img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Sobat IntipSeleb disini siapa yang masih belum tahu kegunaan dan manfaat singkong untuk kesehatan tubuh? Singkong merupakan sejenis tanaman umbi yang memiliki akar besar dan dapat di konsumsi.

Singkong merupakan bahan pokok yang populer dahulu kala. Dulu, singkong dijadikan sebagai makanan utama pada zaman penjajahan Belanda. Kandungan karbohidrat tinggi yang ada di dalamnya membuat singkong dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain karbohidrat yang tinggi, singkong juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan.

Hampir setiap hari kita melihat jenis umbi-umbian ini dalam berbagai olahan makanan seperti gorengan, singkong rebus, keripik singkong, dan lainnya. Lantas, apa saja kandungan dan manfaat singkong bagi kesehatan?

Bukan tanpa alasan mengapa singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman yang masih satu ‘keluarga’ dengan ubi jalar dan kentang ini diperkaya oleh banyak zat yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Umbi tanaman singkong mengandung protein, kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C. Daunnya mengandung protein, lemak, zat besi dan juga kalsium. Tidak heran jika singkong terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu sumber karbohidrat yang banyak disukai orang adalah singkong. Meski ada banyak manfaat singkong untuk tubuh, tetapi makan singkong tidak bisa sembarangan.

Selain dapat mengganjal perut dan sebagai pengganti nasi, singkong juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Rasanya yang enak dan memiliki banyak manfaat tersebut membuat orang tak bosan untuk mengonsumsinya. Tanaman jenis umbi ini, masih banyak diperjualbelikan di berbagai daerah.

Tak hanya akarnya saja, daun singkong pun bisa dijadikan sebagai sayur dan lauk yang sedap untuk diolah dengan berbagai macam bumbu. Langsung saja kita Intip apa saja manfaat singkong baik untuk tubuh kita dan mengobati berbagai penyakit yang sulit disembuhkan, scroll artikel berikut ini.

1. Pengganti Nasi

Umbi singkong sering dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok karena padat nutrisi dan tinggi karbohidrat. Sebagai makanan pokok, dalam 120 gram singkong mengandung 49 gram karbohidrat, 2 gram serat, gula dan protein.Karbohidrat adalah sumber nutrisi yang paling mudah dan cepat digunakan tubuh sebagai energi.

2. Meningkatkan Energi

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan selanjutnya, yaitu meningkatkan energi. Hal ini karena singkong mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk membangun energi.

Saat tubuh memiliki cukup energi maka otak akan bekerja lebih efisien. Selain itu, singkong mengandung vitamin B1 atau tiamin, yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi sehingga karbohidrat tidak akan menumpuk dalam tubuh.

3. Mencegah Reumatik

Rematik menjadi satu di antara penyakit yang memberikan kondisi kesehatan di mana munculnya rasa sakit akibat otot, atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Hal ini tentu mengganggu aktivitas Anda bila tidak segera diobati.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi singkong rebus. Hal ini lantaran singkong rebus mengandung magnesium yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap rematik.

4. Menurunkan Syndrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah kombinasi beberapa gangguan kesehatan yang mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi terkena diabetes atau penyakit jantung.

Biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti meningkatnya kadar gula dalam darah kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor lainnya.

Singkong memiliki kandungan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya. Manfaat umbi ini menjadi lebih efektif ketika dijadikan pangan utama pengganti nasi atau gandum.

5. Menyumbat Luka

Singkong kaya akan vitamin C, sehingga salah satu manfaatnya adalah dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Dengan kandungan 31 mg vitamin C dalam 100 gram singkong, jumlah ini cukup untuk memenuhi sekitar 34 persen kebutuhan harian orang dewasa. Vitamin C memiliki peran esensial untuk tubuh dalam membentuk kolagen yang berfungsi membangun komponen jaringan kulit.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga mendapatkan cukup vitamin C dari makanan mempengaruhi kemampuan tubuh memperperbaiki diri sendiri.

6. Mencegah Hipertensi

Dalam 100 gram singkong juga terkandung potasium yang memenuhi sekitar 6% kebutuhan harian.

Kandungannya yang tinggi potasium ini mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah.

Sebagai sumber potasium yang cukup tinggi, selain pisang dan kentang, singkong adalah pilihan tepat dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari bagi penderita hipertensi atau bagi yang ingin menjaga tekanan darah stabil.

7. Mengatasi Diare

Selain mencukupi kebutuhan gizi, manfaat lainnya dari umbi yang satu ini adalah mampu membantu mengatasi diare.

Serat tidak larut yang terkandung dalam singkong membantu penyerapan cairan berlebih dalam usus.

Selain itu, seratnya juga tergolong dalam serat prebiotik, yang dapat berfermentasi dalam sistem pencernaan dan membantu mengembalikan komposisi bakteri baik dalam usus. Sehingga membantu mengembalikan kesehatan usus secara keseluruhan.

Memiliki serat yang tinggi, maka dapat membantu mengatasi konstipasi. Sehingga tidak ada salahnya memasukkan singkong ke dalam menu di samping sayur dan buah untuk mengatasi konstipasi.

8. Mengatasi Lambung

Penyakit lambung merupakan penyakit yang menyerang lambung, biaanya sering disebut dengan penyakit maag. Dimana penyakit ini tidak hanya menyerang lambung saja tetapi juga dapat menyerang ulu hati bahkan samai tengorokan, tergantung seberapa berat penyakit lambung itu menyerang.

Cara menggunakan singkong sebagai obat lambung pun sangat mudah, dengan cara dipaur dan ambil sarinya. Dari sari pisang tersebut dapat diambil khasiat dan manfaatnya dengan menkonsumsinya di pagi hari. Karena pada dasarnya sari singkong ini memiliki manfaat yaitu dapat menetralkan asam lambung sehingga akan membuat perih pada lambung cepat sembuh.

9. Rendah Lemak

Manfaat yang sudah disinggung tadi adalah dengan mengonsumsi singkong dapat mencegah dari kolesterol, bahkan tidak hanya kolesterol saja, tetapi juga dapat mencegah dari berat badan yang tidak ideal. Namun dengan mengonsumsi singkong dapat membuat berat badan menjadi ideal.

Dari uraian tersebut pun sama artinya dengan makanan singkong ini merupakan makanan yang mengandung lemak yang sedikit, hal itulah yang membuat mengonsumsi singkong tidak membuat penderitanya menjadi gemuk, dan kolesterol tinggi.

10. Membuat Wajah Glowing

Singkong memiliki kandungan saripati yang bersifat seperti bengkoang. Sehingga, singkong pun mampu untuk mencerahkan kulitmu yang kusam. Bukan hanya itu saja. Singkong juga dapat kamu gunakan sebagai eksfoliator alami.

Caranya, kupas tipis kulit singkong dan tumbuk agar teksturnya menjadi lebih lembut. Aplikasikan pada leher dan wajah lalu tunggu setelah beberapa menit. Setelah mengering, bilas wajah dan lehermu hingga bersih

Selain membuat wajah bersih, halus dan cerah, adonan parutan kulit singkong juga dapat membantu menyembuhkan bagian kulit yang menghitam karena bekas luka. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan perawatan ini setiap hari ya.

Nah gimana? Kalian penasaran untuk mencobanya demi mendapatkan manfaat ajaib dari singkong bukan? Jangan sampai ditunda ya, semoga bermanfaat.

Topik Terkait