img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebSholat istikharah memiliki banyak keutamaannya terutama untuk doa. Selain itu juga, doa istikharah memiliki banyak keajaiban jika dilakukan.

Namun, sebelum kamu mengamalkan doa istikharah perlu memahami dulu cara melaksanakannya. Sebelum melaksanakan sholat istikharah yang paling istimewa adalah doanya.

Sholat istikharah adalah sholat sunah 2 rakaat bertujuan untuk menentukan pilhan seperti jodoh, pekerjaan, Pendidikan dan lainnya. Yuk, simak selengkapnya doa istikharah dalam artikel di bawah ini!

Sekilas mengenai sholat istikharah

Pinterest
Foto : Pinterest

Sebelum kamu mengetahui doa dari sholat istikharah perlu diketahui dulu tujuan dari sholat istikharah. Sholat istikharah merupakan salah satu sholat sunah yang memiliki tujuan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT saat dihadapi dengan pilihan-pilihan berat maupun ragu.

Sholat sunah istikharah dilaksanakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat atau dengan 6 salam. Sholat istikharah dilaksanakan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT karena bingung akan pilihan dan merasa ragu untuk memutuskan pilihan.

Tata Cara Shalat Istikharah

Pinterest
Foto : Pinterest

Sholat istikharah memiliki tata cara ketika melakukannya. Berikut ini adalah tata cara shalat istikharah antaranya:

  1. Niat shalat istikharah
  2. Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dari Al Qur’an namun yang lebih diutamakan Surat Al Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Al Qur’an yang lebih utama membaca Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Kemudian, sesudahnya doa istikharah yang telah diajarkan Rasulullah. Membaca doa istikharah yang dijelaskan Syaikh Wahbah Az Zuhaili sunnah doa membaca hamdalah dan sholawat Nabi.

1. Niat Sholat Istikharah

Saat kamu ingin melaksanakan sholat istikharah kamu harus tahu akan niat akan sholat istikharah. Bahkan para ulama juga sepakat bahwa niat terdapat di hati.

Menurut Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji terkait niat dari sholat istikharah, “Untuk keabsahan shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram. Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan shalat ketika melafadzkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafadzkan niat secara lisan.”

Begitupun dari Sayyid Sabiq menjelaskan bahwa sholat sunnah apa pun yang yang dua rakaat bisa jadi sholat istikharah. Walaupun pada waktu malam hari atau siang hari dengan syarat seusai sholat berdoa dengan doa istikharah yang Nabi Muhammad SAW ajarkan.

Sebagaimana penjelasan tersebut, menurut Sayyid Sabiq, shalat sunnah apa pun yang dua rakaat bisa menjadi shalat istikharah. Baik shalat itu pada siang hari maupun malam hari. Asalkan, setelah selesai shalat berdoa dengan doa shalat istikharah yang Rasulullah ajarkan tersebut

Berikut ini niat sholat istikhara dan lafadznya:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

2. Bacaan untuk sholat istikharah

Ketika kamu sesudah niat sholat istikharah, kamu diajurkan membaca bacaan sholat istikharah . Namun, Sayyid Sabiq mengugkapkan bahwa tidak ada bacaan surat khusus usai membaca surat Al Fatihah.

Selain itu dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu , menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili disunnahkan untuk membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah. Hal itu dilaksanakan pada rakaat pertama untuk membaca surat Al Ikhlas pada rakaat kedua seusai membaca surat Al Fatihah.

3. Doa Sholat Istikarah

Tujuan dari sholat istikharah untuk meminta petunjuk dan juga keberkahan kepada Allah. Hal itu juga seperti yang dikatakan dalam Fiqih Empat Madzhab, menurut Syaikh Abdurrahman Al Juzairi untuk sunnah bagi setiap muslim untuk melakukan sholat dua rakaat istikharah saat bingung menentukan sesuatu ataupun ketika ragu akan pilihan.

Ada pun doa yang dipanjatkan usai sholat istikharah. Hal tersebut sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah. Berikut ini doa sholat istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Tulisan Latin Doa Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

4. Arti Doa sholat istikharah

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya,”.

4. Hasil sholat istikharah

Ketika kamu sudah melaksanakan sholat istikharah, pasti akan bertanya-tanya akan hasil jawaban dari pilihan yang dipanjatkan? Tentunya allah memberikan hasil istikharah melalui bentuk mimpi.

Namun, jawaban dari hasil istikharah melalui kemantapan hati. Hal itu dudapatkan dari keyakinan hati yang lebih condong ke pilihan yang kita merasakan pilihan itu yang lebih baik untuk kita, sehingga tidak melulu diberikan jawaban melalui mimpi.

Menurut Imam An Nawawi juga menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang ia rasa baik untuknya. Selain itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.”

Selanjutnya, dalam Fiqih Manhaji juga dijelaskan bahwa setelah sholat istikharah dan juga berdoa, harusnya juga memerikasa hatinya akan kemantapa pilihan. Syaikh Musthafa Al Bugha menjelaskan, “Apabila ia merasa dicerahkan Allah, ia dapat melanjutkan apa yang diniatkannya. Jika tidak, ya tidak,”. (rth)

Topik Terkait