, orang dewasa yang datang juga bisa menikmati area outbond yang tak kalah seru. Di sini, memiliki area peternakan yang di mana anak-anak bisa mencoba untuk memanen telur ayam, menangkap ikan hingga menyaksikan proses pemerahan susu sapi secara langsung.

Tak sedikit pula rombongan anak-anak dari sekolah yang datang untuk bermain sekaligus belajar di Jendela Alam. Pemandangan alam sekitar tempat wisata juga memiliki kesan pedesaan yang mampu membuat siapa pun merasa fresh kembali.

Lokasi dan harga tiket masuk

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Jendela Alam berlokasi di Jl. Sersan Bajuri KM 4,5, Ledeng, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Lokasi sendiri tak begitu jauh dari Kota Bandung, yakni sekitar 14 km saja dan memakan waktu sekitar 36 menit jika menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat wisata family friendly ini bukan setiap hari. Senin hingga Jumat buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Sedangkan di Sabtu – Minggu dan juga libur nasional, buka mulai pukul 08.30 – 17.30. Jam operasionalnya yang buka setiap hari, membuat anda yang mungkin tak memiliki waktu libur di akhir pekan, bisa menyesuaikannya di hari biasa.

Kemudian untuk harga tiket masuknya sendiri yakni Rp25.000 per orang. Namun perlu diingatkan kembali bahwa harga yang dicantumkan ini bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantu kebijakan pengelola tempat wisata.

Harga tiket masuk ini belum termasuk wahana yang bisa anda masuki bersama dengan anak-anak anda. Berikut ini adalah rincian harga masuk ke Jendela Alam:

1. Tiket masuk: Rp25.000
2. Memberi makan hewan: Rp25.000
3. Menunggang kuda: Rp25.000
4. Conventional Farming: 30.000
5. Flying Fox Mini: Rp30.000
6. Flying Fox Big: Rp40.000
7. Paket Fun Farming (sudah termasuk tiket masuk): Rp130.000
8. Paket Fun Adventure (sudah termasuk tiket masuk): Rp155.000

Untuk anak-anak yang memiliki tinggi dibawah 85 cm, tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis! Wah menyenangkan sekali bukan!

Daya tarik Jendela Alam

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Ada banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Jendela Alam. Untuk mengetahui ada apa saja yang ada di Jendela Alam, simak ulasannya berikut ini.

1. Tour Sahabat Alam

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Yakni menjelalah berkeliling ke setiap sudut area dengan dipandu oleh guide. Nantinya pengunjung akan dijelaskan dengan banyak hal yang ditemui saat berkeliling. Anda akan mengunjungi area pertanian seperti tanaman obat, hidropik hingga jamur tiram. Kemudian mengunjungi area peternakan seperti rumah kuda poni, kelinci hingga rusa totol.

2. Berkebun Konvensional

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Hal menyenangkan lainnya adalah anak-anak bisa mencoba pengalaman berkebun secara konvensional. Nantinya juga akan ada guide yang membantu anak-anak untuk mengenal cara berkebun secara konvensional. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa mencoba praktek berkebun lho.

3. Berburu Harta Karun

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Anak-anak biasanya memiliki jiwa petualang dan imajinasi yang tinggi. Nah, wisata yang satu ini akan mengajak si kecil untuk bekerja sama dengan kelompoknya untuk mencari harta karun. Akan ada guide yang membimbing dan tentunya akan melatih kemampuan anak untuk memecahkan masalah, kerja sama tim dan lain sebagainya.

4. Panen buah atau sayur

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Telah disinggung sebelumnya bahwa wisata ini memang memiliki area pertanian. Ada berbagai macam tanaman yang ditanam di sini. Salah saut kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa diikuti oleh si kecil adalah pengalaman memanen tomat cherry yang sudah matang.

Tak cuma hanya sekadar panen saja, lho, namun anak juga akan dikenalkan dengan kandungan gizi dan lain sebagainya. Belum lagi, hasil panennya nanti bisa dipacking dan dibawa pulang. Wah, seru banget, ya!

5. Panen telur

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Usai dari pertanian, kita beralih ke peternakan. Di sini anak akan diajarkan untuk mengenal tentang peternakan ayam. Nantinya anak-anak bisa ikut mengambil alias panen telur ayam di lokasi peternakan ayam. Selain itu anak juga akan diajarkan tentang cara membuat yogurt, cingcau hingga telur asin.

6. Permainan seru

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Jika tadi sudah banyak belajar, anak-anak bisa bermain di Jendela Alam. Di sini, anak-anak bisa bersenang-senang dengan menangkap ikan, bermain perang-perangan air, bermain menggiring bebek, berenang, hingga berkuda lho.

Ada juga flying fox yang bisa menjadi permainan seru sekaligus menegangkan yang sayang untuk dilewatkan.

7. Workshop

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Jendela Alam juga memiliki agenda workshop yang mengajarkan anak-anak maupun orang dewasa untuk belajar tentang seputar pertanian dan juga peternakan. Mulai dari bedah anatomi hewan, tentang telur, biogas, membuat kompos hingga mengolah limbah.

8. Melatih skill

Instagram/@jendelaalambandung
Foto : Instagram/@jendelaalambandung

Untuk anak-anak yang suka dengan seni, wah, Jendela Alam memiliki wadah yang tepat untuk anak anda. Di sini, anak-anak bisa bersenang-senang menghias layangan hingga menghias kerjaian yang terbuat dari tanah liat.

Jendela Alam semakin menyenangkan dengan pemandangan alam sekitar yang seru dan indah. Tak perlu heran, area wisata ini ternyata memiliki luas berkisar 4 hektar, lho! Wah, luas banget, ya.

Demikian adalah sederet informasi terkait Jendela Alam untuk anda. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi bagi anda untuk menentukan tempat liburan. Terkait harga yang tercantum di atas, lagi-lagi kami mengingatkan bahwa harga tersebut bisa jadi berubah di kemudian hari tergantung kebijakan pengelola tempat wisata.

Untuk itu, ada baiknya untuk mencari informasi lebih lanjutnya melalui media sosial resmi Jendela Alam yakni di Instagram @jendelaalambandung. Anda juga bisa membeli tiket masuk secara online dengan mengklik link yang ada di bio Instagramnya.

Selain itu, Instagram Jendela Alam juga cukup aktif membagikan berbagai jenis momen yang seru dari pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Topik Terkait